4 Tempat Pakan Alternatif untuk AYAM yang bisa DIBUAT sendiri

Makanan yang di berikan pada ayam peliharaan haruslah di letakan pada wadah yang bersih agar ayam mendapat suplai makanan yang higienis dan tidak bercampur dengan kotoran atau benda asing yang ada di tanah.

Tempat pakan ayam berbagai macam jenis dan ukuran bisa di beli di poltry-shop dengan rentang harga beragam dari termurah hingga mahal.

Untuk menghemat biaya untuk ternak ayam, terkadang kita perlu mencari berbagai alternatif, mulai dari alternatif pakan untuk ayam hingga alternatif wadah pakan yang bisa di buat sendiri.

Untuk membantu anda menemukan alternatif wadah pakan, berikut ini adalah referensi 4 wadah pakan alternatif yang bisa di buat sendiri dengan biaya murah bahkan gratis.

1. Tempat Pakan Ayam dari Jerigen

Memanfaatkan jerigen bekas berukuran 5 liter yang sudah tidak terpakai untuk menjadi wadah pakan ayam alternatif.

Untuk membuatnya pun sangat mudah, jerigen bekas di belah dua menggunakan gunting seng lalu di bersihkan dan di tambahkan dua atau tiga batang kayu sebagai pengaman agar makanan yang di letakan dalam wadah tidak di acak-acak (di eker-eker) ayam.

Tempat pakan ayam dari jerigen ini memiliki kelebihan yaitu mudah di bersihkan sehingga makanan yang di berikan pada ayam selalu bersih.



2. Tempat Pakan Ayam dari Kayu

Jika memiliki limbah kayu dari sisa bangunan, bisa di manfaatkan untuk di jadikan wadah pakan ayam alternatif yang bisa dibuat sendiri dirumah.

Cukup buat bentuk kotak dengan ketinggian sekitar 5-10 cm, kemudian bagian bawah di beri alas menggunakan papan. Untuk mencegah ayam mengeker-eker pakan dalam wadah, bagian atas di beri palang melintang agak renggang dengan jarak kira-kira sebesar kepala ayam.



3. Tempat Pakan Ayam dari Botol

Wadah ayam praktis yang bisa dibuat sendiri dengan bahan botol air mineral dan tempurung. Tempat pakan ayam ini bisa digunakan dengan di gantung. Kelebihan Wadah makanan botol adalah memudahkan dalam menakar jumlah pakan yang di berikan pada ayam.

Baca juga : 

4. Tempat Pakan Ayam dari Toples

Tempat pakan ayam alternatif berbahan toples bisa dibuat sendiri dirumah tanpa harus keluar biaya banyak. Wadah toples yang tertutup rapat, bisa melindungi pakan dalam wadah dari kotoran atau kontaminasi kotoran ayam.

Baca juga:

Itulah 4 tempat pakan alternatif yang bisa dibuat sendiri dengan memanfaatkan limbah/barang yang tidak terpakai disekitar kita tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Tentunya masih banyak lagi kreasi tempat makanan ayam yang bisa dibuat tergantung dengan kreatifitas kita memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitar. Semoga bermanfaat.

Please Share Artikel "4 Tempat Pakan Alternatif untuk AYAM yang bisa DIBUAT sendiri" ini :)

0 Response to "4 Tempat Pakan Alternatif untuk AYAM yang bisa DIBUAT sendiri"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.