Kelebihan dan Kekurangan Ban Tubetype

Jenis Ban yang menggunakan ban dalam masih banyak digunakan hingga saat ini, meskipun teknologi ban Tubeless mulai juga di terapkan ke berbagai kendarran baik kelas Premium maupun LGCC.

Karena memang karakter ban TubeType memiliki keunggulannya tersendiri di banding ban jenis lain dan juga tentu saja memiliki kekurangan juga.

Kelebihan Ban Tubetype (ban dengan ban dalam)

1. Kuat
Umumnya mobil yang ban nya masih menggunakan ban dalam adalah mobil-mobil yang bertujuan untuk mengangkat beban berat seperti mobil Truk dan Bis.

2. Murah
Ban berjenis Tube Type lebih murah jika di bandingkan dengan ban Tubeless

3. Universal
Ban Tube Type bisa digunakan pada semua jenis Ban dan Velg

4. Empuk
Profil dan karakter ban Tube Type relatif lebih empuk

5. Bisa segala medan
Ban Tube Type bisa digunakan pada berabagai jenis permukaan jalan baik yang aspal halus hingga jalan tanah bergelombang.

6. Awet
Ban type Tubetype relatif awet


Kekurangan Tubetype (ban dengan ban dalam)

1. Mudah Bocor
Bukan karena sifatnya atau kualitasnya yang jelek, tapi ban Tube Type Saat terkena paku maka ban akan cepat kempes karena bocor. Tidak ada metode "pertahanan"yang membuat mobil tetap bisa berjalan meskipun kena paku, kecuali menggunakan tambahan cairan anti bocor.

2. Lentur
Sifat ban yang menggunakan ban dalam lebih lentur sehingga stabilitas mobil saat menikung sedikit berkurang.

Efek gaya menyamping membuat mobil terasa limbung di tikungan yang di lalui pada kecepatan tinggi. Apalagi jika tikungan zig-zag.


3. Perbaikan Rumit
Saat ban terkena paku dan bocor maka butuh waktu yang lama untuk perbaikan. Roda harus di lepas dari mobil dan kemudian Ban dilepas dari Velg mengguanakan alat khusus untuk mengeluarkan ban dalam. Selanjutnya ban dalam di perbaiki/ditambal dengan teknik lem bakar.


4. Rawan Robek
Saat tekanan berkurang karena Bocor kena paku dan ketika itu maka mobil akan tetap perlu bergerak untuk mencari posisi yang tepat danaman untuk melakukan pergantian ban. saat bergerak ini bisa jadi ban dalam akan robek karena terhimpit tekanan dari bibir pelg dan dasar ban.

Please Share Artikel "Kelebihan dan Kekurangan Ban Tubetype" ini :)

0 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Ban Tubetype"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.