Kenapa Mesin Diesel lebih banyak digunakan pada kendaraan berat

Mesin Diesel adalah salah satu jenis mesin yang banyak kita temukan digunakan sebagai penggerak kendaraan bermotor.

Jika anda perhatikan, Mesin Diesel ini lebih sering digunakan sebagai sumber tenaga untuk kendaraan kendaraan kelas berat meskipun ada juga yang kendaraan kecil bahkan motor yang menggunana mesin Diesel tapi jumlahnya sedikit.

Baca juga :

Bus dan Truk paling umum kita jumpai menggunakan mesin ini. Selain itu ada mobil kelas SUV yang juga menggunakan mesin Diesel seperti Pajero Sport, Fortuner, Innova, Panther, dll.

Bukan tanpa alasan jika mesin Diesel lebih banyak digunakan sebagai mesin untuk kendaraan berat atau kendaraan pengangkut khusus barang dan orang dalam kapasitas besar.

Yang paling kentara adalah karena Mesin Diesel lebih Irit jika dibanding Mesin Bensin untuk kapasitas mesin yang sama.

Meskipun irit bahan bakar, mesin Diesel memiliki Torsi yang besar sehingga mampu digunakan untuk menarik atau mengangkut beban berat.

Perawatan yang mudah menjadi pertimbangan penting selanjutnya kenapa mesin Diesel lebih banyak di gunakan untuk kendaraan berat dan besar jika dibandingkan dengan kekuatan mesin bensin.

Mesin Diesel yang harus diisi dengan kode gagang warna abu-abu ini identik dengan Karakteristik kotor, berisik, dan getaran tinggi. oleh sebab itulah membuatnya kurang diminati untuk penggunaan sehari-hari.

Getaran yang timbul pada mesin diesel disebabkan oleh tekanan kompresi yang sangat tinggi, sehingga tekanan hasil pembakaran yang besar berimbas pada suara yang lebih berisik dibanding mesin bensin. Tapi gejala ini bisa sedikit diredam dengan teknologi Common rail.

Tenaga yang besar di setiap rentang putaran serta irit bahan bakar dan juga minim perawatan, membuat mesin ini sangat memenuhi syarat sebagai mesin untuk kendaraan berat.

Tidak hanya Truk, Bus, dan kendaraan lain yang beroperasi dijalanan aspal, mesin diesel semakin banyak di temukan sebagai kendaraan proyek ataupun pengangkut hasil tambang yang ukurannya bisa sebesar rumah.

Kesimpulannya, Kenapa mesin Diesel banyak di gunakan pada kendaran berat adalah karena ;
  • Kuat
  • Irit
  • Awet
  • Bandel
Seiring perkembangan teknologi otomotif khususnya di sektor mesin, maka semakin banyak mobil berukuran kecil yang menggunakan mesin Diesel kuhususnya untuk mobil-mobil yang di desain sebagai mobil segala medan.

Dengan teknologi terkini, mesin diesel bisa lebih senyap, meskipun masih lebih senyap mesin bensin tapi kerja mesin Diesel semakin lebih baik.

Mobil SUV salah satu yang memanfaatkan mesin diesel karena dituntut untuk bisa menempuh perjalan jauh dengan berbagai medan tapi tetap kompetible untuk dikendarai dalam kota.

Dengan desain yang semakin futuristik yang tidak identik dengan mobil operasional serta telah dilengkapi interior canggih membuat mobil SUV bermesin Diesel masih diminati. Meskipun konon di beberapa Negara maju, peminat mobil Diesel mulai berkurang.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment