Cara mudah mengetahui KIPROK rusak pada Sepeda Motor

Kiprok biasa juga dikenal dengan sebutan Regulator berfungsi sebagai pengatur arus listrik dari sumber pembangkit listrik di mesin ke perangkat kelistrikan di motor.

Tegangan listrik yang dihasilkan oleh mesin bergantung pada putaran mesin yang bisa rendah atau tinggi.

Saat putaran rendah mesin akan menghasilkan listrik berdaya rendah tapi saat motor bergasing pada poutaran tinggi maka listri yang dihasilkan pun pasti akan sangat tinggi. Jika ini tidak diatur, maka akan merusak komponen kelistrikan mesin.

Komponen ini meskipun tampak diam-diam tanpa gerakan mekanis, ternyata bisa rusak juga sepanjang masa tugasnya meregulasi aliran listrik yang di hasilkan magnet.

Penyebab Kiprok bisa rusak

1. Panas

Salah satu penyebab kiprok bisa rusak adalah karena panas. Arus listrik yang mengalir kepadanya tentu akan membawa panas meskipun kecil tapi lama-kelamaan selama motor beroperasi maka kiprok ini akan ikutan panas.

Oleh karena itu Casing kiprok dilengkapi sirip pendingin untuk melepas panas ke udara bebas.


2. Beban berat

Tidak hanya orang saja yang mengalami oncok lini saat menanggung beban berat. Komponen motor juga bisa mengalami masalah saat bebannya terlalu berat.

Beban berat yang ditanggung kiprok bisa karena pergantian balon lampu ke Versi lebih tinggi seperti Hid atau Halogen.

Bisa juga karena ada modifikasi pada spul untuk meningkatkan outputnya tanpa dibarengi perubahan kiprok sesuai spesifikasi barunya.


Saat terjadi mal fungsi terhadap komponen kiprok, biasanya ada tanda-tanda yang menyertainya. Tanda-tanda ini sangat mudah di kenali.

Berikut ini Cara mudah mengetahui Kiprok Rusak dengan mengenali ciri-ciri yang menandakan kiprok bermasalah dan minta ganti.

Tanda-tanda Kiprok Rusak

1. Aki cepat soak

Baru beli aki tapi belum setahun sudah Soak, dipakai menyalakan dinamo starter sudah megap-megap. Aki yang cepat soak merupakan tanda-tanda kiprok motor rusak dan minta ganti.


2. Pengisian tidak sempurna

Pengisian Aki tidak sempurna terindikasi adanya kesalahan pada sistem kelistrikan, kadang-kadang aki tokcer dipakai untuk starter tangan tapi dua hari yang lalu saat dicoba untuk nyalain lampu sein saja ritmenya kedipannya gak karu-karuan.


3. Lampu Redup

Cara mengetahui kiprok rusak dengan mengamati lampu utama. Lampu utama redup manjadi indikasi paling mudah untuk mencurigai adanya kerusakan pada kiprok.

Tapi ini tidak jaminan untuk yang motornya sudah bersistem DC, dimana sumber listrik untuk lampu utama diambil dari Aki.

Untuk yang lampu nya masih berharap dari sumber tenaga listrik dari mesin, maka ketika cahayanya redup atau sering putus bisa jadi kiprok minta ganti.


4. Mesin Mbrebet

Ini indikasi yang sulit dideteksi karena mesin mbrebet bisa disebabkan oleh berbagai hal, tapi tidak ada salahnya mencurigai kerusakan Kiprok saat merasakan adanya kerja mesin yang tidak stabil.

Karena sistem pengapian mesin biasanya mengambil sumber daya dari mesin, ketika Kiprok bermasalah maka suply listrik tidak stabil dan brakhir pada kerja mesin tidak stabil pula.

Kalau terindikasi mesin mbrebet karena kiprok, jangan langsung ganti dengan kiprok baru, cari pinjaman kiprok dari motor sejenis untuk memastikannya. Kalau salah deteksi kan sayang.


5. Dingin

Kalau ada komponen mesin bersuhu dingin saat beroperasi berarti ada yang salah dengannya, begitu juga dengan Kiprok.

Ketika Kiprok tetap bersuhu dingin meskipun motor sudah dipakai jalan-jalan kesana kemari mboncengin Raisa, Dahlia, Maudy Ayunda dan Anisa Rahma.

Saat bekerja normal, Kiprok seharusnya akan sedikit hangat, itulah tadi sebabnya dia punya sirip pendingin di casingnya. Jika Kiprok dingin-dingin saja, perlu dicurigai.


Itulah Ciri-ciri Kiprok yang mengalami masalah dan minta ganti. Tanda-tanda diatas adalah yang paling mudah dikenali jika Kiprok mengalami kerusakan.

Kiprok ini secara desain tidak bisa diperbaiki. Jadi, jika Kiprok rusak sebaiknya di ganti saja, lagipula harganya pun tidak terlalu mahal, tergantung type motor juga sih.

Please Share Artikel "Cara mudah mengetahui KIPROK rusak pada Sepeda Motor" ini :)

0 Response to "Cara mudah mengetahui KIPROK rusak pada Sepeda Motor"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.