Cara Mengganti NOMOR WhatsApp

Pengguna WhatsApp semakin hari semakin banyak, hal ini tak lepas dari kemudahan yang di berikan aplikasi yang satu ini serta berbagai fitur menarik yang ditawarkannya. Salah satunya adalah kemudahan pendaftaran yang hanya memerlukan nomor telepon saja.

Pada penggunaannya, terkadang kita ingin mengganti nomor WhatsApp dengan nomor baru atau nomor kita yang lainnya. Jaman sekarang setidaknya kita punya dua nomor, yaa gak? Demi mencari paketan terbaik dan termurah :).

Tapi pertimbangan serta kekhawatiran akan kehilangan history percakapan yang selama ini terjalin, menjadi salah satu sumber keraguan.

Kalau hanya untuk mengganti nomor sih tidak sulit, cukup beli kartu baru, daftarkan, selesai.

Masalahnya disini kita pasti akan memiliki pekerjaan tambahan untuk mempublikasikan/memperkenalkan nomor baru tersebut kesemua kenalan, rekan dan handai taulan yang ada di daftar kontak.

Kecuali jika tujuan ganti nomor WA adalah untuk melarikan diri, yaa .... lain lagi ceritanya :).

Oke, untuk mengganti nomor WhatsApp tanpa harus khawatir kehilangan kontak dan history chat yang ada dinomor lama, begini langkah-langkahnya.

Pertama buka aplikasi WhatsApp yang ada di ponsel kemudian Tap pada ikon titik tiga yang ada dipojok kanan atas dari tampilan WA.

Disitu nanti akan muncul menu yang salah satunya adalah menu Setting, tap pada menu setting tersebut.

Cara Mengganti NOMOR WhatsApp


Lalu selanjutnya akan muncul beberapa pilihan menu, langsung saja pilih Account.

Cara Mengganti NOMOR WhatsApp


Selanjutnya pilih Change number, dan Tap Next pada halaman pemberitahuan mengenai perubahan nomor telepon WA.

Cara Mengganti NOMOR WhatsApp


Kemudian untuk melanjutkan proses mengganti nomor WhatsApp, Anda di wajibkan untuk mengisi nomor WA lama dan nomor WA baru/pengganti.

Isikan nomor lama anda pada kolom atas dan nomor baru di kolom bawah lalu Tap Next.

Cara Mengganti NOMOR WhatsApp


Selanjutnya anda di beri pilihan apakah ingin memberitahukan rekan anda terkait penggantian nomor WA atau tidak.

Anda bisa mencentang pilihan Notify my contact, pilih All contacts agar semua rekan anda mendapat pemberitahuan bahwasanya anda telah mengganti nomor WA. Atau hanya orang tertentu saja yang mendapat pemberitahuan.

Cara Mengganti NOMOR WhatsApp


Selanjutnya anda perlu mengkonfirmasi atau memverifikasi nomor baru Anda dengan mengisikan kode yang dikirimkan melalui SMS ke nomor WA yang baru.

Cara Mengganti NOMOR WhatsApp


Selesai... Anda telah berhasil mengganti nomor WhatsApp tanpa kehilangan history chat yang sudah ada.

Cara Mengganti NOMOR WhatsApp


Proses mengganti nomor WA sebenarnya sangatlah mudah, hanya saja efek domino yang menyertainya kadang membuat orang enggan atau ragu-ragu untuk mengganti nomor WA.

Apalagi kalau jaringan lagi error yang bikin proses mengganti nomor WhatsApp menjadi terhambat hingga muncul pesan bahwa penggantian nomor WA tidak bisa dilakukan, malah sampai nyuruh reboot segala.

Cara Mengganti NOMOR WhatsApp


Terkadang orang enggan dan ragu mengganti nomor WA karena khawatir nomor kontak terhapus, khawatir chat yang terkirim dan yang sudah di terima terhapus, dan beragam kekhawatiran lainnya.

Untuk itu berikut ini adalah beberapa hal yang perlu di ketahui ketika ingin mengganti nomor WhatsApp.

#1. Mengganti nomor WA dengan cara diatas, tidak akan menghilangkan/menghapus kontak. Karena kontak telepon biasanya tersimpan di memory ponsel atau di kartu SIM, bukan di aplikasi WA.

#2. Mengganti nomor WA dengan cara diatas, tidak akan menghapus history chat yang terkirim ataupun di terima.

#3. Ketika rekan anda menghubungi nomor WA yang lama (chat, voice call, video call), maka panggilan tersebut tidak akan teralihkan ke nomor baru.

#4. Jika anda sempat melakukan pemblokiran nomor di WA lama, maka nomor yang terblokir tersebut tidak akan terblokir di nomor WA baru.

Lagipula nomor yang anda blokir tersebut tidak akan tau jika anda ganti nomor, kecuali kalau dia kepoin di orang terdekat atau di grup yang anda ikuti.

#5. Ketika suatu saat anda berubah pikiran dan ingin kembali menggunakan nomor lama anda untuk WA, maka Anda bisa tetap bisa melakukannya dengan prosedur sama dengan langkah diatas.

#6. Mengganti nomor WA tidak akan mengeluarkan anda dari grup yang anda ikuti.


Itulah kiranya langkah-langkah atau cara mengganti nomor WhatsApp dan beberapa hal yang berkaitan dengan penggantian nomor WA. Semoga bermanfaat.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment