Seberapa pentingkah Penutup Pentil pada ban

Pada ban kendaraan baik yang berjenis tube ataupun tubeless, terdapat pentil yang berguna untuk memasukan atau mengeluarkan angin dari/ke dalam ban.

Dalam pentil ban ini terdapat mekanisme katup yang bertugas menjaga angin tidak keluar dari ban.

Mekanisme katup ini terdiri dari seal karet, batang penekan dan per. Kemudian pada bodi pentil terdapat ulir yang berguna mengikat pentil ke pelek dan juga sebagai penahan tutup pentil.

Nah.. tutup pentil pada ban ini meskipun kecil tapi sangat penting keberadaannya untuk menjaga komponen dalam pentil agar tetap awet.

Karena bentuk pentil yang kecil dan tempatnya di bagian paling bawah kendaraan, pastilah akan sangat kurang mendapat perhatian dari pemilik kendaraan.

Oleh karena itu komponen dalam pentil di tutup agar tidak mudah terkena debu dan kotoran yang jika dibiarkan berlarut-larut akan menumpuk dan bisa mengganjal katup sehingga katup tidak menutup sempurna dan angin dalam ban bisa keluar melalui sela-sela katup di pentil.

Pada kondisi tertentu, bisa jadi karena kecepatan tinggi, katup pada pentil ini terbuka akibat getaran dan guncangan jalan yang dilalui sehingga membuat tekanan ban berkurang. Dengan adanya penutup pentil maka udara akan tertahan sehingga tekanan ban tetap terjaga.

Penutup Pentil pada ban

Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga pentil pada ban tertutup rapat sebagaimana semestinya.

Sangat penting juga untuk menjaga agar pentil tidak hilang. Tutup pentil biasanya hilang bukan karena dicuri orang tapi kadang karena terburu-buru saat memompa ban di bengkel pinggir jalan, kita lupa dengan tutup pentil yang belum di pasang.

Memang sepele, halah hanya tutup pentil saja, beli di toko sparepart juga murah. Tapi 'yakin' mau mampir ke toko spare part hanya untuk beli tutup pentil. #gak mbois blas

A : "Koh mau beli tutup pentil"
B : "Mau yang besi, almunium, atau yang ada lampunya"
A : "Yang default ajah yang plastik, kalo gak standart khawatir ketilang"
B : "Wah gak jual yang default mas, coba cari di tong sampah, kali aja ada bekas klien yang gak kepake.."

Jadi keberadaan tutup pentil sangat penting pada ban untuk membantu menjaga angin dalam ban tidak mudah keluar melalui pentil ban.

Please Share Artikel "Seberapa pentingkah Penutup Pentil pada ban" ini :)

0 Response to "Seberapa pentingkah Penutup Pentil pada ban"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.