Teknik Pewarnaan BODI Motor yang bisa dipilih untuk mempercantik Penampilan

Modifikasi motor agar tampk beda bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satu nya adalah dengan merubah warna motor atau menghiasinya dengan motif yang menarik.

Sekarang, teknik pewarnaan bodi motor tidak lagi terpaku pada metode pengecatan. Karena selain dengan mencat bodi motor, atau menghiasinya dengan airbrush, body motor bisa juga di lapisi sticker untuk mempercantik tampilan motor.

Jika anda sedang ingin merubah tampilan motor, mari kita kenali teknik pewarnaan pada bodi motor untuk mempercantik penampilannya.

#1 AIRBRUSH 

Teknik ini sudah lama ada dan dikenal luas dalam dunia modifikasi sepeda motor. Mengecat bodi motor dengan gambar sesuai pesanan pemilik bisa dilakukan seakan melukis diatas kanvas.

Mengecat bodi motor dengan metode airbrush dilakukan dengan bantuan kompresor yang akan menyemprotkan cairan cat yang berlaku layaknya kuas/pensil bagi pelukis.

Memilih mewarnai motor dengan airbrush memiliki pertimbangan berat bagi pemilik motor, salah duanya adalah karena proses kerja yang lama dan harus mengorbankan bodi asli untuk di cat.

Kadang pemilik motor tidak rela jika bodi asli nya harus di airbrush sehingga lebih memilih membeli bodi imitasi agar jika di kemudian hari ingin mengembalikan kondisi motor seperti semula, tidak susah. Tapi biaya nya tentu menjadi lebih mahal.

Teknik airbrush memang dikenal lebih awet dan permanen, tapi harus cari bengkel yang berpengalaman dan menguasai teknik dan keahlian memainkan alat cat khusus airbrush untuk hasil terbaik.

Karena ini pekerjaan seni, jadi tidak bisa kejar tayang, ketelitian dan kesabaran airburshernya di pertaruhkan.

Kalau pas kerja anda recokin terus dengan pertanyaan....

....“kapan bang selesainya”, “kenapa bang kok warnanya begini”, “yang kanan kayaknya miring deh garisnya”, “gambar ini bisa diganti dengan yang itu gak yaa”, "jelek ya kalau warna kuning, ganti biru boleh?".

Motor baru nginep sehari udah nanyain kapan selesai ajah, nanyain ini itu, komentar sana-sini, bisa-bisa wajah Aura Kasih jadi Eli Sugigi.

Repotnya lagi kalau sudah bosan, karena cat permanen tidak bisa dengan mudah di hapus, mau langsung timpa dengan desain baru tentu hasilnya tidak akan maksimal.

Kadung airbrush wajah Han Ga In bagus-bagus di batok motor .. ehh dua bulan kemudian malah putus, hanya karena dia gak biasa makan nasi pecel.

Jadi agak sedikit repot jika harus mengganti gambar nya, setidaknya harus menghapus gambar yang lama, sedangkan luka dihati belum juga pulih, Harus beban ganti batok motor dengan yang asli. Jadi deh warnanya tabrak sana-tabrak sini, batok lampu kemana-bodi kemana.

Kelebihan Airbrush

1. Awet

Karena sifatnya permanen, Airbrush lebih awet setidaknya bisa tahan hingga 5 tahuntanbpap perawatan khusus.

Jika ingin mencuci motor pun tidak perlu treatment khusus meski tetap harus lebih berhati-hati agar cat airbrush tidak lekah kusam.

2. Lebih Detail

Detail pengecatan bisa menjangkau tempat tersulit sekalipun sehingga bisa menutupi seluruh bagian bodi hingga lekukan tersempit.


Kekurangan Airbrush

1. Proses lama

Proses pengerjaan bisa sampai 7 hari, karena memang langkah kerjanya cukup panjang kadang sampai harus melepas bodi dari motor.

2. Mahal

Karena ini kerja seni, yang mana kreafitias kadang tidak bisa mudah dihargai dengan uang maka biaya airbrush relatif mahal.

Minimal anda perlu merogoh kocek untuk membeli satu set bodi cadangan untuk di airbrush jika tidak ingin mengorbankan bodi asli motor.


Jalan alternatif untuk menggantikan air brush ketika ingin mempercantik tampilan motor adalah dengan metode Decal dan cutting stiker kedua metode ini memang tidak seawet air brush tapi lebih parktis, murah dan tidak merusak bodi asli motor.

Jadi kalau bosan atau kadung pasang gambar Luna Maya trus putus, tinggal cabut stikernya ganti poto Nozomi Sasaki, beres.

motor airbrush


#2 CUTTING STICKER

Cutting Sticker pilihan mudah untuk mengganti corak motor biar tampak beda. Cutting menggunakan bahan sticker polos dengan berbagai warna yang kemudian di kombinasikan untukmengahsilkan desain gambar sesuai keinginan.

Pengerjaan Cutting sticker juga lumayan lama tapi tidak selama jika harus di Airbrush. Proses pemasangan cutting sticker pada bodi motor yang memakan waktu lama tapi ini bisa dibicarakan sama empunya jasa. Kapan jadwal yang longgar untuk pemasangan biar motor gak sampai nginap.

Untuk yang cutting menggunakan mesin, desainnya bisa di buatkan dan di pesan jauh-jauh hari hanya saja eksekusinya pada motor yang agak lama.

Sedangkan untuk cutting yang langsung on the spot a.k.a langsung di motor menggunakan cutter, maka prosesnya akan lebih lama tergantung kerumitan desain yang dinginkan. Kalau hanya ngeblok sekujur bodi dengan satu warna saja atau tema dual tone mah cepat.

Cutting sticker merupakan potongan sticker berwarna polos yang disusun sedemikian rupa pada bodi motor sehingga membentuk desain yang diinginkan.

Tapi teknik ini tidak bisa menciptakan gradasi warna dan pilhan desain gambarnya terbatas, kalau pun bisa sangat rumit seperti motif tribal , biaya jasanya akan lebih mahal.

Harga pemasangan cutting sticker mulai dari 300 ribuan .tergantung kerumitan desain gambar.

Keuntungan Cutting Stiker

Warna lebih tahan lama karena warna sticker bukan hasil cetakan tinta melainkan sudah dari sananya.

Sticker terbuat dari bahan khusus yang fleksibel bisa menempel dan menyesuaikan dengan bentuk media tempatnya melekat.

Penggunaan cutting sticker juga lebih murah jika dibanding airbrush dan proses pengerjaan cepat tanpa perlu menginap.


Kekurangan Cutting Stiker 

1. Desain

Desain gambar terbatas hanya sebatas desain berupa garis atau vector yang bisa di proses oleh mesin potong.

2. Warna

Tidak bisa membentuk gradasi warna, kalaupun bisa, pengerjaannya akan semakin rumit dan biaya pun akan menyesuaikan.

Untuk desain yang rumit proses kerja lama khususnya saat menempelkan potongan-potongan stiker ke bodi motor

3. Bisa terkelupas

Wajarlahb karena ini sticker tidak seperti cat. Jika tidak di treatment dengan baik khususnya pada bagian sudut dan bagian sticker yang meruncing. 

 Semain banyak dan kecil potongan sticker semakin besar kemungkina stickewre terkelupas.

4. Tergantung keahlian

Keahlian dan pengalaman yang memasangnya sangat berperan dalam menentukan hasil pemasangan stiker di bodi motor, mood juga bisa berpengaruh.


#3 DECAL STICKER

Decal Sticker di proses dengan mesin printing khusus, setelah gambar yang diinginkan diolah melalui komputer yang terhubung dengan mesin khusus tersebut.

Pilihan desain gambar sticker dengan Decal stiker lebih beragam dan bisa bebas pilih warna desain dan corak.

Untuk mesin yang sudah canggih, setelah stiker di print langsung menjalani proses Cutting jadi output stiker sudah siap di tempelkan pada motor.

Proses pemasangan decal sticker pun relatif lebih cepat, kalau sistem airbrush kadang kita perlu melepasd bodi motor, dengan decal stickere tidak, karena sticker bisalangsung dipasang pada bodi motor.

Tidak perlu khawatir mencang mencong karna lem stiker berbasis solvent sehingga bisa di pasang dengan di beri air terlebih dahulu agar mudah diatur posisinya di bodi motor

motifnya bisa presisi sesuai keinginan karena hasil cetak printer, kalau mau pun gambar foto pacar kamu bisa ditempel di bodi motor tanpa taku thidungnya kemajuan atau bibirnga kurang monyoing.

Kelebihan Decal Sticker

1. Proses kerja lebih cepat

Karena desain stiker sudah sesuai lekukan bodi jadi tinggal di tempelkan saja maksimal 3 jam sudah kelar kalau tidak antri, jadi motor tidak perlu nginap.

2. Desain lebih bebas

Bebas pilih desain karena pewarnaan dikerjakan oleh mesin printer dan komputer, jadi tidak ada masalah dengan warna dan desain.

3. Murah

Decal printer yang paling murah di banding cutting dan airbrush karena proses kerja lebih mudah meskipun investasi alatnya gak bisa dibilang murah juga.


Kekurangan Decal Sticker

1. Tidak bisa menyala

Tidak ada plihan glow in the dark karena perlu tinta khusus untuk mewujudkannya dan pastinya akan lebih mahal.

2. Tidak awet

Warna cenderung tidak awet karena tergantung kualitas tinta print. Tinta print tidak menyatu 100% dengan bahan sticker. 

Beda dengan cutting stiker yang warna stickernya memang adonan khusus pembentuk warna. Meskipun begitu, Decal Sticker bisa tahan hingga minimal 2 tahun.

3. Rawan terkelupas

Sama seperti cutting stiker yang rawan terkelupas khususnya pada bagian sudut dan potongan yang lancip.


Penggunaan sticker untuk melapisi bodi motor semakin marak karena fleksibilitasnya dan kemudahan prosesnya tanpa harus banyak membongkar motor.

Tapi perawatannya harus lebih rajin, pasalnya bahan sticker tidak tahan terhadap panas. Jadi saat parkir, sebisa mungkin meletakkannya di tempat teduh.

Selain itu pada bagian-bagian ujung sticker yang meruncing biasanya mudah terkelupas jadi perlu hati hati saat mengelap atau mencuci motor usahakan, arahkan usapan lap dari permukan lebar ke arah yang runcing.

Penambahan sticker pada bodi motor awalnya bertujuan untuk melindungi bodi dan striping bodi dari lecet dan kusam karena pemakaian. Sehingga motor akan selalu tampak baru meskipun umurnya sudah lama.

Atau ketika nanti motor ingin dijual, tinggal melepas stiker penutupnya dan motor tampak seperti baru sehingga harga jualnya bisa tinggi.

Seiring perkembangannya, pemasangan Sticker in pun bisa didesain agar lebih cantik dan mempercantiuk tampilan motor.

Dengan begini anda menjadi punya banyak opsi apakah ingin Airbrush, Cutting Stiker atau Decal Sticker. Pilihan kembali ketangan dan dompet anda. Semoga bermanfaat.

Please Share Artikel "Teknik Pewarnaan BODI Motor yang bisa dipilih untuk mempercantik Penampilan" ini :)

0 Response to "Teknik Pewarnaan BODI Motor yang bisa dipilih untuk mempercantik Penampilan"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.