Cara mengatasi masalah Aplikasi yang tidak bisa di update Play Store

Solusi Aplikasi tidak bisa di update Play Store sangatlah gampang. Memang adakalanya kita gagal mengupdate aplikasi ketika muncul notifikasi bahwa ada update baru dari playstore.

Gejala ini umumnya di karenakan koneksi lagi lemot, jaringan sedang sibuk, ruang penyimpanan penuh atau terlalu banyak cache aplikasi yang tidak pernah di bersihkan.

Coba kita lihat satu persatu penyebabnya.

Penyebab Aplikasi tidak bisa di Update lewat Play Store

1. Koneksi internet lemot

Koneksi internet kadang berada pada kondisi terburuk seperti saat hujan atau posisi lagi terhalang banyak tombok gedung pencakar langit. Saat seperti inilah yang menyebabkan proses update tidak stabil dan akhirnya aplikasi gagal ter-update.


2. Jaringan sedang sibuk

Tidak hanya kita saja sebagai pegawai atau pengusaha yang sibuk, jaringan internet juga kadang suka sibuk sendiri. 

Misalnya saat on peak, dimana banyak orang mengakses internet di waktu yang sama. 

Atau bisa juga karena ponsel kita yang terlalu sibuk mengakses internet, ada aplikasi yang sibuk update status terkini dari grup yang diikuti atau kita sedang mendownload sesautu file yang membuat jaringan internet terbagi antara update aplikasi dan download file.


3. Ruang penyimpanan penuh

Update aplikais membutuhkan ruang penyimpanan untuk meletakan file-file yang di butuhkan untuk mengupdate aplikasi yang bersangkutan. Jika ruang penyimpanan tidak memadai, maka otomatis aplikasi tidak bisa di update.


4. Terlalu banyak Cache

Aplikasi yang berjalan di ponsel android akan menyimpan/merekam jejak riwayat selama aplikasi tersebut berjalan.

Cache ini berguna untuk mempercepat loading aplikasi yang bersangkutan agar ketika setiap aplikasi dijalankan maka tidak perlu mendownload semua data yang di perlukan. 

Jadi sebagian data akan tersimpan di ponsel dan ini lama kelamaan akan menumpuk menjadi seperti residu jika tidak dibersihkan.

Aplikasi tidak bisa di update Play Store

Setelah mengetahui penyebab kenapa aplikasi android tidak bisa di update play store, selanjutnya mari kita lihat solusinya.

Solusi Aplikasi tidak bisa di update Play Store

1. Jaringan lemot

Jika aplikasi tidak bisa di update karena maka upayakan untuk mendapat koneksi yang terbaik saat akan mengupdate aplikasi. Kalau hujan yaa tunggu reda, atau kalau memang posisi lagi terhalang gedung tinggi, coba cari lokasi yang lapang.


2. Jaringan sibuk

Jika jaringan sedang sibuk karena lagi on peak, sebaiknya cari waktu lain atau tunda dulu mengupdate aplikasi hingga sekiranya koneksi agak longgar. Biasanya dimalam dini hari atau di jam-jam pulang kantor.

Jika jaringan sibuk karena ponsel anda terlalu banyak mengakses internet seperti download file maka selesaikan dulu download file tersebut baru lakukan update aplikasi. Dan sebisa mungkin kurangi akses internet dari aplikasi lain ketika ingin melakukan update aplikasi.


3. Cek ruang penyimpanan

Coba cek ruang penyimpanan internal ponsel apakah penuh, jika ia, luangkan waktu sejenak untuk menghapus beberapa aplikasi atau game yang tidak perlu atau jarang di gunakan/mainkan. Sisakan setidaknya 50-100 MB memori internal yang lowong


4. Clear Cache

Lakukan clear chace terhadap aplikasi yang ingin di update, jika perlu aplikasi lainnya pun bisa di clear chace sekalian.

Bisa juga sekalian clear chace dan clear data Google Play Service dengan membuka menu 
Setting > Apps > Google Play Service > lalu Clear Data dan Cache.
(INGAT!!, setelah lakukan clear data, anda harus login kembali di playstore).


5. Instal ulang Aplikasi

Jika masih gagal juga, instal ulang saja aplikasi. Download kembali aplikasinya di playstore dengan yang baru, tapi konsukensinya, anda bisa saja kehilangan semua riwayat selama penggunaan aplikasi tersebut.

Misalnya jika aplikasi tersebut adalah WhatsApp, maka ketika di instal ulang, maka semua riwayat chat bisa saja hilang kecuali jika anda sempat mem-backupnya pesan whatsapp terlebih dahulu.


6. Apikasi bantuan

Jika masih belum bisa, dan masih memungkinkan menginstal aplikasi baru untuk membantu membersihkan memory dari residu sisa-sisa aplikasi terdahulu yang sudah dihapus (uninstal) tapi mungkin masih meninggalakn residu di memory internal ponsel. Coba instal aplikasi pembersih cache seperti clean master dan restart ponsel anda.


Itulah solusi yang bisa di lakukan ketika menemukan sebuah aplikasi android tidak bisa di update play store. Semoga bermanfaat.

Share Informasi "Cara mengatasi masalah Aplikasi yang tidak bisa di update Play Store" ini ke temanmu :)