WAH Ternyata GPS Tracking dan GPS Navigasi berbeda

Duluu.. saat bepergian jauh kita perlu bantuan peta berukuran 1 x 1 meter sebagai petunjuk jalan.

Duluu... untuk menemukan mobil yang hilang terkadang kita memerlukan bantuan orang pintar.

Sekarang tidak harus seperti itu, kita punya opsi lain untuk mengganti metode klasik tersebut.

GPS Tracker dan GPS Navigasi merupakan teknologi masa kini yang bisa menjadi aksesoris tambahan pada mobil untuk membantu menunjuk arah dan menentukan/menemukan lokasi kendaraan.

GPS (Global Positioning System) saat ini sudah bukan lagi barang ajaib dan aneh yang hanya bisa di miliki oleh kendaraan militer atau pesawat terbang.

Teknologi ini sudah mudah ditemukan hingga Handphone android pun sekarang sudah pakai GPS.

Dalam Dunia per-GPS-an, ada namanya GPS Tracking dan GPS Navigation, kedua pasti memiliki perbedaan.

GPS tracking dan GPS navigation otonao

Tapi terkadang kita suka bingung dengan istilah GPS Tracking dan GPS Navigation. Oleh karenanya mari kita simak bersama perbedaan keduanya.

GPS Tracker

Alat ini berguna untuk mengetahui lokasi kendaran yang terpasang alat tersebut. GPS Tracker biasanya dipasang pada kendaraan umum seperti Taksi, mobil rental dan tak sedikit pula mobil Pribadi yang menggunakannya.

GPS tracking di pasang pada tempat tersembunyi di sekitar mobil agar tidak mudah di temukan dan di nonaktifkan.

Sehingga ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti mobil dicuri maka posisinya bisa segera di ketahui.

Beberapa sistem GPS Trakcing juga terintegrasi dengan sistem alarm atau sistem alarm sehingga memungkinkan pemilik mobil untuk mematikan mesin mobil secara remote dari jarak jauh.

GPS Tracking juga digunakan pada ajang balap seperti MotoGP dan Formula 1 yang salah satunya untuk menampilkan informasi statistik/posisi pembalap dilayar kaca untuk lebih mengentertain penonton.

salah satu pemanfaatan gps tracking


GPS Navigation

Berbeda dengan GPS Tracking, GPS Navigation berfungsi sebagai petunjuk jalan yang akan menampilkan peta pada layar nya.

Mobil kelas Premium biasanya sudah mengintegrasikan teknologi GPS ke Head unit mobil atau di posisi terpisah pada dashboardnya.

Dengan bantuan teknologi ini, kita tidak perlu lagi takut nyasar saat akan pergi ke suatu tempat yang belum pernah di jelajahi sebelumnya.

Kita juga tidak perlu lagi membawa lembaran peta pulau Sumatra atau Peta Kota Banjarmasin atau ATLAS saat ingin jalan-jalan.

Selain menggunakan GPS yang khusus untuk mobil, sistem GPS Navigation sudah bisa di aplikasikan dengan mudah melalui ponsel android.

Jadi jika mobil anda belum memiliki fitur GPS anda masih bisa memanfaatkan handphone android.

Hanya saja fungsinya tidak terlalu maksimal, karena sebagaimana ponsel semestinya yang berfungsi sebagai alat komunikasi maka ketika digunakan sebagai GPS yang harus memaksa layarnya menyala terus menerus, maka ponsel akan mengalami stress berat. Akibatnya, baterainya bisa saja jebol atau malah handphonenya rusak karena kepanasan.

Jadi ada baiknya membeli atau menambahkan GPS aftermarket untuk mobil yang sekarang banyak pilihannya.

Jika memang sehari-harinya anda sering memanfaatkan teknologi GPS saat menempuh perjalanan, anda bisa memilih produk after market untuk ditambahkan pada mobil anda.

Tapi pastikan anda memilih GPS Navigation yang tepat agar tidak malah kerepotan nantinya karena masalah peta yang tidak update atau kurang sensitif terhadap perpindahan titik lokasi.

Please Share Artikel "WAH Ternyata GPS Tracking dan GPS Navigasi berbeda" ini :)

0 Response to "WAH Ternyata GPS Tracking dan GPS Navigasi berbeda"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.