AIR Apa yang Bagus untuk WIPER?

Kaca depan merupakan salah satu bagian penting dari mobil yang berpengaruh terhadap keselamatan berkendara.

Kaca depan yang kotor dan berdebu dapat mengganggu penglihatan dan bisa membahayakan pengemudi dan pengguna jalan lain.

Oleh karena itu, kaca depan harus selalu dalam kondisi bersih. Untungnya anda tidak harus turun dari mobil hanya untuk membersihkan kaca depan yang terlihat kotor dan berdebu.

Wiper bisa di gunakan untuk membantu membersihkan kaca depan kendaraan yang mulkai berdebu selama perjalanan.

Jadi wiper tidak hanya berfungsi menyeka air hujan saja, di musim kemarau pun wiper sangat besar sekali manfaatnya.

Hanya saja ketika mengaktifkan wiper saat cuaca panas dan kondisi kaca kering maka perlu di semprotkan air yang sudah tersedia dalam sistem wiper tersebut.

Air wiper ini bisa membantu meminimalisir gesekan antara permukaan kaca mobil dan karet wiper.

Selain itu, air wiper juga bisa membantu mengangkat kotoran yang melekat di kaca depan seperti serangga, cipratan lumpur, minyak dari asap knalpot, dll.

Pada kesehariannya, beragam macam jenis air yang di gunakan untuk mengisi reserfoir wiper, biasa para pemilik mobil menggunakan air Sumur, Air mineral, atau air aki botol biru kalau kebetulan isi aki tapi masih banyak sisa, dari pada di buang, mending diisikan ke reserfoir wiper dan radiator.

Penggunaan air tersebut tentu boleh-boleh saja hanya terkadang kurang maksimal untuk membersihkan noda di kaca depan.

Sehingga sebagian pengguna mobil pun bertanya-tanya sebenarnya Air apa yang bagus untuk wiper?

Sebenarnya tidak ada ketentuan air yang bagus untuk wiper. Jawaban Air Wiper terbaik mungkin harus beli cairan khusus yang sudah di kemas.

Sekarang di pasaran kita bisa menemukan berbagai macam air wiper yang bisa digunakan untuk mobil, Anda bisa coba salah satunya.

Air wiper kemasan yang banyak di jual di pasaran telah di tambahkan berbagai macam senyawa yang bisa bermanfaat untuk menjaga laret wiper agar tidak mudah getas, membantu membersihkan noda lebih mudah, dan membuat kaca depan lebih bening dan jernih.

Jadi AIR APA yang bagus untuk WIPER?, Semuanya Bagus yang penting air. Tapi ada konsekuensi logis ketika menggunakan air tertentu untuk Wiper seperti ;

1. Jika menggunakan air sumur

Air sumur mengandung beragam senyawa mineral didalamnya bisa logam, kapur, dan lain sebagainya. kandungan mineral ini nantinya akan mengganggu saluran air wiper mulai dari selang, pompa, hingga Nosel.

Kerak dan lumut adalah salah satu yang menjadi momok dan bisa menyumbat saluran-saluran air wiper.


2. Jika Menggunakan Wiper Fluid

Wiper Fluid ada yang di isikan langsung ke reserfoir ada juga yang di campurkan air biasa.

Cairan wiper ini sudah di tambahkan berbagai zat adiktif yang di butuhkan untuk membersihkan kaca mobil dan meminimalisir gesekan antara kaca dan karet wiper.

Ada beberapa kondisi dimana air biasa tidak mampu membantu membersihkan kaca depan dari kerak atau noda yang menempel.

Wiper Fluid khusus inipun relatif murah dan tidak terlalu merobek kantong, tapi tetap saja kepikiran kalau sering dipakai maka akan cepat habis kalau habis terpaksa harus beli lagi.


3. Air biasa campur Shampo

Cara ekonomis untuk mendapatkan air wiper yang memiliki kemampuan membersihkan yang baik adalah dengan mencampurkanya dengan shampo

Tapi shampo yang dipilih haruslah yang tidak memiliki banyak campuran aneka zat seperti anti ketombe, anti dandruf atau semacamnya karena bisa jadi sumber kerak yang bisa menyumbat saluran air wiper.

air wiper otonao


Jadi, Air apa yang bagus untuk Wiper?

Kembali ke kebutuhan masing-masing, seberapa sering menggunakan wiper, seberapa "parah" debu yang menempel di kaca depan selama perjalanan dan seberapa panas cuaca tempat mobil beroperasi

Air Wiper yang baik harus bisa menjaga karet wiper tetap elastis, mencegah saluran wiper mampet dan mampu membersihkan kaca dari berbagai noda.

Dan yang penting, mudah di dapat. Kalau memaksakan pakai Air Wiper Aftermarket tapi sulit di dapat? malah repot, setiap mau pakai bantuan semprotan Air ke kaca depan malah mikir-mikir takut kehabisan dan gak bisa beli lagi karena barangnya langka.

Yang perlu di perhatikan saat menggunakan wiper adalah

1. Ketika kondisi kering pastikan menyemprot kaca dengan cairan wiper sebelum menghidupkan wiper. ini untuk mencegah gesekan langsung antara kaca dan karet wiper yang bisa berakibat baret.

2. Pastikan arah semprotan nosle tepat

3. Pastikan saluran wiper bebas kotoran dan kerak

4. Pastikan kecepatan wiper masih normal, beberapa type mobil memiliki tiga tingkat kecepatan anatra lambat, sedang dan cepat agar bisa sesuai dengan kondisi cuaca dan intensitas air hujan yang turun


Air wiper memang tampak sepele tapi bisa sangat mempengaruhi kenyamanan dan keamanan berkendara jadi pastikan berfungsi normal dan airnya terisi penuh. Semoga bermanfaat.

Please Share Artikel "AIR Apa yang Bagus untuk WIPER?" ini :)

0 Response to "AIR Apa yang Bagus untuk WIPER?"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.