Umur 28, saatnya ayam mulai di keluarkan dari kandang Brooding

Menginjak umur 28 hari, ayam kampung super mulai di keluarkan dari kandang brooding karena tampak sudah sesak dan sulit bergerak sehingga mulai sering terjadi perselisihan di antara ayam.

Sebelum mengeluarkan ayam dari kandang brooding, pastikan lantai tanah di kandang besar sudah bebas dari benda asing yang kemungkinan bisa termakan oleh ayam dan dapat mengganggu pencernaan ayam.

Beberapa waktu lalu sempat tercyiduk seekor ayam menelan tali sepatu yang lumayan panjang. Untung saja sempat ketahuan dan masih terlihat ujung tali sepatu di ujung paruhnya, sehingga masih bisa di keluarkan dengan ditarik perlahan-lahan.

Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga kebersihan kandang dari benda-benda yang bisa membahayakan ayam ternak.

Untuk tempat pakannya, anda bisa menggunakan tempat pakan ayam khusus yang biasanya di pakai atau buat sendiri dari barang bekas yang ada di sekitar rumah.

Bisa pakai jerigen bekas atau kayu, yang penting ada tempat pakannya, jangan sampai di tebar langsung diatas tanah karena bisa tercampur dengan kotoran ayam dan berpotensi menjadi sumber penyakit.

Saat pintu kandang brooding di buka, sebagian ayam langsung lompat keluar kandang, sebagian lagi ada yang malu-malu, ada juga yang masih mengamati situasi dan ada yang tidak peduli.

anak ayam kampung super,kandang ayam kampung

Namun tak berapa lama, sebagian besar ayam sudah turun ke tanah, ada yang naik lagi ke kandang brooding, mungkin ngambil sesuatu yang ketinggalan hehehe.

Sebenarnya ini terhitung telat untuk mengeluarkan ayam dari kandang brooding. Ayam umur 3 minggu seharusnya sudah bisa di keluarkan karena ukuran ayam sudah cukup besar dan kandang brooding sudah tidak memadai untuk menampung populasi ayam sebanyak 97 ekor.

Penundaan itu karena karung tempat pakan ayam juga di simpan dalam kandang, bisa-bisa nanti pakan ayam dalam karung habis sebelum waktunya karena di patoki ayam. Jadi sekalian menunggu stok pakan habis barulah ayam di turunkan dari kandang brooding.

Jadi setelah ayam berumur 28 hari barulah ayam turun ke tanah, jadi ayam sekarang berada dalam kandang besar namun tetap dalam kandang tertutup.

Mungkin nanti catatan ini bisa menjadi referensi dan bahan evaluasi untuk bisa di review kembali pada periode ternak selanjutnya.

Semoga bisa juga bermanfaat untuk anda yang sedang memulai atau sedang ingin beternak ayam khususnya jenis ayam kampung super. Semoga bermanfaat.

Please Share Artikel "Umur 28, saatnya ayam mulai di keluarkan dari kandang Brooding" ini :)

0 Response to "Umur 28, saatnya ayam mulai di keluarkan dari kandang Brooding"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.