10 Peralatan sehari-hari yang tidak berubah hingga kini

Benda-benda bermanfaat yang membantu memudahkan segala aktiftas kita sehari-hari banyak sekali mengalami perubahan baik dari bentuk, desain dan teknologi.

Tidak dapat di pungkiri lagi bahwa kita hidup di jaman semua teknologi berkembang sangat pesat.

Perkembangan Handphone yang dulunya segede gaban, sekarang bisa tampil dalam bentuk handphone kecil, mungil dan imut. Televisi yang bentuknya dulu besar dan berat, sekarang tidak lagi.

Pompa air yang dulunya harus di pompa dengan sistem ungkit jungkat-jangkit namun pada perkembangannya muncul pompa air elektrik yang secara bentuk dan sistem kerja jauh berbeda namun fungsinya sama.

Dan masih banyak lagi benda-benda di sekitar kita yang mengalami perubahan dan perkembangan dalam 100 tahun terakhir ini.

Tapi ada benda-benda yang tidak banyak mengalami perubahan secara bentuk, prinsip kerja dan fungsi yang masih tetap di gunakan meskipun kecanggihan teknologi sudah berkembang begitu pesatnya.

Perangkat berikut ini masih memiliki bentuk yang sama sejag di temukan.

1. TELEPON RUMAH

Ditengah semakin canggihnya alat telekomuikasi tanpa kabel, telepon rumah (fixed line) masih banyak di gunakan oleh masyarakat masa kini.

telepon rumah atau landline masih banyak digunakan pada perkantoran ataupun rumah tangga untuk kebutuhan telekomunikasi.

Meskipun teknologi telepon telah berubah dan menggunakan fiber optik, namun bentuk telepon masih saja tidak berubah.

Masih setia dengan gagang telepon dan rumah telepon yang berisi papan tombol untuk menginput nomor yang ingin di hubungi, masih terkoneksi dengan kabel sehingga tidak bisa di bawa kemana-mana.

Penggunaan telepon rumah atau fixed line masih banyak di pilih karena dapat mengangkat kredibilitas/kepercayaan terhadap suatu perusahaan atau badan usaha.

Karena dengan adanya nomor telepon rumah atau kantor yang sistem landline maka kepercayaan pelanggan akan meningkat pada perusahaann tersebut.

Alasannya, jika memiliki telepon rumah yang tentu belangganan rutin dan harus bayar tiap bulan maka lebih mudah dilacak keberadaanya. Karena tidak mudah mengganti nomor telepon seperti nomor seluler.

Lain dengan nomor seluler yang gampang di gonta-ganti sesuka hati. Hari ini bisa di hubungi ehh tau-tau besoknya sudah nonaktif.


2. SETERIKA

Teknologi seterika memang telah berubah, jika mungkin anda pernah merasakan panasnya menyeterika dengan seterikaan jadul yang masih perlu diisi arang kedalamnya atau masih perlu memangganya terlebih dahulu diatas kompor, sekarang sudah tidak perlu lagi.

Yaa sekarang seterika sudah praktis, tinggal dicolok ke listrik, menunggunya panas dan kegiatan menyeterika pun jadi lebih mudah. 

Bahkan bisa memilih tingkat panas yang diinginkan dan juga disertai tombol untuk menyemprotkan uap air dari lubang yang ada di sekitar seterika.

Tapi sebenarnya secara bentuk dasar dan prinsip kerja, seterika tidak banyak berubah dan cara kerjanya pun tetap sama, yaa gak?


3. MOBIL

Memang kita tahu mobil sudah semakin canggih, aman serta nyaman. Tapi tau kah anda kalau mobil secara prinsip tetap sama.

Masih ditopang oleh 4 roda atau lebih, dikendalikan dengan roda kemudi, menggunakan mesin dan di kontrol menggunakan kaki (pedal gas, rem dan kopling).

Secara prinsip, mobil sekarang tetap sama dengan mobil 100 tahun yang lalu meskipun teknologinya telah berubah.

Mungkin suatu saat akan ada mobil tanpa roda atau mungkin perubahan besar akan terjadi jika Good Year berhasil dengan inovasinya merubah bentuk roda menjadi bentuk bola seperti di felm I-Robot nya Will Smith.


4. BUKU

Meskipun sekarang E-Book sudah banyak menjadi bahan bacaan tapi buku yang sudah ada sejak jaman dulu tetap masih di gunakan hingga sekarang dan sepertinya menjadi salah satu benda yang tetap akan di gunakan hingga puluhan tahun kedepan.

Memang kalau dulu, buku masih terbuat dari kulit kayu atau kulit hewan dan sekarang pakai kertas. Tapi konstruksi buku dan cara membacanya sama sekali tidak berubah.
.

5. KERETA

Susunan gerbong, rel terbuat dari besi dan jalur yang sudah di tentukan membuat kereta adalah salah satu benda yang tidak mengalami perubahan secara prinsip dan bentuk.

Memang sekarang kereta tidak lagi pakai batu bara atau mengeluarkan asap hitam tebal. Tapi kereta sekarang tetap membutuhkan rel, tetap terdiri dari beberapa gerbong dengan satu gerbong sebagai lokomotif atau penggeraknya.


6. ALAT MUSIK

Alat musik seperti guitar, drum, seruling, tidak banyak berubah dari wujud aslinya sejak di temukan hingga kini teknologi sudah canggih.

Meskipun sekarang sudah ada drum elektrik yang lebih ringkas dan simple, namun cara kerja dan cara pakainya sama dengan drum konvensional yang harus di pukul menggunakan stik. Desain konstruksinya pun secara prinsip masih sama dengan drum konvensional.

Meskipun drum elektrik tampak lebih praktis namun para musisi masih banyak menggunakan drum konvensional yang terdiri dari bermacam jenis dan ukuran perkusi.


7. BALON LAMPU

Sejak di temukan oleh bapak Edison, bentuk balon lampu hampir tidak berubah. Meskipun sekarang ini sudah banyak jenis dan model lampu. Bohlam lampu masih banyak di gunakan pada rumah tangga.


8. PERAHU

Meskipun bahan pembuat perahu telah banyak pilihan ragamnya, namun gagasan dasarnya tetap sama, konstruksinya tetap sama dan masih tetap di gunakan hingga sekarang.

Perahu yang dulu terbuat dari kayu, sekarang bisa di buat dari bahan lain yang lebih kuat dan ringan.

Itulah benda-benda yang tidak banyak berubah dari dulu hingga kini meskipun teknologi sudah berkembang dengan pesat saat ini.


Tentunya masih banyak benda-benda lain yang secara prinsip kerja dan bentuk dasarnya tidak banyak berubah sejak pertama ditemukan dan masih tetap digunakan hingga sekarang ini.


Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment