Kenapa Rem Cakram Motor Bunyi berdecit saat musim Hujan

Saat berkendara di musim hujan, Rem cakram kadang bunyi berdecit. Suara ini cukup mengganggu kenyamanan, sebenarnya dari mana asal suara ini dan kenapa hanya muncul saat musim hujan saja.

Sepertinya terkesan aneh dan berbau mistis sebaiknya segera di analisa tapi tidak perlu juga sampai pakai dupa atau menyan.

Jika ternyata saat kondisi normal dimana cuaca cerah dan bersahabat, rem bekerja normal dan tidak berdecit.

Maka kemungkinan kondisi rem masih normal hanya kotor saja. jadi untuk mengatasinya hanya perlu di bersihkan dari debu dan kotoran yang menempel dan berkerak.

Kenapa Rem Cakram Motor Bunyi berdecit saat musim Hujan

Kenapa rem cakram mengeluarkan bunyi berdecit hanya saat hujan?

Fenomena ini bisa saja terjadi karena kondisi rem yang kotor. Saat kotoran yang menempel di komponen rem pada kepala babi terkena air hujan maka secara perlahan kotoran tersebut akan rontok dan jatuh.

Sebagian kotoran mungkin akan terjebak di sela-sela antara kampas dan cakram sehingga bergesek dan menghasilkan bunyi mendecit.

Jadi untuk mengatasi dan menghilangkan bunyi mendecit pada rem cakram motor adalah dengan membersihkan Kaliper Rem khususnya pada bagian sepatu rem dan cakram.

Jangan lupa menambahkan stempet pada pen peluncur di kepala babi agar kaliper rem bisa bergerak lancar tanpa hambatan.

Saat membersihkan rem, periksa juga kondisi karet-karet seal mungkin ada yang robek dan perlu diganti.

Perhatikan juga permukaan kampas apakah tampak mengkilat dan halus. Meskipun kampas masih tebal tapi jika kondisinya mengkilat halus, daya geseknya akan sangat menurun.

Untuk memperbaiki kemampuannya, anda bisa membuat permukaan kampas menjadi kasar dengan menggoreskan paku di permukaan kampas tersebut.

Itulah sebab dan cara mengatasi rem cakram bunyi mendecit di kala hujan. Terkadang suara mendecit ini juga muncul ketika motor baru saja di cuci.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment