Cara membuka Casing Laptop Asus A42F

Membuka / membongkar casing laptop Asus A42F memiliki bermacam tujuan mulai dari membersihkan atau mengatasi kerusakan pada hardware laptop.

Punya Laptop harus dirawat, selain perawatan Software, perawatan Hardware pun harus dilakukan agar supaya laptop bisa awet dan tahan lama.

Gejala gangguan yang biasa terjadi pada laptop adalah Hang, sering restart atau mati tiba-tiba

Salah satu problem pada laptop adalah Overheating. Panas dari dalam laptop di keluarkan dengan bantuan kipas dan didinginkan oleh sirip pendingin (heatsink).

Baca juga : Macam-macam pendingin CPU Komputer.

Laptop ini sering kali Restart tiba-tiba dan mati tiba-tiba. Terkadang juga sering blue screen karena mungkin kondisi memorinya sudah mulai "soak".

Karena keseringan restart dan di cek suhu dengan bantuan Core Temp terlihat bahwa suhu kerja laptop terlalu tinggi, terang saja jika ia sering restart sendiri, pasti karena overheating.

Akhirnya di putuskan untuk membongkar laptop Asus A42F dengan target operasi membersihkan kipas pendingin dan mengganti thermal pasta prosesor.

Proses membongkar casing Laptop Asus A42F pun dimulai dengan mempersiapkan alat dan bahan.

Alat yang perlu di siapkan adalah obeng kembang, kalau punya obeng set - akan lebih baik lagi, siapkan juga kuas untuk membersihkan debu dalam laptop.

Bahan yang di perlukan adalah thermal pasta untuk prosesor, terserah yang harga berapa saja yang penting muat di kantong. Lebih mahal tentu lebih bagus, beli yang ukuran kecil saja, tidak perlu banyak-banyak karena nanti hanya kepakai sedikit.

Kalau semua alat dan bahan sudah siap, mari kita mulai membuka casing Laptop Asus A42F.

Pertama letakan laptop di media datar dengan posisi terbalik, kita akan mulai membuka casing laptop Asus dari bagian bawah.

Lepas baterai laptop, Kendurkan dan lepas semua baut yang terlihat, perhatikan ukuran baut karena ada yang panjang dan pendek.

Cara membuka Casing Laptop Asus A42F

Buka tutup Memory dan Hardisk dan lepaskan hardisknya sekalian.

Lepas juga CD Room, CD Room laptop ini sudah lama tidak berfungsi, jadi hanya aksesoris saja, lagian jaman sekarang sudah hampir tidak pernah buka file dari Compact Disk (CD) kecuali kalau perlu instal Windows dan Driver Printer. Tapi untuk urusan itupun sudah bisa pakai FlashDisk.

Di samping hardisk ada baut yang mengikat casing laptop Asus A42F ini, jangan lupa dilepas sekalian.

Kemudian di sekitaran CD Room ada 3 baut yang mengikat Casing dan posisinya terhalang CD Room, baru akan kelihatan jika CD Room dilepas.

Cara membuka Casing Laptop Asus A42F

Sedikit cerita mengenai Laptop Asus A42F, Laptop ini cukup lumayan awet, umurnya sudah 7 tahun, tidak banyak masalah yang terjadi pada laptop ini. Hanya sempat mengalami kerusakan pada hardisknya dan harus diganti, kerusakan lainny adalah kondisi CD Room sudah tidak bekerja normal.

Baca juga : Cara mengatasi CD Room laptop yang bermasalah

Laptop ini bisa di katakan awet mengingat jam kerjanya yang tinggi dan biasa menyala selama 15 jam setiap harinya.

Dan di umurnya yang 7 tahun ini, laptop Asus A42F mulai mengalami masalah yang terlalu sering restart dan mati tiba-tiba, Oleh karena itu tuduhan utama di tujukan pada gejala panas berlebihan.

Gejala overheating di sinyalir karena disebabkan saluran sirip pendingin buntu dan atau Thermal paste prosesor sudah keras dan tidak aktif.

Baca juga : Bikin sendiri Pendingin Laptop Super cooler

Oke sekian dulu ceritanya mari kita lanjut bongkar-bongkarnya, selesai bagian bawah laptop sekarang kita menuju ke atas laptop, balik posisi laptop dan buka laptop hingga keybord dan layarnya terlihat.

Lepaskan keyboard laptop Asus A42F, kemudian lepaskan soket penghubung Touchpad dengan mainboard.

Baca juga : Cara mengganti keyboard Laptop Asus A42F

Geser kunciannya ke arah kiri lalu tarik kabel fleksibel keluar dari slotnya dengan hati-hati, BENAR-BENAR Hati-hati!!!!. Karena ini merupakan laptop berumur, dikhawatirkan plastiknya sudah getas dan mudah patah kalau tidak hati-hati.

Cara membuka Casing Laptop Asus A42F

Setelah soket sambungan touchpad laptop Asus A42F ini terlepas, selanjutya lepaskan baut pengunci casing bagian atas laptop.

Perhatikan dan ingat letak dan ukuran baut karena ada yang panjang ada juga yang pendek. Sebaiknya anda memisahkan baut bagian bawah dengan baut bagian atas serta baut bagian dalam lapstop agar anda tidak bingung saat memasangnya nanti.

Kalau semua baut sudah terlepas, saatnya membuka casing laptop Asus A42F. Anda bisa mencukit sisi samping celah antara casing atas dan casing bawah dengan menggunakan mika kartu SIM atau kalau ada bisa pakai Pick Gitar.

Setelah Pick gitar bisa masuk di celah casing laptop, arahkan / giring pick gitar mengelilingi semua sisi laptop hingga terdengar bunyi kratak-kratak yang menandakan kuncian pengait casing laptop asus a42f sudah terlepas.

Untuk proses ini usahakan untuk selalu menggunakan bahan selain logam atau besi agar tidak melukai casing laptop asus a42f.

Cara membuka Casing Laptop Asus A42F

Setelah casing atas terlepas, maka anda akan melihat mainboard Asus A42F, bergembira???

Tenang ….. tugas masih belum selesai, karena untuk menjangkau prosesor, masih ada beberapa baut lagi yang harus di lepas. Istirahat sejenak sambil ngudut dan ngopi.

Kalau ngopi nya sudah, mari kita lanjut lagi prosesnya.

Buka baut pengikat mainboard tapi sebelumnya lepaskan terlebih dahulu soket penghubung mainboard dengan monitor dan soket penghubung ke Card Reader (seperti terlihat pada gambar berikut ini).

Cara membuka Casing Laptop Asus A42F

Untuk melepas soket ke monitor, dorong dengan hati-hati pengunci kabel fleksibelnya seperti yang terlihat pada panah kuning di gambar diatas.

Setelah baut pengikat mainboard sudah dilepaskan maka anda sudah bisa melihat heatsink dan sejengkal lagi kita pun bisa melihat prosesornya dan mengganti pasta-nya.

Cara membuka Casing Laptop Asus A42F

Lepaskan Baut pengikat heatsink di prosesor, lepas slot soket kabel daya kipas dari mainboard dan angkat heatsinknya. Dari sini anda sudah mulai bisa mengerjakan misi utama untuk mengganti pasta Prosesor sekaligus membersihkan kipas pendingin.


Cara ganti Pasta Prosesor Laptop Asus A42F

Bersihkan permukaan Heatsink yang bersentuhan dengan prosesor, bersihkan juga permukaan prosesor dari sisa pasta yang menempel.

Sisa pasta bisa dibersihkan menggunakan alkohol yang di tetesi pada kain lap halus. Bersihkan perlahan, jangan sampai baret.

Setelah bersih, diamkan agar kering sejenak... Anda bisa sekalian membersihkan Kipas Pendingin Laptop agar nanti laptop kembali prima saat di gunakan.

Baca Juga : Cara Bersihkan kipas pendingin Laptop Asus A42F

Setelah hajat (membersihkan dan mengganti pasta prosesor) selesai di lakukan, rakit kembali semua bagian-bagian laptop.

Cara membuka Casing Laptop Asus A42F

Mulai dari membubuhkan Thermal Pasta pada prosesor. Berikan sedikit saja Thermal Paste di permukaan prosesor. Bubuhkan thermal paste berbentuk bulat menggumpal tepat di tengah prosesor, nanti akan menyebar merata saat heatsink di tempelkan diatasnya.

Selanjutnya mulailah merakit satu persatu komponen Laptop.

Proses pasangnya relatif lebih mudah tapi perlu diperhatikan letak baut jangan sampai ada baut yang tidak terpasang atau tertukar posisinya dan jangan sampai lupa juga memasang soket penghubung yang dilepaskan tadi.

Saat membongkar casing laptop Asus A42F ataupun barang lain dengan jumlah baut yang cukup banyak sebaiknya bautnya dipisahkan bagian per bagian. Bagian luar atas-bawah dan dalam laptop di simpan dalam wadah terpisah agar tidak bingung nanti saat pemasangannya.

Cara membuka Casing Laptop Asus A42F

Setelah dilakukan pembersihan dan penggantian pasta prosesor, hasil nya, temperatur kerja laptop lebih dingin dari sebelumnya dan laptop tidak suka restart dan mati tiba-tiba lagi.

Demikianlah cara melepas / membuka casing laptop Asus A42F, semoga bermanfaat.

Warning : Membongkar Laptop adalah pekerjaan yang cukup beresiko. Jika anda tidak yakin bisa mengerjakannya, sebaiknya serahkan pada ahlinya. Jika anda ingin tetap membongkarnya sendiri, Please Do it with Your Own Risk.

Share Informasi "Cara membuka Casing Laptop Asus A42F" ini ke temanmu :)