Penyebab kenapa Setir Mobil terasa Berat Sebelah

Kenapa Setir mobil terasa berat sebelah, Masalah ini tak jarang menimpa mobil lama maupun baru. Penyebabnya bisa bermacam-macam dari yang tingkat berat, medium hingga "novice". kayak game ajah...

Berbagai penyebab kenapa Setir Mobil terasa Berat Sebelah

1. Setelan Roda tidak sama

Setelan roda bisa berubah karena pengaruh medan jalan atau komponen yang mengalami ke ausan. Stelan roda seperti sudut Caster yang tidak sama antara kanan dan kiri dapat mempengaruhi roda kemudi terasa berat sebelah.

Untuk mengatasi madalah setir yang berat sebelah harus dilakukan Spooring dan Balancing.


2. Power Steering Bocor

Masalah kebocoran Power Steering memang sangat mengganggu, selain harus selalu memantau kondisi oli PS, lantai garasi pun akan kotor karena oli yang menetes saat mobil parkir.

Terjadi kebocoran pada Power Steering khususnya pada bagian Racksteer di salah satu sisi roda sehingga tekanan fluida tidak sama antara kanan dan kiri.


3. Tekanan ban tidak sama

Ban yang kempes di salah satu sisi akan membuat mobil menarik ke satu sisi sehingga otomatis akan mempengaruhi berat kemudi.

Penyebab kenapa Setir Mobil terasa Berat Sebelah

4. Pompa PS tidak maksimal

Tekanan Oli Power Steering bisa tidak terdistribusi merata dan maksimal karena Pompa PS tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Hal ini bisa disebabkan karena Pompa Power Steering (PS) mengalami kerusakan, bisa juga karena Belt pemutar pompa PS sudah Aus atau longgar.


5. Shockbreaker

Tekanan Shock tidak sama Shock aus sebelah atau bocor membuat daya redam kanan dan kiri kendaraan berbeda. Selain itu ketika mobil mendapat beban maka


6. Kondisi jalan

Bisa jadi Setir menjadi berat sebelah ketika melewati jalan yang kemiringannya terlalu tinggi. Seperti kita ketahui, jalanan dibangun dengan bentuk kerucut dimana bagian tengah jalan akan lebih tinggi dibanding sisi kanan dan kirinya.

Ini bertujuan untuk Drainase air hujan agar bisa mengalir kepinggir dan masuk ke selokan. Pada kenyataannya kemiringan jalan ini tidak seragam. Kadang kita menemukan jalan yang terlalu miring, entah karena pergeseran tanah atau memang kontur tanahnya demikian.

Jadi jika setir mobil anda tiba-tiba terasa berat di jalur tertentum mungkin hanya karena pengaruh kondisi jalan yang terlalu miring.


Itulah beberapa penyebab kenapa Setir mobil terasa berat sebelah saat di kendarai meskipun di jalan lurus dan rata.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment