Cara Mengatasi Kunci Jok Macet

Mekanisme kunci jok motor cukup rumit karena banyak komponen penggerak mulai dari rumah kunci yang menarik kabel baja untuk menggerakan pen pengunci jok.

Sebagaimana mestinya komponen bergerak pada umumnya, Kunci jok motor juga perlu pelumasan agar kinerja setiap komponen yang saling bergesekan bisa bergerak dengan mudah dan lancar.

Seiring penggunaannya, lapisan pelumas yang telah di bubuhi pada perangkat mekanis kunci jok motor mulai terdegradasi dan mulai kering akibat umur, cuaca, dan air cucian saat mencuci motor.

Atas dasar itulah maka di ketahui bahwa untuk mengatasi Kunci Jok yang mulai seret dan macet adalah sangat mudah.

Cara Mengatasi Kunci Jok Macet

Ada dua kondisi kunci jok yang mungkin terjadi pada sepeda motor khususnya untuk motor bebek dan matic yaitu Kunci jok macet, atau kunci jok seret.

Jika Kunci Jok terlanjur macet

Kunci jok yang macet sudah sulit dibuka bahkan tidak bisa lagi di buka ini bisa disebabkan karena kerak dan karat yang ada di lubang kunci atau pada sistem mekanisme penggerak kunci jok sudah cukup parah.

Untuk mengatasinya harus menggunakan caairan penetran seperti WD40 yang sangat di percaya mampu merontokan karat dan kerak yang membandel.

Semprotkan WD40 ke lubang kuncu lalu masukan anak kunci sambil di putar kekanan dan kekiri perlahan-lahan hingga terasa lubang kunci bisa bergerak.

Ulangi langkah ini dengan sabar dan telaten, jika sudah di upayakan dengan seksama namun jok masih saja sulit untuk di buka maka kemungkinan kabel slingnya juga sudah macet atau bahkan pengancing yang terhubung dengan pengait di jok juga sudah seret.

Kalau begitu tidak ada jalan lain selain membuka Bodi motor dan mencari celah untuk menarik sling kabel agar pengait jok bisa terlepas.

Jika berhasil, segera lihat kondisi mekanis pengunci jok apakah masih bisa di bersihkan dan berfungai kembali normal atau tidak. Jika tidak, pertimbangkan untuk menggantinya.


Jika Kunci Jok terasa seret

Jika kunci jok sudah mulai terasa seret sebaiknya segera lakukan antisipasi dengan melapisi atau melumasi komponen mekanis pengunci jok.

Anda bisa menggunakan Oli mesin yang masih baru, tidak perlu banyak-banyak secukupnya saja. Atau anda juga bisa menggunakan stempet, tapi resiko debu dapat menempel akan lebih besar.

Yang penting, selalu jaga pergerakan kunci jok agar tidak seret dengan memberi pelumas secara rutin, jangan tunggu hingga seret.


Peranan Kunci jok bagi motor bebek dan matik sangatlah penting bukan hanya sebagai pelindung serta pengaman barang di bagasi tapi juga sebagai akses untuk mengisi bensin.

Bagaimana kalau kunci jok macet? otomatis tangki bensin tidak bisa di buka. Kalau tidak bisa di buka, mau isi bensin lewat mana? Masa iya isi pakai nasi padang? (Orangnya makan nasi padang, biar kuat dorong motor sampai tujuan).


Please Share Artikel "Cara Mengatasi Kunci Jok Macet" ini :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Kunci Jok Macet"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.