Tanda-tanda Koil motor mulai Mati, nomor 4 yang paling akurat

Koil berfungsi untuk meningkatkan tegangan listrik yang hanya 12 Volt dari aki atau spul menjadi lebih dari 10 ribu Volt.

Seiring masa pakai motor, koil bisa mengalami kerusakan, ditandai dengan beberapa gejala yang bisa di rasakan saat mengendarai sepeda motor.

Tanda-tanda Koil motor mulai soak dan akan mati adalah :
1. Bunga Api kecil

Loncatan bunga api di busi kurang mantap dan berwarna merah. Saat di cek, loncatan bunga api terlihat kecil dan hanya satu dua garis loncatan bunga api saja yang terlihat, meskipun telah menggunakan Busi baru.

2. Tenaga Mesin loyo

Mesin terasa kurang bertenaga dan di susul dengan bensin yang terasa boros karena pengapian tidak sempurna.

3. Motor sulit start saat Dingin

Pada kondisi mesin dingin seperti di pagi hari, mesin sulit dihidupkan, perlu beberapa kali percobaan hingga akhirnya mesin bisa menyala dan itupun butuh waktu untuk membuatnya stasioner.

4. Mesin mati saat Panas

Saat kondisi panas ketika melakukan perjalanan jauh motor tiba-tiba mogok seperti kehabisan bensin dan baru bisa dihidupkan beberapa saat setelah membiarkannya dingin.


Beberapa gejala diatas memang tidak 100% menandakan Koil mati karena bisa saja hanya Busi minta ganti atau karena masalah lain.

Tapi jika motor sering mati saat kondisi mesin panas dan bisa hidup kembali ketika sudah dingin, bisa dipastikan 80% koil bermasalah.

Untuk lebih memastikannya anda bisa mencoba pinjam Koil motor lain, karena harga Koil cukup lumayan jika harus ganti.

Kalaupun tidak bisa mendapatkan pinjaman koil, anda bisa mencoba cara darurat untuk mengatasi Koil motor yang mulai mati yaitu dengan mengkompresnya menggunakan kain yang sudah di basahi dengan air.

Caranya, gunakan kain bekas berbahan kaos kemudian basahkan dengan air dan peras hingga tidak ada air yang menetes. Lalu bungkus koil dengan kain tersebut, sebisa mungkin menutupi seluruh badan Koil.

Jika motor bisa menempuh jarak yang lebih jauh dari biasanya maka bisa di pastikan koilnya minta ganti.

Please Share Artikel "Tanda-tanda Koil motor mulai Mati, nomor 4 yang paling akurat" ini :)

0 Response to "Tanda-tanda Koil motor mulai Mati, nomor 4 yang paling akurat"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.