Gedebok pisang, pakan Alternatif untuk Ayam

Beberapa waktu lalu saat Ayam Kampung Super berumur 2 minggu sudah mulai di beri tambahan kangkung sebagai pakan alternatif untuk ayam.

Selain kangkung, banyak bahan lain yang bisa dijadikan makanan alternatif untuk Ternak Ayam.

Gedebok pisang atau batang pisang adalah salah satu yang bisa dijadikan makanan alternatif untuk ayam khususnya ayam kampung super.

Pemberian gedebok pisang tentu tetap harus di campur dengan pakan ayam lainnya seperti konsetrat, dedak atau jagung.

Dengan pemberian campuran gedebok pisang, maka penggunaan pakan pabrik bisa di tekan. Gedebok pisang bisa di tambahkan hingga 50% kedalam campuran pakan.

Namun sebaiknya, pemberian campuran pakan seperti gedebok pisang adalah saat umur ayam sudah lebih dari 30 hari atau sudah cukup besar dan sistem metabolisme tubuhnya sudah sempurna.

Jika pemberian pakan alternatif untuk ayam berupa campuran gedebok pisang pada ayam umur dibawah 3 minggu, di khawatirkan pencernaan ayam belum mampu mencerna sempurna batang pisang yang di berikan.

Kecuali kalau sudah berpengalaman beternak ayam pastilah bukan masalah mencampur atau mengkombinasikan makanan alternatif untuk ayam.

Tapi bagi yang masih pemula seperti saya, maka perlu berhati-hati ketika akan memberi campuran tambahan ke makanan ayam.

Lebih aman jika memberi pakan full pabrik sejak ayam DOC hingga umur 30 hari. Selain lebih praktis, juga menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kematian pada ayam karena pemberian pakan yang tidak sesuai.

Baca juga :

Proses pengolahan gedebok / batang pisang menjadi pakan alternatif untuk ayam tidaklah terlalu sulit. Anda hanya perlu menyiapkan batang pisang yang di ambil bagian tengahnya.

Kemudain batang pisang tersebut di cacah atau di potong / dirajang kecil kira-kira sebesar mulut ayam.

Gedebok pisang, pakan Alternatif untuk Ayam, batang pisang untuk makanan ayam

Gedebok pisang untuk makanan alternatif untuk ayam bisa di rajang menggunakan pisau/parang atau menggunakan gunting setelah sebelumnya di potong memanjang kecil-kecil.

pakan alternatif untuk ayam, batang pisang, gedebok pisang

Setelah di potong kecil, lalu campurkan gedebok pisang tersebut dengan dedak, jagung giling dan konsentrat.

Bila perlu, tambahkan air lalu aduk merata hingga campuran kalis dan menyatu dengan sempurna.

Gedebok pisang, pakan Alternatif untuk Ayam,batang pisang untuk makanan ayam

Untuk awal-awal pemberian gedebok pisang, sebaiknya di berikan dalam persentase yang sedikit untuk pengenalan. Nanti kalau ayam sudah mulai terbiasa, barulah takaran gedebok pisang di tambah hingga 40-50%.

Pemberian pakan campur gedebok pisang bisa di selang seling dengan pakan pabrik.

Jadi misalnya jika anda memberi makan ayam 2 kali sehari (pagi dan sore), maka pemberian pakan campur gedebok pisang bisa di berikan pada pagi hari, nanti sore harinya tetap di beri pakan full pabrik atau tergantung bagaimana Anda mensiasatinya dengan memperhatikan perkembangan ayam setelah di beri pakan campur batang pisang ini.

Itulah informasi tentang pakan alternatif dari gedebok pisang untuk ternak ayam khususnya ayam kampung super. Semoga bermanfaat.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment