Ganti Oli Motor Jangan sering Telat, gak Asik buat mesin

Ganti Oli Mesin Motor jangan telat karena kualitas oli yang sudah melewati masa kerjanya akan menurun drastis.

Saat oli sudah terlalu hitam dan encer maka kemampuan pelumasannya sudah tidak sempurna, bahkan bisa membahayakan bagi mesin karena tidak mendapatkan pelumasan yang memadai.

Oli sudah hitam dan sering tercium bau gosong saat jalan, sebaiknya segera ganti agar tidak membuat komponen mesin mengalami ke-aus-an..

Memang terkesan nakut-nakutin, masa' hanya telat ganti saja bisa bahaya. Yaa jelas bayaha, pacar telat bulan aja bahaya, padahal cuma karena banyak pikiran minta segera di halalin.

Apalagi kalau terlalu sering telat, nah lo.. apanya nih yang telat??

jangan terlalu ersing telat ganti oli motor

Oli motor biasanya wajib di ganti jika sudah mencapai 5.000 Km. Jika lebih dari angka tersebut maka kualitas oli mulai menurun, kekentalannya mulai menurun, kemampuan zat addiktif nya sudah mulai menurun, kemampuan melumasinya pun menurun.

Pada kondisi tersebut, Oli sudah tidak lagi melumasi dan melapisi celah mesin dengan baik, akibat dari telat ganti oli mesin bisa membuat komponen mesin terancam.

Saat Oli mulai semakin encer dan warnanya mulai menghitam karena umur pakainya telah lewat, maka oli lebih mudah menguap. Pada type mesin yang memiliki saluran 'pernapasan' di mesin, maka oli akan menguap lewat situ.

Tapi jika mesin tidak di lengkapi dengan saluran pernapasan maka oli akan merembes melalui celah paking karena sifatnya yang sudah encer di tambah suhu kerja yang tinggi karena gesekan di mesin semakin tinggi.

Kapasitas Oli pun mudah dengan cepat berkurang karena menguap atau merembes keluar lewat paking tadi.

Akibatnya mesin bekerja dengan kondisi pelumas buruk dan kapasitasnya tidak sesuai standart. Makin berat kerja mesin, makin mudah panas, makin dekat dengan kemungkinan bearing piston macet.

Jadi sebaiknya Jangan keseringan telat ganti Oli motor karena gak asik buat mesin.

Kalau memang pas lagi tidak ada dana untuk ganti Oli, Sebaiknya kurangi jalan-jalan naik motor, sekali-kali jalan kaki kalau hanya kepingin ngopi di warung depan gang.

Kemudian rubah gaya berkendara lebih kalem, sekalem emak-emak kalau habis belanja di pasar dengan kedipan khas dari lampu seinnya.

Tapi segera prioritaskan dana untuk mengganti oli motor agar tidak malah menambah biaya perawatan semakin membengkak karena ada komponen yang rusak akibat telat ganti Oli.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment