Ayam Kampung Super makan beling Mirip Debus

Ayam Kampung Super termasuk ayam varietas unggul hasil persilangan indukan hasil seleksi ketat sehingga menghasilkan generasi ayam yang tahan cuaca, tahan penyakit dan cepat besar.

Ayam Kampung Super banyak di pilih peternak karena masa panennya yang relatif cepat dan lebih tahan terhadap penyakit.

Karena masa panennya yang cepat dan harga jualnya relatif stabil maka peminatnya cukup banyak yang akhirnya mempengaruhi pasokan DOC untuk ayam kampung super yang terkadang langka.

Berdasarkan pengalaman, ayam kampung super ini mau makan apa saja mulai dari kangkung, batang pisang hingga buah-buahan, apa saja disikat. Kalau kehabisan makanan, temannya pun disikat alias jadi kanibal, hehehe.

Ayam Kampung Super ini lebih agresif dari jenis ayam lainnya. Jika kekurangan makanan, dia akan mematuki temannya sampai botak.

ayam kampung super

Jadi penting untuk selalu menyediakan makanan tambahan di kandang ayam. Bisa berupa batang pisang atau bahan lainnya yang sekiranya tidak memberatkan pekerjaan anda sebagai peternak tapi bisa di konsumsi ayam sebagai "cemilan".

Pernah suatu saat terlihat ada ayam yang teler, maka di putuskan untuk menjadikannya menu makan siang. Maklum peternak pemula, satu-satunya solusi mengatasi ayam yang sakit adalah dengan menyembelihnya. yaa.. daripada buat makanan ikan lele.

Setelah disembelih dan di bersihkan bagian jeroannya, pada ampelanya ternyata terlihat ada potongan kaca yang bercampur makanannya.

ampela ayam kampung super

Jangan-jangan ayam ini ikut debus jadi bisa makan kaca hehehe. Kaca yang di telan sudah lumayan halus pada setiap sisinya. Berarti kaca tersebut sudah lama berproses dalam sistem pencernaan ayam.

Secara alamiah, ayam seperti unggas lainnya menelan kerikil untuk membantu pencernaannya, mungkin dalam kandang tidak cukup kerikil jadi makan kaca hehe.

Kaca yang dimakan pun tidak tanggung-tanggung yaitu kaca dari minuman botol. Tidak heran memang, karena lantai kandang berupa tanah timbunan yang diambil dari bekas galian selokan, jadi bercampur pasir, tanah, lumpur dan macam-macam sampah.

Tanah bekas galian atau urug-kan selokan tersebut, tidak langsung di timbun ke kandang melainkan di keringkan terlebih dahulu.

Saat di timbun ke kandang, sudah di lakukan seleksi, sortir dan pembersihan agar tanah timbunan benar-benar bersih. Namun karena kandungan sampah terlalu banyak sehingga masih terdapat campuran sampah termasuk pecahan botol minuman yang lolos seleksi dan masuk ke kandang.

Ini buat referensi saja bagi Anda yang ingin mulai beternak ayam kampung super, pastikan lantai kandang (jika langsung di tanah) bersih dari benda-benda asing khususnya kaca, plastik, karet atau lainnya.

Karena sempat juga terciduk ada ayam yang menelan tali sepatu yang lumayan panjang, mungkin sekitar 20-30 cm. Untungnya masih terlihat ujung tali sepatu di paruhnya, jadi bisa di tarik perlahan hingga berhasil di keluarkan dari tembolok ayam.

Sempat khawatir juga saat menariknya, takutnya malah mati karena saat tali sepatu tersebut di tarik keluar dari mulut ayam, reaksi ayam merem-melek merem-melek. hehehe.

Ayam Kampung makan beling bukan karena ikut debus melainkan karena memerlukan sesuatu benda keras yang bisa membantu pencernaannya.

Maklum, ayam kan gak punya gigi. Jadi kerikil akan berfungsi layaknya gigi yang membantu menghaluskan makanan (jagung, beras, dedak, dll) yang di konsumsi ayam

Nantinya, kerikil atau kaca yang di telan tersebut akan keluar ikut kotoran ayam.

Nah berhubung di kandang lagi gak ada kerikil, adanya kaca bekas botol minuman maka itulah yang di telan ayam.

Jadi sebenanrnya tidak terlalu perlu di khawatirkan kalau ayam menelan kerikil atau beling, tapi kalau belingnya tajam dan bisa malah melukai organ pencernaan ayam kan bahaya.

Jadi penting untuk menjaga kebersihan kandang khususnya jika anda berencana memelihara ayam kampung super. Karena ayam ini terkenal doyan makan, makan apa saja.

Sifat ini sebenarnya memudahkan dalam peternakan ayam kampung super karena bisa dikasih makan apa saja. Mau kangkung, batang pisang, buah-buahan, ikan, dll. Bahkan kardus pun di makannya.

Tapi kalau untuk perhitungan bisnis, tetap harus kasih makan Voer supaya cepat besar dan cepat panen. Kecuali kalau sudah bisa meracik sendiri bahan-bahan untuk pakan ayam maka biaya pakan ayam bisa ditekan lebih murah.

Lebih murah tapi harus korban tenaga mencampur dan mengkombinasikan pakan, sedangkan kalau menggunakan pakan pabrik memang mahal tapi tau beres.

Yaa .. kembali lagi ke gaya anda beternak, apakah lebih suka bereksperimen dan mencampur sendiri pakan atau lebih ke efisiensi dan tidak mau ribet.

Kalau meracik pakan sendiri kemudian berhasil meriset dan menemukan komposisi racikan pakan yang mujarab menambah nafsu makan dan mempercepat masa panen ayam kampung super maka akan terasa kepuasan tersendiri. Bisa nyambi usaha pengadaan pakan ternak ayam nantinya, heheehe.

Sedangkan kalau pakai pakan pabrik, sudah tidak perlu pusing-pusing meracik pakan lagi, nanti pusing bin mumet kalau harga pakan tiba-tiba naik sedangkan harga jual ayam tetap stabil.

Salah satu kunci sukses beternak ayam kampung super adalah dari pakannya. Jadi soal pakan harus benar-benar di perhatikan dan di perhitungkan. Semoga bermanfaat.

Please Share Artikel "Ayam Kampung Super makan beling Mirip Debus" ini :)

0 Response to "Ayam Kampung Super makan beling Mirip Debus"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.