Penyebab Motor Brebet Saat Di Gas

Masalah Brebet pada mesin motor sangat menganggu kenyamanan berkendara. Gejala Brebet bisa terjadi pada kondisi yang beragam, ada motor yang mengalami brebet saat mesin masih dingin, ada yang brebet saat gas di tarik, ada juga yang baru terasa brebet saat memasuki RPM tinggi.

Mesin motor Brebet tidak hanya dialami mesin yang menggunakan Karburator, mesin berteknologi Injeksi pun tak lepas dari gejala brebet.

Hal-hal yang menjadi penyebab motor Brebet ketika di Gas

1. Habis di cuci

Bisa jadi semprotan air saat motor di cuci masuk ke saluran masuk di saringan udara atau mengenai cop busi yang sudah longgar sehingga mengganggu proses pengapian motor dan mengakibatkan brebet.

Air juga bisa masuk ke karburator bagi motor yang masih dan mengendap di ruang pelampung pada karburator.

Untuk membersihkan bisa dilakukan dengan membuka baut pembuangan di karburator untuk membuang bensin yang tercampur air. Ketok-ketok bodi karburator dengan menggunakan gagang obeng agar kerak yang mengendap bisa ikut keluar.


2. Busi Soak

Busi mulai soak dan tidak sempurna memercik bunga api keruang bakar dapat menjadi penyebab kenapa motor brebet saat di gas.

Solusinya ganti baru, tapi pastikan kondisi elektroda busi memang sudah aus ditandai dengan keadaannya yang sudah tipis.


3. Suplai bahan bakar

Suplai bahan bakar tidak lancar, bisa karena pompa bensin lemah karena aki soak. Bisa juga karena saringan bensin kotor.

Untuk mesin motor yang sudah injeksi, biasanya gejala brebet bisa juga terjadi ketika jumlah bensin di tangki sudah melewati batas low dan secara otomatis ECU motor akan mendeteksinya dan merubah mode mesin menjadi irit dan peralihan ini bisa membuat mesin brebet sejenak, dan itu normal. Tapi kalau brebetnya keterusan, itu yang gak normal.

Menggunakan Jenis bensin yang di luar rekomendasi juga bisa membuat mesin brebet. Jadi kalau biasanya anda menggunakan Pertamax dan terpaksa harus turun ke Premium sehingga membuat motor brebet, anda harus mencoba membiasakan mein motor khsuusnya ECU mendeteksi dan bekerja dengan kualitas bensin yang lebih rendah.

Nanti pengisian selanjutnya kala keuangan sudah stabil jangan lupa kembali ke Pertamax.


4. Suplai Udara

Suplai udara yang terganggu karena filter udara terlalu kotor atau basah terkena air setelah di cuci.

Kalau begitu, lepas saja saringannya….

…Tidak bisa begitu juga kawan.

Motor itu sudah di setting sedemikian rupa jumlah udara yang masuk dan jumlah bahan bakar yang di semprotkan.

Saringan udara pun demikian, tidak bisa asal di lepas tanpa penyesuaian lanjutan, malah tambah brebet.

Penyebab Motor Brebet Saat Di Gas

Pada dasarnya motor breebet itu sumber penyakitnya hanya tiga,
  • Pengapian
  • Suplai bahan bakar
  • Suplai udara
Kalau awalnya motor normal-normal saja dan tiba-tiba brebet saat di gas bisa jadi salah satu dari tiga point diatas adalah sumbernya.

Tapi jangan langsung di anggap remeh, karena tiga point diatas memiliki rangkaian yang terdiri dari berbagai komponen yang saling bekerja sama dalam satu kesatuan.

Contohnya begini…

…ketika anda mendeteksi dan men-judge bahwa sumber masalah motor brebet adalah karena pengapian maka masalahnya tidak berhenti di situ saja.

Sistem pengapian terdiri dari Busi, Koil, Kiprok, ECU, dan sensor penunjang lain hingga bahkan mungkin menjalar ke klep dan sistem kelistrikan. Bisa saja jalur perkabelan ada yang konslet jadinya brebet.


Itulah penyebab motor brebet dan langkah sederhana yang bisa ditempuh untuk mengatasinya.

Motor brebet memang sangat mengganggu, pasalnya mesin motor berputar normal saat Idle dan malah mendut-mendut saat gas di tarik, semakin ditarik semakin brebet dan akhirnya mati.

Padahal lagi buru-buru mau jalan-jalan ke pasar minggu bareng yayang yang baru jadian minggu kemaren.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment