Cara merawat Velg Mobil agar tidak KUSAM

Velg menjadi salah satu point perhatian dari sebuah mobil yang bisa menyempurnakan penampilan mobil tersebut.

Bagaikan seorang bidadari akan terlihat semakin sempurna jika menggunakan sendal jepit berbalut intan permata.

Untuk itu perlu kiranya memperhatikan kondisi Velg mobil agar senan tiasa terlihat berkilau seperti baru.

Merawat Velg sebenarnya tidaklah sulit, hanya memang perlu waktu dan ketelatenan untuk mempertahankan kilaunya agar tidak kusam.

Umumnya Velg yang ada di pasaran dan sering digunakan adalah Velg berbahan Almunium Alloy karena velg ini dikenal kuat dan ringan serta modelnya lebih beragam di banding Velg kaleng standart pabrik yang biasa menjadi komponen default untuk mobil kelas low entry.

Cara merawat Velg Mobil agar tidak tampak Kusam

Merawat Velg mobil perlu komitmen dan disiplin tinggi karena ini terkait dengan kebiasaan.

Akan lebih mudah jika merawat dan menjaga kebersihan Velg secara berkala ketimbang harus ujug-ujug membersihkan Velg ketika sudah terlihat kusam.

Untuk merawat Velg mobil agar selalu terlihat mengkilat, berikut ini hal-hal yang perlu dilakukan :

1. Gunakan bahan halus untuk mengelap Velg saat mencucinya, spon atau kain berbahan kaos bisa dijadikan media, hindari menggunakan sikat kasar karena bisa meninggalkan goresan di Velg.

2. Sempatkan untuk mencuci mobil khususnya Velg setelah melewati banjir atau terkena air hujan. Karena air hujan mengandung asam yang bisa menyebabkan velg kusam.

3. Lapisi Velg dengan wax khusus Velg untuk menjaga kilapnya tetap sempurna dan menghindari debu menempel pada Velg yang bisa membuatnya tampak kusam.

merawat Velg Mobil agar tidak KUSAM otonao


Meskipun perawatan sudah dilakukan tapi ternyata Velg tetap mulai terlihat kusam. Anda bisa melakukan upaya berikut untuk mengembalikan kilaunya kembali maksimal.

1. Gunakan Cairan khusus

Velg yang terlihat kusam biasanya karena adanya jamur, kerak atau efek oksidasi yang menutupi kilau Velg. Untuk menghilangkan gangguan tersebut anda bisa menggunakan cairan khusus Velg.


2. Gunakan Compound

Velg juga akan terlihat kusam jika terdapat goresan-goresan halus yang mengganggu keindahan. Anda bisa menerapkan compound halus untuk menghilangkan atau setidaknya menyamarkan goresan-goresan ini.

Oleskan compound ke velg kemudian usap merata dengan kain microfiber. Ini akan memakan waktu lama dan butuh kesabaran tapi anda akan tercengang dengan hasilnya.


Sebelum melakukan treatment pada Velg sebaiknya cuci bersih area sekitar roda seperti pada bagian dalam spakboard, agar nanti ketika membersihkan Velg tidak ada kotoran yang jatuh mengotori roda.

Hindari mencuci Velg saat masih panas karena baru saja melakukan perjalanan, biarkan dia sedikit dingin agar velg tidak menguning dan tampak kusam.

Itulah Tips Merawat Velg agar tidak kusam. Semoga bermanfaat.

Please Share Artikel "Cara merawat Velg Mobil agar tidak KUSAM" ini :)

0 Response to "Cara merawat Velg Mobil agar tidak KUSAM"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.