Tugas Blogger cukup padat tapi Bayarannya tak pasti

Sekarang menjadi Blogger bisa dijadikan pilihan sumber mata pencarian, baik dijadikan sebagai profesi utama atau sampingan.

Pasalnya sebuah Blog bisa di monetise untuk mendapatkan penghasilan dari penayangan iklan oleh media periklanan seperti Adsense, Adnow, MGID, Ambient, dll.

Sebagai Blogger, kita tidak lepas dengan tugas dan urusan terkait tulis menulis, karena sebuah Blog harus diisi berbagai tulisan dengan topik yang tergantung tujuan “pembangunannya”.

Dalam menciptakan sebuah tulisan, pemilik Blog akan mencari sumber referensi dari mana saja termasuk dari “wangsit” yang di terimanya.

Mengelola sebuah Blog tidak hanya tentang tulisan saja, banyak hal lain yang perlu di ketahui atau di kuasai oleh seorang Blogger yang membuatnya cukup sibuk tapi bayarannya tidak pasti.

blogger

Kegiatan apa sajakah yang menjadi tugas seorang Blogger dalam kesehariannya...?

1. Menulis

Dalam rangkaian kegiatan menulis sebuah konten pastilah sudah sepaket dengan mencari Ide tulisan kemudian menuliskannya menjadu suatu artikel yang menarik, bermanfaat dan sukur-sukur jadi viral secara positif.

Sebenarnya bisa di siasati dengan membeli artikel, tapi membeli artikel pun tidak semudah yang dibayangkan. Salah-salah malah tidak sesuai ekspektasi dan akhirnya harus ngedit lagi artikel yang di beli.

Baca juga : Beli artikel itu gampang-gampang susah


2. Editor

Setelah sebuah artikel selesai dibuat, selanjutnya melakukan editing terhadap tulisan tersebut. Kali ini pemilik Blog bertugas sebagai Editor memperbaiki kesalahan eja, kesalah ketik, kesalahan EYD, dan kesalahan penulisan lainnya.


3. Ilustrator

Sebuah tulisan akan semakin menarik dengan adanya gambar ilustrasi yang bisa membantu memperjelas sebuah tulisan atau sekedar memberi warna tersendiri pada sebuah tulisan.

Gambar ini bisa dari hasil jepretan kamera atau dari gambar goresan tangan yang kemudian di scan dan di masukan kedalam tulisan. Dan ini menjadi salah satu tugas Blogger.


4. Marketing

Tugas Blogger juga harus menghandel urusan marketing agar blog yang di buatnya bisa di temukan oleh orang lain.

Jenis marketing ini bisa di mulai dari Blog Walking, aktif di forum, atau melalui promosi berbayar di berbagai media online.


5 Desainer

Sebuah Blog harus di desain sedemikian rupa agar menarik perhatian, nyaman, dan mudah di eksplorasi.

Maka dari itu tugas seorang Blogger harus bisa menentukan tampilan layout blog dan mendesainnya sehingga memenuhi unsur-unsur yang bis amembuat betah pengunjung Blog tersebut.

Mulai dari pemilihan warna, pemilihan Font serta ukurannya, susunan menu dan peletakkannya agar mudah di temukan dan di jelajahi, dsb.

Ini bisa menjadi pekerjaan yang memakan waktu dan kuota. Meskipun ketika memilih untuk menggunakan Template yang siap pakai baik versi gratis maupun Premium, tetap saja perlu di lakukan setingan dan penyesuaian untuk siap jalan.

Baca juga : Nasib Template sejuta umat


6. Public Relation

Kemudian dalam perjalanannya, salah satu tugas Blogger adalah membalas setiap komentar yang masuk dan jika perlu memilah mana komentar yang layak publish dan mana yang harus masuk ke kotak spam.

Tak jarang juga jika sebuah blog di lengkapi Fans Page maka pemilik blog juga harus mengelola fans page yang mungkin lebih dari satu media (FB, Twitter, IG, dll).


Dan masih banyak lagi tugas seorang Blogger yang seharusnya di kerjakan oleh sebuah Tim pada layaknya Media.

Dari semua upaya dan kerja keras tersebut, seorang Blogger belum tentu mendapatkan hasil materi dari tulisannya.

Jika di bandingkan dengan seorang yang bekerja sebagai Jasa Penulis. Seorang jasa penulis bisa mendapatkan bayaran antara 10-50 ribu tergantung panjang artikel dan Bahasa yang di gunakan, harganya bisa berbeda kalau ada foto.

Sedangkan Kalau Blogger, memang bayarannya tidak langsung diterima saat tulisan di publish, tapi mungkin suatu saat nanti bisa jadi sumber penghasilan ketika ada pengunjung yang membaca tulisan tersebut dan tertarik dengan iklan yang tayang. Jadi anggap saja bayarannya pakai sistem royalti.

Tugas Blogger memang cukup padat dan meskipun bayarannya belum pasti tapi jangan patah semangat apalagi kalau sampai bosan ngeblog, terus berusaha n semangatt gees :).