Mengapa Pertumbuhan Ayam Tidak Sama

Terkadang yang jadi pertanyaan bagi peternak pemula seperti saya adalah mengapa pertumbuhan ayam tidak sama. Ada yang besar, ada yang kecil, dan ada yang sedang-sedang saja

Dari pengamatan selama beternak ayam dari umur DOC hingga umur sebulan, didapat kesimpulan yang mungkin menjadi penyebab mengapa pertumbuhan atam tidak sama.

Selama ini ayam DOC di beri pakan BR1 secara full tidak pernah henti. Dan terus full-tank hingga stok pakan dalam karung habis. Begitupun dengan air minumnya yang selalu terisi.

Namun setelah ayam di keluarkan dari kandang brooding, pemberian pakan di letakan pada wadah yang di buat sendiri dari jerigen bekas yang di belah dua.

mengapa pertumbuhan ayam tidak sama

Kesimpulan yang dapat diambil mengapa pertumbuhan Ayam tidak sama disebabkan karena :

1. Jumlah tempat Pakan dan Minum

Salah satu kemungkinan pertumbuhan ayam tidak merata adalah karena disebabkan tempat makan ayam yang kurang banyak, sehingga terjadi persaingan dalam merebut makanan yang ada dalam wadah dan ayam yang kalah bersaing akhirnya tersisih dan tidak dapat makan dengan baik dan benar.

Dalam kandang brooding sebenarnya sudah di sediakan 3 wadah makan custom dari botol mineral dan satu wadah minum untuk 100 ekor DOC dan satu wadah tempat minum.

Idealnya, menururt para ahli yang sudah berpengalaman, satu tempat pakan ayam berukuran 5 kg bisa digunakan untuk 30-35 ekor ayam.

Sedangkan pada kondisi kandang yang kami gunakan, seratus ekor ayam di pasok oleh tiga tempat pakan ayam yang terbuat dari botol air mineral kapasitas 1.5 liter satu buah, pakan ayam dari toples kecil satu buah dan tempat pakan khusus ayam ukuran medium satu buah.

Baca juga : 4 Tempat Pakan ayam buatan sendiri

Menurut perhitungan ideal, jumlah tempat pakan ini termasuk tidak ideal. Walaupun tempat pakan ayam selalu di kondisikan dalam keadaan penuh sepanjang waktu.


2. Faktor Genetik

Kemungkinan selanjutnya adalah karena memang dari sananya alias sudah bawaan lahir. Meskipun DOC Ayam KAmpung SUper yang di pilih kali ini termasuk produk unggulan dari pemasok yang sudah berpengalaman, tetap saja ada kemungkinan perbedaan karakterisitik tubuh ayam.

Sama seperti manusia, ada yang badannya cepat besar ada juga yang cenderung kecil meskipun makannya banyak. Yaa gak?

Jadi sebenarnya, sudah karakter alami nya begitu sehingga pertumbuhan ayam tidak merata.


3. Pencampuran Ransum

Kemungkinan lainnya adalah karena pemberian ransum yang tidak stabil. Kadang peternak perlu melakukan sedikit efisiensi dengan mencampur pakan untuk ayam. Campuran pakan untuk ayam ini bisa berupa apa saja mulai dari sayuran, buah-buahan, gedebok pisang, ikan, atau lainnya.

Campuran pakan yang tidak stabil dapat mempengaruhi pertumbuhan ayam menjadi tidak merata karena jumlah nutrisi yang di perlukan oleh ayam tidak terpenuhi.


4. Luas Kandang

Luas kandang, kandang yang terlalu sempit atau terlalu luas bisa mempengaruhi pertumbuhan ayam menjadi tidak sama. Kandang yang terlalu sempit akan membuat ayam sulit bergerak sehingga persaingan merebutkan makanan akan semakin ketat.

Sebaliknya, kandang yang terlalu luas akan membuat ayam akan aktif bergerak sehingga energi yang diserap dari makanan akan terbuang karena aktifitas ayam berlarian kesana kemari dalam kandang.

Suhu kandang brooding, pengaruh suhu kandang brooding yang tidak tepat akan mempengeruhi naksu makan ayam. Jika terlalu panas maka ayam akan sering minum tapi kurang makan tapi sebaliknya jika terlalu dingin maka ayam pun hanya akan bergerombol dan tidak minat untuk makan.

Sehingga pada bagian kandang tertentu yang suhu kandangnya memadai, pertumbuhan ayam akan lebih baik sedangkan pada bagian kandang lainnya mungkin petumbuhan ayam kurang maksimal karena suhu kandangnya tidak ideal. Pada akhirnya pertumbuhan ayam tidak sama.


Itulah kira-kira yang bisa menjadi penyebab mengapa pertumbuhan ayam tidak sama dan seragam. Jika ada yang perlu di tambahkan, sudilah kiranya menyampaikan melalui kolom komentar agar bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua. Semoga bermanfaat.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment