Pilih Body Kit Mobil ber Bahan Plastik, Plat atau FiberGlass?

Bicara soal Modifikasi mobil memang tidak ada habisnya, salah satu perubahan yang dilakukan pada mobil adalah merubah tampilan eksterior agar lebih terlihat beda, sesuai keinginan pemiliknya.

Modifikasi pada eksterior bisa berupa Repainting, Airbrush, penambahan Aero Kits seperti Spoiler hingga pengaplikasian Body Kit yang bisa merubah tampilan mobil secara drastis.

Di pasaran terdapat banyak pilihan Body Kit berbagai desain dan bahan. Bahan pembuat Body Kit bermacam-macam, ada yang terbuat dari serat Karbon, serat Fiber dan Plastik bahkan ada juga yang menggunakan bahan plat.

Body Kit ini biasanya meliputi Bumper depan, Side Skirt, kap mesin dan Bumper belakang yang sifatnya Plug n Play sehingga bisa dipasang tanpa merubah dudukan yang ada di mobil.

Pilihan bahan bodi kit dipasaran yang paling umum di temukan adalah Plastik, Plat dan Fiber. Ketiga bahan ini banyak digunakan karena harganya relatif lebih murah dan lebih mudah di proses lebih lanjut.

Penggunaan Body Kit biasanya untuk mengakomodasi pemilik kendaraan yang ingin tampil sporty, atau ingin mobilnya terlihat ceper tanpa merubah suspensi atau ingin menerapkan Wide Body setelah ganti ban ber-offset negatif.

macam mbody kit mobil otonao

Bodi Kit berbahan Plastik, Plat atau Fiber tentu memiliki keunggulan dan kelemahan yang bisa menjadi pertimbangan ketika anda ingin membeli seperangkat Bodi kit untuk mobil anda.

#1 Body Kit ber-Bahan Plastik

Kelebihan Body Kit dari Plastik

1. Ringan

Ringan adalah salah satu yang menjadi keunggulan dari bodi kit berbahan plastik, bobot kendaraan tidak terlalu bertambah terlalu signifikan setelah penggunaan bodi kit palstik.

2. Murah

Body Kit berbahan Plastik biasanya hasil produksi pabrik yang di cetak dalam jumlah banyak sehingga harganya bisa di tekan lebih murah untuk type-type mobil tertentu yang populasinya lumayan banyak.

3. Awet

Awet karena bahan plastik terkenal awet dan tahan cuaca namun juga tergantung bahan plastik yang digunakan. Oleh karena itu ketika anda memilih membeli Body kit berbahan plastik pastikan kualitas bahannya minimal masuk di Grade B.

Body Kit berbahan plastik berkualitas bagus memiliki tekstur yang lentur dan fleksibel sehingga tidak mudah pecah dan lebih tahan terhadap perubahan cuaca.

4. Mudah didapat

Karena umumnya body kit berbahan plastik di produksi masal dalam jumlah banyak sehingga Mudah didapat.


Kekurangan Body Kit dari Plastik

1. Body Kit berbahan plastik memang mudah di temukan, tapi itu khusus untuk mobil-mobil yang populasinya cukup banyak.

Untuk mobil yang jarang penggunanya maka otomatis produksi bodi kit juga tida tertarik untuk menjual bodi kitnya maka untuk mobil-mobil yang kurang populer cukupo sulit mencari bodi kitnya.

Kalaupun ada, mungkin akan butuh waktu inden beberapa hari, minggu atau bulan.

2. Ketika produksi tidak banyak maka berpengaruh pada harga jual yang menjadi mahal. Pasalnya pembuatan body kit berbahan plastik membutuhkan cetakan khusus, dimana pembuatancetakan pun membutuhkan biaya. Jika body kit yang di produksi tidak banyak maka harga jualnya mau tidak mau harus tinggi.

3. Bahan plastik dan kualitas hasil cetakan body kit akan berbeda-beda. Untuk kualitas rendah, mungkin harganya memang murah tapi bahan plastik yang di gunakan pun berkualitas rendah (Grade C atau D). selain itu terkadang posisi dudukan tidak presisi sehingga perlu effort lebih untuk memasang bodi kit ke mobil.

Jika bodi kit yang di pakai terbuat dari bahan plastik kualitas rendah maka akan mudah getas dan patah.


#2 Body Kit ber Bahan FiberGlass

Kelebihan Body Kit dari FiberGlass

1. Desain Variatif

Bodi kit berbahan fiber biasanya memiliki desain yang lebih variatif karena umumnya bahan ini lebih ke desain custom dan dikerjakan hand made. Meskipun begitu, ada juga body kit after market berbahan fiber yang siap pakai.

2. Reparasi

Body kit berbahan fiber lebih mudah di reparasi ketika terjadi kerusakan karena benturan. Reparasi pada bahan fiber bisa dilakukan dengan menambal dan menyambungnya menggunakan lapisan bahan serat fiber juga.


Kekurangan Body Kit dari FiberGlass

1. Proses Kerja

Lamanya proses pengerjaan menjadi kekurangan dari penggunaan body kit berbahan fiber. Pengerjaan body kit biasanya langsung On the Spot, artinya mulai dari perencanaan, pengemalan, desain dilakukan langsung di mobil sehingga mobil perlu menginap beberapa hari minggu bahkan bulan.

2. Berat

Penggunaan body kit berbahan fiber akan membuat berat kendaraan bertambah. Pasalnya pada proses pembuatan body kit, bahan fiber akan di tumpuk berlapis-lapis hingga didapat bentuk yang diinginkan. Selain itu penambahan lapisan dempul juga di terapkan untuk menghasilkan desain body kit sesuai keinginan. Lapisan dempul dan fiber ini akan menambah berat mobil secara keseluruhan nantinya.


#3 Bodi Kit Ber Bahan Plat

Kelebihan Body Kit dari Plat

1. Kuat

Kekuatan bahan plat tidak perlu di ragukan lagi, body kit yang di buat dari plat lebih lebih kokoh dan kuat sehingga tidak mudah penyok.

2. Banyak yang ahli

Lebih banyak bengkel yang bisa melakukan modifikasi dan membentuk Bodi kit dari bahan plat karena bahan ini sudah ada dan sudah di gunakan sejak lama pada karoseri mobil.

3. Desain beragam

Sama halnya dengan bahan fiber, pilihan desain body kit berbahan plat lebih beragam dan bervariatif. Garis desain yang dihasilkan oleh bahan plat lebih tegas dan berkarakter.

4. Unik

Body Kit berbahan Plat biasanya di kerjakan secara Hnad Made sehingga secara desain bisa di buat seunik mungkin atau meniru desain mobil yan tidak beredar di sini.


Kekurangan Body Kit dari Plat

1. Rumit

Meskipun desainnya bisa beragam tapi untuk bentuk yang banyak lekukan membulat dan rumit akan sangat sulit di kerjakan.

2. Berat

Bahan plat memiliki Berat yang akan mempengaruhi bobot mobil secara keseluruhan. Semakin banyak lekukan dan sambungan maka semakin berat body kit yang dihasilkan karena setiap sambungan akan ketambahan media bahan las sebagai penghubungnya.

3. Karat

Karat adalah salah satu masalah yang bisa timbul pada bodykit berbahan Plat, bagian lekukan sambungan las bisa jadi sumber kart jika tidak di proses dengan baik saat pembuatan.

4. Terkelupas

Dempulan pelapis permukaan plat bisa retak dan terkelupas karena panas dan usia pakai, tapi tidak masalah karena Body Kit berbahan plat bisa di dempul ulang kalau ada dana.


Please Share Artikel "Pilih Body Kit Mobil ber Bahan Plastik, Plat atau FiberGlass?" ini :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pilih Body Kit Mobil ber Bahan Plastik, Plat atau FiberGlass?"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.