Mengendalikan Konsumsi BBM mobil Matik agar lebih IRIT

Salah satu alasan mengapa orang masih enggan menggunakan mobil matik adalah karena konsumsi bahan bakarnya yang lebih boros jika dibanding mobil manual.

Cerita tentang rakusnya mobil matik menenggak bahan bakar sudah melekat kuat sejak teknologi matik belum secanggih saat ini.

Namun semakin berkembangnya teknologi otomotif, konsumsi bahan bakar mobil matic tidak jauh berbeda dengan mobil manual, dan akan semakin baik lagi jika di iringi dengan kebiasaan berkendara yang baik pula, sehingga konsumsi bahan bakar mobil matik bisa lebih terkendali dan bisa menyamai mobil manual.

Perbedaan yang paling mencolok antara mobil matik dan manual adalah saat berakselerasi. Mobil matik perlu putaran tertentu untuk membuat poros engkol dan poros transmisi konek. Dan disinilah salah satu sumber letak borosnya bahan bakar matik bermula.

Oleh karena itu untuk menjaga konsumsi bahan bakar mobil matik agar tetap irit bisa dimulai dari kebiasaan berkendara.

Menjaga Kecepatan

Menjaga kecepatan tetap konstan sangat penting untuk menghemat konsumsi bahan bakar matic.

Saat mobil melaju khususnya dalam lintasan jelajah seperti dijalan Tol atau jalan lintas propinsi yang lengang maka sebaiknya hindari memainkan gas naik turun.

Tahan gas pada posisi konstan jangan menekan gas mendadak atau mengerem mendadak. Jika mobil telah di lengkapi Mode Jelajah maka akan sangat membantu.


Manfaatkan Mode yang ada

Mobil Matic biasanya di lengkapi beberapa Mode berkendara seperti Sport Mode, Eco Mode dll. Aktifkan Eco Mode jika anda ingin konsumsi bahan bakar mobil matik lebih irit.

Eco Mode mengatur sistem suplai bahan bakar secara elektronik seekonomis mungkin dengan mendeteksi gaya berkendara dan mn=enganalisa medan yang dilalui.


Atur Jarak Pengereman

Mobil yang melaju terlalu cepat tentu akan membutuhkan pengereman yang dekat dan keras. Saat terjadi pengereman yang dekat dan keras maka akan banyak energi yang terbuang.

Maka penting untuk mengatur jarak penmgereman dengan tetap menjaga jarak aman kendaraan dengan yang ada didepan agar meminimalisir tekanan rem sehingga mengurangi energi mesin yang terbuang dan meminimalisir pemborosan bahan bakar.

Mengendalikan Konsumsi BBM mobil Matik agar lebih IRIT

Pertahankan Jarak Pengereman

Ketika menjaga kecepatan konstan maka anda membutuhkan jarak pengereman lebih panjang. Dengan menjaga jarak pengereman, anda dapat mengerem secara perlahan sehingga selain lebih nyaman bagi penumpang juga lebih menghemat bahan bakar.

Namun berbeda dengan pengereman mendadak, Semakin dalam anda menginjak rem maka saat berakselerasi selanjutnya akan membutuhkan banyak tenaga. Tenaga besar yang dibutuhkan tentu akan menimbulkan tambahan konsumsi bahan bakar yang seharusnya dapat diredam.


Berakselerasi dengan tenang

Lakukan akselerasi se lembut mungkin, jangan langsung menginjak gas secara spartan. Tekan pedal gas perlahan hingga RPM mesin naik bertahap dan mobil berjalan perlahan sesuai dengan tekanan gas pedal gas yang di berikan.


Tetap tenang saat Macet

Saat macet padat merayap, posisikan perseneling pada "2", ini menjaga mobil tetap pada gigi terendah sehingga anda dapat berakselerasi dengan baik dan juga mendapat bantuan engine brake sehingga mengurangi penggunaan rem.

Penting untuk tetap tenang saat macet, terkadang gaya mengemudi kita terpengaruh oleh orang lain di belakang yang ingin terburu-buru ingin lewat padahal kondisi jalan sedang macet.


Dengan teknologi yang semakin canggih dan perangkat Elektronik yang mengendalikan setiap inchi pergerakan kendaraan membuat mobil matik jaman sekarang lebih bertenaga, lebih responsif, dan yang terpenting lebih irit bahan bakar.

Please Share Artikel "Mengendalikan Konsumsi BBM mobil Matik agar lebih IRIT" ini :)

0 Response to "Mengendalikan Konsumsi BBM mobil Matik agar lebih IRIT"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.