Tidak bisa konek Internet? cek setingan SIM Card!

Bagi pengguna Smartphone saat ini sudah sangat jamak menggunakan dua SIM Card dalam satu ponsel.

Hal itu dimungkinkan karena umumnya ponsel sekarang ini sudah mendukung Dual SIM Card Dual On.

Pengguna Ponsel pun sangat memanfaatkan fasilitas ini semaksimal mungkin untuk mendapatkan kualitas jaringan yang terbaik sesuai kebutuhan atau sesuai kantong.

Namun kadang kala Fitur Dual SIM ini membuat bingung atau khilaf bagi pengguna ponsel. Tak jarang yang mengalami kendala karena ponselnya tidak bisa konek padahal baru saja isi pulsa atau kuota.

Hal ini seringkali terjadi dimana ponsel susah konek atau bahkan tidak bisa konek sama sekali ke jaringan internet.

Mengapa bisa begitu???

Kenapa ponsel tidak bisa konek padahal kuota baru saja diisi??

Penyebabnya terkadang sederhana yaitu hanya karena lupa melakukan pengaturan Slot SIM untuk akses data.

Misalnya begini, umumnya pengguna ponsel memasukan nomor utama ke Slot SIM 1 sedangkan Slot SIM 2 khusus untuk akses Data.

setting sim card ponsel android

Pada ponsel tertentu ketika di restart (misalnya karena kehabisan baterai), maka pengaturan SIM akan berubah menjadi default. Artinya akses data akan di layani oleh SIM 1 sebagai defaultnya.

Ini yang menjadi koneksi internet sulit. Karena SIM 1 tidak di modali kuota, atau kalaupun konek maka akan sesaat akan langsung Disconnect ketika pulsa reguler habis.

Jadi ketika koneksi internet sulit, maka cek pengaturan SIM card,, mungkin saja berubah karena ponsel habis restart.

Selain penyebab pengaturan akses data oleh SIM Card antara SIM 1 dan 2 yang berubah, bisa jadi koneksi sulit juga karena pengaturan jaringan yang tidak sesuai kuota yang dimiliki.

Misalnya Anda memiliki kuota khusus jaringa 4G tapi kartu SIM anda diatur hanya mengcover jaringan 3G, otomatis jaringan internet tidak dapat diakses sempurna.

Perlu di ketahui, pada beberapa merk/type ponsel, untuk SIM 2 secara default hanya akan mengakses jaringan 3G atau bahkan 2G sedangkan SIM 1 secara default menjadi SIM yang akan mengakses jaringan internet. Sehingga perlu dilakukan pengaturan pada menu setting Dual SIM Card.

Jadi pada ponsel tertentu, meskipun kartu SIM untuk mengakses internet sudah di setting ke SIM 2 namun tetap saja susak konek karena kualitas jaringannya pun harus di ubah menjadi 4G only atau prefered 4G

Itulah kira-kira alasan sederhan kenapa ponsel tidak bisa konek internet. Jika anda masih kurang mengerti bagaimana melakukan pengaturan SIM Card untuk akses Data, Telepon ataupun SMS, anda bosa mengikuti panduan berikut ini.

Secara umum settingan ini sama saja untuk semua merk ponsel selama OS-nya masih android.

Cara setting Internet antara pilihan kartu SIM 1 atau SIM 2

1. Buka menu Setting

2. Pilih Menu SIM Card

3. Atur status/tugas tiap kartu sesuai keinginan, misalnya untuk akses internet pakai SIM 2, terus untuk telepon harus tanya dulu (harus pakai SIM 1 atau SIM 2), terus untuk SMS pakai SIM 1.

4. Jangan lupa untuk Preffered Network Service nya di setting ke jaringan terbaik (mis, 4G only)

setting jaringan ponsel android

Dengan settingan sederhana tersebut maka semoga ponsel anda tidak kesulitan lagi konek internet.

Please Share Artikel "Tidak bisa konek Internet? cek setingan SIM Card!" ini :)

0 Response to "Tidak bisa konek Internet? cek setingan SIM Card!"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.