Aneka Pilihan Lampu untuk Kendaraan Bermotor

Teknologi Lampu kendaraan bermotor kini berkembang mengikuti perkembangan teknologiotomotif dunia.

Kini, Lampu untuk kendaraan bermotor memiliki aneka pilihan yang bisa disesuaikan dengan Teknologi dan Kelas kendaraan bermotor tersebut.

Berikut ini Aneka Pilihan Lampu untuk kendaraan bermotor masa kini.

Lampu Halogen

Lampu jenis ini sempat Booming di tahun 90-an. Nyalanya yang lebih terang dari lampu standart membuatnya cukup diminati namun hanya sekedar mimpi bagi sebagian orang karena lampu jenis ini jauh lebih mahal dari lampu standart kala itu.

Hal menarik dari lampu ini bukan hanya nyalanya yang terang, bukan pula karena harganya yang mahal tapi karena lampu ini tidak boleh di sentuh.
Kayak Boneka India, Boleh dilihat tak boleh di pegang.
Kaca lampu halogen sangat sensitif jika tersentuh kulit manusia karena dapat merubah sifat kimiawi gas argon / gas Nitrogen yang ada dalam lampu sehingga bisa membuat umur pakainya menjadi lebih pendek dari seharusnya.

Selain sensitif, lampu Halogen cenderung mengkonsumsi daya listrik lebih besar dibanding lampu biasa. Sehingga Aki kewalahan melayani kebutuhan listrik kendaraan dan sering Drop.

Selain itu, lampu Halogen sangat panas dan bisa membuat rumah lampu meleleh jika desain rumah lampu standartnya tidak di peruntukan untuk menggunakan lampu halogen.

Lampu dengan ciri khas ujung berbentuk dot bayi berwarna abu-abu ini banyak digunakan pada kendaraan bermotor saat ini.


Lampu HID (High Idensity Discharge)


Lampu ini cukup populer belakangan karena nyalanya sangat terang hingga bisa membuat malam bagaikan siang. Namun disisi lain lampu ini bisa membahayakan pengguna jalan lain yang berpapasan dengannya.

Bagi pemilik kendaraan berlampu HID, jalan malam asik-asik saja, tapi bagi yang berpapassan dengannya, seperti ketemu matahari yang menutupi jalan.

Oleh karena itu pemasangan lampu jenis HID harus di tangani oleh ahlinya yang paham betul dengan karakter lampu ini dan tau betul bagaimana mengarahkan pancaran cahayanya.

Lampu HID lebih hemat Energi dibanding lampu Halogen tapi harganya lebih mahal. Itulah sebabnya tidak semua mobil keluaran terbaru menggunakan lampu jenis ini. Hanya mobil-mobil kelas tertentu saja yang dilengkapi lampu HID.


Lampu LED

Mungkin Lampu ini lebih identik dengan indikator pada perangkat elektronik. Di perangkat elektronik, lampu Led bisa memiliki aneka warna dan lampu ini di kenal paling hemat energi dan juga tidak terlalu panas.

Pada perkembangannya lampu LED pun mulai digunakan pada kendaraan bermotor. Awalnya hanya sekedar sebagai lampu indikator di dashboard kemudian mulai digunakan sebagai lampu Sein, kemudian merambah ke Lampu Rem dan akhirnya lampu LED mulai banyak di gunakan sebagai lampu utama.

lampu rem LED

LED sendiri merupakan singkatan dari Light Emiting Diodes. Pada penerapannya sebagai lampu kendaraan bermotor menghadirkan inovasi-inovasi baru dalam hal kreasi bentuk serta desain cahaya yang dihasilkan.

Please Share Artikel "Aneka Pilihan Lampu untuk Kendaraan Bermotor" ini :)

0 Response to "Aneka Pilihan Lampu untuk Kendaraan Bermotor"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.