8 Rahasia menjaga Cat Mobil agar Tahan Lama

Penampilan mobil akan sangat di pengaruhi oleh kondisi Cat yang mengkilat, berkilau, bersih dan menawan.

Cat yang kusam akan mengurangi daya tarik sebuah mobil dan memberi kesan tidak terawat meskipun kondisi sebenarnya masih sangat istimewa.

Untuk menjaga penampilan bodi tetap berkilau, memperhatikan kondisi cat menjadi salah satu langkah mudah untuk merawat bodi mobil.

Untuk menjaga cat mobil agar tahan lama ternyata ada Rahasianya, dan relatif mudah di terapkan.

Pentingnya menjaga warna cat mobil agar tidak kusam sehingga selalu tampak berkilau dan jika suatu saat nanti ingin menjualnya, maka harga yang ditawarkan bisa lebih tinggi.

Rahasia menjaga Cat Mobil agar Tahan Lama

1. Parkir di tempat Teduh

Panas matahari menjadi salah satu faktor perusak cat mobil yang bisa membuatnya tampak kusam. Jika mobil terlalu sering parkir dibawah sinar matahari langsung maka lapisan catnya akan cepat pudar.

Oleh karena itu sebaiknya parkir mobil di tempat yang teduh sehingga cat mobil tidak terpapar panas yang berlebihan terlalu lama.


2. Cuci mobil secara rutin

Mencuci mobil tidak harus ke Car Wash, tapi bisa dilakukan sendiri dirumah. Cuci bodi mobil untuk membersihkan segala kotoran yang menempel, bisa karena bercak aspal, kotoran lumpur atau noda yang menepel di bodi mobil.

Ketika ingin mencuci mobil sebaiknya guanakan cairan khusus. Hindari penggunaan detergen atau sabun dapur untuk keperluan mencuci mobil.


3. Cuci Mobil setelah hujan

Air hujan mengandung asam yangbisa membuat cat mobil kusam. Maka sangat perlu untuk mencuci mobil setelah berjalan saat hujan agar cat mobil tetap tahan lama.


4. Cuci mobil di tempat teduh

Saat mencuci mobil pun perlu di perhatikan lokasinya, usahakan mencuci mobil di tempat yang teduh dan terhindar dari pancaran terik matahari.

Karena jika memcuci mobil di bawah sinar matahari maka air yang bercampur cairan pembersih yang sudah di basuh ke bodi mobil akan cepat kering karena menguap.

Nah bekas uap air ini akan meninggalkan bekas di bodi mobil yang ketika di lap akan bersifat abrasif yang dapat menggores cat mobil yang meskipun tipis akan menjadi sumber tampilan kusam pada cat mobil.


5. Bersihkan dari debu

Terkadang kita tidak menyadari kalau bodi mobil sudah terdapat lapisan debu yang cukup tebal. Dan lapisan debu ini tak jarang menjadi lahan kreatif bagi siapa saja yang melihatnya.

Ada yang iseng-iseng menuliskan sesuatu menggunakan jari di lapisan debu yang menempel di bodi mobil tersebut.

Usapan jari pada lapisan debu di mobil bisa menjadi menghasilkan goresan tipis dan membuat cat menjadi kusam nantinya.

Maka pastikan untuk selalu menjaga kebersihan mobil, jangan sampai lapisan debu menghiasi permukaannya.


6. Pakai lap khusus

Untuk membersihkan bodi mobil dari debu dan kotoran, sebaiknya jangan langsung di lap menggunakan kain pada kondisi kering. Karena debu dan kotoran yang menempel di bodi mobil ketika di lap akan menggores cat mobil.

Goresannya mungkin tidak akan terlihat dengan mata tapi lama kelamaan jika kebiasaan mengelap tersebut di lakukan maka akan membuat cat bodi mobil terlihat kusam.

Jadi sebaiknya siram bagian bodi mobil yang ingin di lap menggunakan air, gunakan lap halus dan lembut yang khusus anda siapkan untuk mengelap bodi. Artinya jangan samakan lap untuk bodi dengan lap untuk roda atau spakboard.


7. Sediakan Garasi

Untuk menjaga kondisi cat mobil agar tahan lama, sebaiknya sediakan tempat parkir khusus untuk mobil dirumah. Ini untuk mencegah mobil kena panas hujan atau perubahan cuaca yang bertubi-tubi jika memarkirnya di pinggir jalan atau di teras rumah tanpa perlindungan.

Jadi, jika memungkinkan, buatkan garasi khusus untuk mobil anda berteduh dengan nyaman sehingga tidak terpapar sinar matahari langsung, tidak terkena air hujan dan tidak terlalu terkena dampak perubahan suhu dan cuaca di luar ruangan.

Jika memang tidak memungkinkan untuk membuatkan garasi, setidaknya beri atap kanopi dimana tempat mobil biasa parkir dirumah. Tambahkan penutup khusus mobil untuk perlindungan dari debu dan kotoran yang ikut terbang bersama angin.

Rahasia menjaga Cat Mobil agar Tahan Lama otonao

8. Hindari parkir di bawah Pohon

Parkir mobil di bawah pohon memang masuh kategori ideal karena memenuhi unsur teduh. Tapi menjadikan bawah pohon sebagai tempat parkir permanen bagi mobil bukanlah keputusan bijak.

Getah pohon yang keluar dari ranting yang patah bisa menempel di bodi mobill dan akan sulit untuk di bersihkan.

Belum lagi dahan-dahan pohon yang mungkin tertiup angin dan bergesekan dengan bodi mobil akan menciptakan goresan-goresan tipis dan membuat kusam cat mobil. Apalagi kalau hujan, debu yang menempel di dahan pohon akan jatuh mengotori sekujur bodi mobil.

Jadi hindari memarkir mobil di bawah pohon terlalu sering dan terlalu lama, apalagi kalau di jadikan tempat parkir permanen untuk mobil.

Jika pun terpaksa, pastikan dahan-dahan pohon tidak bersentuhan dengan mobil, perhatikan dahan dan ranting pohion yang menjadi pelindung, jika terlihat rapuh dan mulai lapuk sebaiknya segera di potong agar tidak membahayakan.


Itulah 8 Rahasia menjaga cat mobil agar tetap awet dan tahan lama. Menjaga dan merawat mobil memang berdasar kebiasaan yang rutin dilakukan sehari-hari.

Perlu komitmen dan kesabaran dalam merawat dan menjaga kondis cat mobil agar tahan lama sehingga selalu terlihat seperti baru dan kinclong. Semoga bermanfaat.

Please Share Artikel "8 Rahasia menjaga Cat Mobil agar Tahan Lama" ini :)

0 Response to "8 Rahasia menjaga Cat Mobil agar Tahan Lama"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.