Macam-Macam Perangkat GPS yang bisa dimanfaatkan sebagai petunjuk jalan

GPS saat ini tersedia dalam berbagai bentuk, ada yang tersemat kedalam perangkat lain ada juga yang berupa gadget khusus yang di buat untuk pemetaan.

Secara sederhana, GPS atau Global Positioning System bekerja berdasarkan tiga syarat utama yaitu satelite, GPS Receiver dan posisi ideal (tidak terhalang).

Dalam penerapannya GPS terdiri dari dua jenis yaitu GPS Tracking dan GPS Navigation.

Penggunaan GPS Tracking lebih ke keperluan mentracking lokasi sebuah benda/kendaraan sedangkan GPS Navigation untuk menunjukan peta dan posisi di jalur yang dilalui.

Baca juga : Perbedaan GPS Tracking dan GPS Navigation

Untuk dapat menggunakan teknologi GPS, kita dapat menggunakan Smartphone, GPS Portable, GPS Mobile (Built-in dengan Head unit).

Perangkat GPS yang bisa dimanfaatkan sebagai petunjuk jalan

Masing-masing perangkat tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan ketika dijadikan sebuah petunjuk jalan. Apa saja kelebihan dan kekurangannya.

#1 GPS Smartphone

Smartphone masa kini bisa dimanfaatkan sebagai apa saja termasuk dijadikan GPS dengan menginstal aplikasi yang mendukung.

Kelebihan menggunakan Smartphone sebagai GPS :

1. Lebih User friendly dan tampilannya lebih menarik dengan bermacam ikon sebagai keterangan tempat tempat strategis seperti Pom bensin, Rest Area, Rumah makan, dll.

2. Pendeteksian dan penentuan lokasi sangat cepat karena samrtphone didukung sinyal dari BTS dan juga dari satelite sehingga pembacaan posisi lebih cepat dan akurat.

3. Fitur yang dimiliki oleh Aplikasi GPS untuk smartphone relatif lebih lengkap dan pengembangannya pun terus dilakukan oleh pengembang untuk fitur yang lebih baik.

4. Lebih mudah dengana beragam fitur yang dimiliki seperti point of interest, mencari jarak terdekat, mencatat kordinat yang pernah di singgahi, mengetahui jarak tempuh, dll.

5. Bisa digunakan dengan gratis dan banyak pilihan aplikasi yang bisa digunakan seperti Waze, Google Maps, Map Factor, Sygic, Lewat Mana, dll.


Kekurangan menggunakan Smartphone sebagai GPS :

1. GPS Smartphone Android membutuhkan koneksi Data untuk bisa melakukan sinkronisasi data antara Smartphone dengan BTS dan Satelit.

2. Menguras baterai samrtphone karena selama perjalanan samrtphone akan terus aktif mengirim dan menerima sinyal untuk menentukan lokasi terkini.

3. Untuk area jalan yang masih baru kadang tidak terdeteksi oleh GPS Smartphone, sehingga mau tidak mau harus menunggu update software atau update dari pihak pengembang aplikasi.

4. Tidak menjangkau seluruh area daratan maupun lautan, Lokasi tertentu mungkin tidak terjangkau karena terlalu pelosok.


#2 GPS Portable (Handy GPS)

GPS jenis ini memang khusus di buat untuk pemetaan dan navigasi. Ukurannya yang kecil membuatnya mudah di bawa. GPS ini memiliki tingkat toleransi antara 1-6 meter. Sejatinya memang agak kurang cocok jika di gunakan pada area perkotaan

Kelebihan menggunakan GPS Portable :

1. GPS portable sangat cocok di gunakan di daerah terpencil tanpa sinyal operator. Sangat cocok bagi yang suka Offroad ke pelosok yang sangat terpencil.

2. Bisa mendeteksi kontur tanah (bukit atau lembah) serta kontur jalan.

3. Memiliki daya tahan yang sangat baik karena memang alat ini bertujuan untuk penggunaan outdoor.


Kekurangan menggunakan GPS Portable :

1. Mahal.

2. Tidak cocok untuk area perkotaan, karena ada selisih titik lokasi sebenarnya dan yang terbaca di layar GPS.

3. Tampilan antar mukanya sederhana dan gambar petanya tidak semenarik GPS di smartphone.

handy gps


#3 GPS Built-in di Mobil

GPS ini ada yang sudah Built-in di dashboard mobil ada juga produk aftermarket yang bisa dipasangkan pada mobil yang belum memiliki headunit ber-GPS. Nyalakan Mesin Mobil hingga head unitnya aktif, bila terpisah dari head unit langsung nyalakan perangkat GPSnya

Kelebihan menggunakan GPS Built-in :

1. GPS bisa terus menyala selama perjalanan tanpa khawatir kehabisan baterai karena sumber dayanya langsung dari aki.

2. Terdapat beraneka fitur yang bisa dimanfaatkan salah satunya sharing lokasi untuk memberitahukan posisi kita kepada rekan atau kerabat.

3. Pengoperasian sangat mudah dan tidak mengganggu konsentrasi karena alat ini dirancang dan di buat sesuai dengan fungsi dan penggunaannya pada mobil.


Kekurangan menggunakan GPS Built-in :

1. Kadang agak ngelag ketika menentukan posisi terkini khsusunya pada saat awal diaktifkan.

2. Fiturnya dan tampilannya tidak semenarik GPS di smartphone.

3. Mobil yang sudah di lengkapi Head unit ber-GPS biasanya harganya mahal. Tak jarang produk Global yang versi luar negerinya sudah dilengkapi GPS begitu masuk di Indonesia menjadi non-GPS untuk menekan harga jual.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment