Cara mengatasi Layar mati saat Telepon

Handphone Android ini memang pintar, dia bisa mendeteksi perilaku penggunanya saat berinteraksi dengan ponsel android tersebut.

Salah satunya ketika ponsel android di gunakan untuk menelepon. Saat melakukan sambungan telepon maka secara otomatis layar ponsel akan mati. Hal ini bukan tanpa sebab.

Layar telepon ponsel android otomatis mati saat bertelepon bertujuan agar ketika pipi menyentuh layar telepon, tidak terjadi perintah yang tidak disengaja karena sentuhan pipi bisa terdeteksi sebagai layaknya sentuhan jari dan bisa saja membuka atau menjalankan aplikasi secara tidak sengaja, atau malah menutup sambungan telepon yang sedang berlangsung.

Sebuah fungsi yang sangat bermanfaat sebenarnya. tapi pada kondisi tertentu dan pada pribadi tertentu, fitur ini kadang terasa mengganggu.

Ada kalanya ketika menelepon sesorang, kita ingin tetap melihat kelayar untuk memastikan apakah hubungan telepon sudah tersambung atau memastikan nomro yang di telepon sudah benar.

Masalahnya ketika sensor Proximity aktif maka layar akan otomatis ketika mendapatkan perbedaan intesitas cahaya yang meredup dari sekitar yang di definisikan bahwa telepon sedang menmpel di telinga maka layar akan mati.

Seketika telepon di jauhkan dari telinga, layar kadang butuh waktu untuk menyala kembali, menunggu reaksi dari sensor mendeteksi jumlah cahaya yang masuk.

Repotnya kalau ternyata kita menyadari bahwa telah salah menghubungi nomor yang dituju tapi layar terlanjur mati maka kita tidak bisa dengan cepat menutup telepon. Jadinya kelabakan.

Nah untungnya fitur ini bisa dimatikan atau di nonaktifkan.

Jadi Cara mengatasi layar yang mati saat telepon adalah dengan menonaktifkan fitur Proximity-nya.

Sebagai contoh seperti yang bisa dilakukan pada Handphine Evercoss ber system operasi Android Nougat berikut ini.

cara mengatasi telepon mati saat telepon

Untuk mengatasi layar mati saat telepon adalah sebagai berikut ;
  1. Buka Ikon Telepon yang biasanya adadi layar muka atau menu utama
  2. Selanjutnya Tap pada ikon tiga titik di bagian kanan atas yang nanti kemudian akan muncul pilihan menu, tap pada pilihan Call Settings.
  3. Selanjutnya Nonaktifkan sensor Proximity
  4. Selesai

Sangat mudah sekali bukan....kini anda tidak perlu lagi terganggu layar yang tiba-tba mati saat menelepon. Sebenarnya fitur ini sangat membantu seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Tapi kadang kala kinerja sensor terlalu sensitif menonkatifkan layar meskipun ponsel tidak di tempelkan di telinga, hanya karena kondisi pencahayaan dalam ruangan sedang redup.

Demikianlah cara mengatasi layar mati saat ber telepon, semoga bermanfaat.


Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment