Kenapa Mobil buang kanan atau kiri saat Mengerem

Mobil narik ke salah satu sisi, buang kanan atau kiri saat mengerem disebabkan karena kemampuan rem sudah tidak seimbang antara roda bagian kanan dan kiri.

Jadi saat dilakukan pengereman setir mobil terasa menarik ke satu sisi entah kekanan atau kekiri tergantung mana yang paling pakem.

Gejala kerusakan rem seperti ini bisa membahayakan dan juga melelahkan karena mobil selalu berat sebelah saat mengerem, Jadi mau tidak mau kita harus mengimbanginya dengan mengarahkan setir kearah berlawanan agar tidak membahayakan pengguna jalan lain.

Kan bahaya kalau saat mengerem tiba-tiba mobil malah masuk ke jalur kendaraan lain.

Masalah mobil banting atau berat sebelah saat direm bisa disebabkan karena kondisi kerja rem tidak sama antara kanan dan kiri.

Bisa jadi karena kampas rem yang aus tidak merata, terjadi kebocoran atau kemungkinan terparahnya adalah piston macet pada komponen rem di salah satu sisi ban.

Segera periksa kondisi rem khususnya untuk rem bagian depan, mulailah dari roda kiri jika mobil narik kanan saat di rem dan begitu pula sebaliknya.

Untuk deteksi awal minta bantuan seseorang untuk menginjak pedal rem dan amati pergerakan kampas rem apakah menggigit cakram atau tidak. Jika pergerakannya tampak tidak maksimal mungkin sistem rem mobil hanya masuk angin.

Periksa kondisi kampas rem, jika aus sebaiknya segera ganti. Jika ketebalannya masih layak pakai tapi tampak mengkilat bisa digosok dengan amplas kasar atau di baret menggunakan paku untuk menciptakan grip.

Jika masih menggunakan tromol, stel ketinggian sepatu rem dan pastikan posisinya sama antara kanan dan kiri.

Pastikan tidak ada kebocoran minyak rem yang mempengaruhi kerja pengereman. Jika terjadi rembesan di sekitar roda perlu dicurigai mungkin saja itu minyak rem yang menyusup keluar.

Yang sulit, ketika semua komponen tampak baik-baik saja, perangkat rem tampak bersih tidak ada kebocoran minyak rem, maka anda harus membongkar perangkat rem lebih dalam, periksa terhadap kemungkinan macet.

Please Share Artikel "Kenapa Mobil buang kanan atau kiri saat Mengerem" ini :)

0 Response to "Kenapa Mobil buang kanan atau kiri saat Mengerem"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.