CARA MEMBUAT Sendiri tempat pakan untuk Ayam

Pakan Ayam dalam kandang harus di letakkan pada wadah khusus agar tidak mudah di acak-acak ayam yang berakibat pakan berhamburan di lantai kandang.

Tempat pakan khusus ayam dapat di beli di pasar atau toko peralatan ternak dengan berbagai ukuran mulai yang terkecil untuk ayam DOC, ukuran sedang dan ukuran besar.

Tapi adakalanya kita malas kepasar atau ke toko hanya untuk membeli wadah pakan ayam karena lokasi pasar yang cukup jauh atau karena kondisi kantong yang lagi ‘kurang sehat’.

Banyak variasi kreasi bentuk dan model wadah pakan ayam yang di gunakan oleh para peternak.

Mulai dari yang berbahan paralon, bambu, atau yang lainnya yang mudah di dapat dan tersedia di sekitar lokasi kandang secara gratis.

Salah satunya tempat pakan ayam custom kita bisa buat dari bahan toples plastik bekas kemasan permen, sosis atau wadah kue lebaran.

Untuk membuat sendiri wadah pakan custom a.k.a made in dewe tidak perlu banyak persiapan peralatan berat dan canggih.

Cukup siapkan Bahan seperti, toples plastik lengkap dengan tutupnya, baut kecil (opsional). Untuk baut bisa menggunakan kawat, tali atau bahan lain yang bisa digunakan untuk mengikat tutup toples yang berfungsi sebagai mangkuk penadah makanan dan bodi toples..

Kemudian siapkan lagi Tutup Toples yang ukurannya harus lebih besar dari diameter toples tempat reservoir pakan ayam. Tutup toples ini akan berfungsi sebagai mangkuk tempat menampung makanan yang akan di makan oleh ayam.

Kemudian siapkan juga peralatan yang di butuhkan untuk membuat sendiri tempat pakan ayam yaitu gunting, tang dan obeng.

tempat pakan untuk Ayam buatan sendiri

Setelah semua alat dan bahan siap, mari kita mulai membuat sendiri tempat pakan ayam dari bahan toples plastik.

Pertama Buat lubang agak besar di bagian sisi bawah toples untuk jalan keluar pakan yang ada dalam toples agar turun ke penampungan.

Ukurannya bebas saja yang penting tingginya tidak melebihi tinggi tutup toples yang jadi alasnya.

tempat pakan untuk Ayam buatan sendiri

kemudian buat lubang seukuran baut pada bagian dasar toples, buat juga lubang pada tutup toples yang akan menjadi alas tempat dengan posisi yang sama.

buat snediri tempat pakan untuk Ayam

Setelah itu gabungkan toples dan tutup toples menggunakan baut, kencangkan secukupnya.

Sebenarnya untuk menggabungkan toples dan tutup toples ini bisa lebih cepat dan praktis jika menggunakan lem, tapi bahan kimia yang terkandung pada lem mungkin kurang baik bagi kesehatan ayam.

Setelah jadi, anda bisa langsung menggunakannya. karena pakan ayam dimasukan dalam toples tertutup rapat maka pakan ayam bisa lebih terjaga kebersihan. Selain itu takaran konsumsi kebutuhan pakan bisa lebih mudah di pantau.

bikin sendiri tempat pakan untuk Ayam

Wadah pakan buatan sendiri berbahan toples ini sangat cocok digunakan untuk ayam yang masih kecil karena ukuran toplesnya memang relatif kecil.

Lihat saja bagaimana nikmatnya anakan ayam makan di tempat pakan yang di buat custom sehingga anti-mainstream. #halah

tempat pakan untuk ayam pakai toples


Bagaimana? mudah bukan, membuat sendiri tempat pakan ayam custom dengan bahan sederhana dan alat seadanya. Semoga bermanfaat.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment