Mobil Jarang Pakai, Ganti Olinya kapan?

Kadang bingung juga, punya mobil tapi jarang dipakai, palingan pakai-nya pas weekend aja atau pas ada acara keluarga yang harus bawa "Full Team" (Anak, Istri, Bokap, Nyokap, Kakek dan Nenek).

Jadi sehari-harinya, itu mobil nongkrong aja di garasi kayak kue bolu yang lagi di Oven menunggu matang.

Alih-alih mobil lebih awet, mobil yang terlalu sering nongkrong malah bisa rusak karena berbagai masalah bisa timbul karena mobil jarang di pakai. sehingga perlu di perhatikan.

Salah satu perhatian yang sering terlupakan terhadap mobil yang jarang dipakai adalah OLI.

Oli mesin, Oli Transmisi, Oli gardan adalah oli pelumas yang perlu wajib harus diganti secara berkala tanpa melupakan oli kompresor AC, dan oli Power Steering kalau ada.

Oli mesin menjadi salah satu oli yang wajib di ganti berkala. Yang jadi pertanyaan, kapan waktu ganti oli yang tepat untuk mobil yang jarang dipakai ini?

Mobil Jarang Pakai, Ganti Olinya kapan?

Jawabannya pun menjadi sulit, karena jarang di pakai maka otomatis angka Kilometernya tidak akan banyak berubah dalam waktu dekat.

Kemudian seberapa jarang mobil itu dipakai dan seberapa jauh jarak tempuhnya ketika di pakai pun akan menghasilkan jadwal pergantian oli yang berbeda.

Misalnya ada mobil yang jarang dipakai tapi sekalinya dipakai, jarak tempuhnya ratusan kilometer hingga luar kota atau luar pulau.

Maka mobil seperti ini bisa menggunakan patokan jarak untuk mengganti oli mesinnya, bisa menggunakan jarak sesuai regulasi atau di kurangi sedikit sekitar 20-25% biar aman.

Kemudian ada lagi mobil yang jarang dipakai dan ketika di pakai pun jaraknya tidak terlalu jauh masih dalam kota, hanya untuk menghadiri acara arisan atau acara kondangan.

Maka mobil seperti ini bisa mengikuti patokan waktu. Oli mesin umumnya perlu di ganti setiap 6 bulan sekali merujuk pada aturan jadwal service rutin mobil pada umumnya. Karena biasanya kalau service rutin, menu utamanya adalah ganti Oli.

Durasi 6 bulan ini relatif aman bagi mesin dan Oli asalkan kondisi mesin prima dan tidak ada rembes.

Namun alangkah baiknya jika anda juga melakukan pemeriksaan secara berkala terhadap kondisi Oli mesin melalui Dipstick, apakah sudah encer atau warnanya menghitam pertanda saatnya ganti.

Jangan lupa juga untuk selalu memanaskan mesin mobil secara rutin, bisa seminggu sekali atau seminggu dua kali.

Please Share Artikel "Mobil Jarang Pakai, Ganti Olinya kapan?" ini :)

0 Response to "Mobil Jarang Pakai, Ganti Olinya kapan?"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.