Cara Membuat MINYAK KELAPA dengan Peralatan Seadanya


Cara mudah membuat minyak kelapa dengan peralatan seadanya. Jangan berpikir bahwa membuat minyak kelapa itu sulit dan rumit serta membutuhkan peralatan ribet bin canggih yang hanya ada di perusahaan besar multinasional.

Anda bisa membuat minyak kelapa sendiri dengan peralatan dapur standart yang umum ada di setiap rumah tinggal.

Tidak perlu peralatan berteknologi canggih dengan timer dan sensor temperatur suhu untuk membuatnya, tidak perlu ruang steril dengan SOP (Standart Operasional Prosedur) ketat untuk mengolahnya, tidak perlu izin RT, RW, Lurah atau bahkan BPOM untuk membuatnya, hehehe.

Anda hanya perlu bahan dan peralatan seadanya seperti wajan, sutil, saringan, kompor dan tak ketinggalan kelapa yang sudah diparut.

Cara membuat minyak kelapa perlu menyiapkan kelapa Tua dan di parut untuk kemudian di ambil santannya. Kalau beli di pasar bisa beli yang sudah di parut atau minta tolong sekalian di parutkan.

Kalau misalnya punya pasokan kelapa yang sudah mulai agak busuk dan tidak bisa di buat untuk bahan masakan, bisa juga digunakan sebagai bahan untuk membuat minyak kelapa sendiri.

Tapi kalau menginginkan hasil terbaik, sebaiknya gunakan kelapa tua/matang yang masih dalam kondisi baik, belum ada tunasnya (tombong) dan daging kelapa putih bersih tidak berbau atau tidak ada lapisan ari-ari tipis yang melapisi daging kelapanya.

Cara Membuat MINYAK KELAPA dengan Peralatan Seadanya


Setelah kelapa di parut, proses selanjutnya untuk cara membuat minyak kelapa adalah mengambil santan kelapa.

Cara mengambil santan kelapa bisa dengan cara tradisional yaitu di remas-remas hingga parutan kelapa tidak lagi mengeluarkan air. Ulangi proses memeras parutan kelapa hingga benar-benar tidak ada santannya lagi.

Cara Membuat MINYAK KELAPA dengan Peralatan Seadanya


Jika anda memiliki hewan ternak, ampas kelapa yang sudah tidak ada santannya sangat bagus untuk dijadikan campuran pakan khususnya untuk pakan ayam.

Selanjutnya diamkan air perasan parutan kelapa tadi selama 24-48 jam pada suhu ruang antara 35-40 derajat untuk di fermentasi.

Cara Membuat MINYAK KELAPA dengan Peralatan Seadanya


Keesokan harinya akan muncul endapan air kelapa yang mana pada bagian atas adalah kandungan minyak yang bercampur menjadi gumpalan seperti jelly dan bagian bawah adalah air.

Cara Membuat MINYAK KELAPA dengan Peralatan Seadanya


Kita ketahui bersama bahwa masa jenis air lebih berat dari pada minyak, ya kan. Maka untuk mendapatkan minyak kelapa murni kita harus mengambil bagian atas dari endapan santan kelapa ini.

Bentuknya seperti gelatin atau seperti agar-agar, kental berwarna putih kecoklatan (apa yaa namanya? kita sebut saja gelatin).

Serok/ambil menggunakan entong, irus atau mangkuk kecil. Ambil secara perlahan, Usahakan jangan sampai membuat guncangan yang berarti saat mengambil gelatin kelapa ini.

Kalau air dibawah sendapan ikut terangkat, tidak mengapa. Nanti pada proses selanjutnya kita akan memisahkan air, minyak dan gelatin.

Setelah gelatinnya diambil semua, masukan ke dalam wajan. Proses membuat minyak kelapa selanjutnya adalah pemanasan. Nyalakan kompor, dan panaskan gelatin dari santan kelapa itu tadi.

Cara Membuat MINYAK KELAPA dengan Peralatan Seadanya


Biarkan hingga mendidih dengan kompor berapi sedang, proses ini lumayan lama, bisa lebih dari 30 menit tergantung seberapa banyak kandungan air yang ada dalam gelatin dan banyaknya gelatin kelapa yang di peroleh.

Dan bisa juga di pengaruhi oleh kompor yang digunakan, mungkin bisa lebih cepat kalau pakai kompor gas LPG karena apinya bisa lebih stabil.

Aduk sesekali agar gelatin tidak mengerak didasar wajan. Masak hingga gelatin kelapa mulai kecoklatan menjadi ampas minyak kelapa.

Proses pemanansan ini akan memisahkan air yang akan menguap karena panas dan ampas minyak kelapa (blendo) dari minyak kelapa yang akan di hasilkan.

Masak terus hingga terlihat jelas minyak dan ampas-minyak-kelapa mulai terpisah. Ditandai dengan perubahan warnanya menjadi kecoklatan.

Cara Membuat MINYAK KELAPA


Jika ampas minyak kelapa (blendo) sudah kecoklatan, proses cara membuat minyak kelapa pun sudah mencapai tahap akhir. Tiriskan untuk mendapatkan minyak kelapa asli murni hasil buatan sendiri.

Cara Membuat MINYAK KELAPA dengan Peralatan Seadanya


Bagaimana? Mudah bukan, dan tidak ribet. Proses untuk membuat minyak kelapa asli dengan peralatan seadanya ini memakan waktu hingga 1 jam (diluar waktu pengendapan/fermentasi) dengan api sedang diatas kompor minyak tanah.

Berbahan 4 butir kelapa, didapatkan hasil minyak kelapa asli sebanyak kurang-lebih seperempat liter.

Cara Membuat MINYAK KELAPA dengan Peralatan Seadanya


Lumayan yaa, kalau dihitung dengan biaya harga kelapa parut, konsumsi minyak tanah, dan proses kerja yang sebenarnya tidak terlalu ribet alias sangat mudah. Hanya saja memakan waktu yang lumayan lama. Wajar saja kalau harga minyak kelapa asli lumayan mahal.

Minyak kelapa asli ini sangat bermanfaat untuk campuran bumbu masakan dan juga untuk kesehatan.

Sebagai bahan masakan, Kelapa banyak manfaatnya termasuk untuk dijaduikan minyak. Minyak kelapa asli merupakan rahasia turun temurun untuk menghasilkan masakan yang nikmat, gurih dan beraroma sedap.

Banyak sekali resep masakan yang melibatkan minyak kelapa asli sebagai penambah cita rasa pada masakan.

Sekarang anda tidak perlu lagi bingung kalau membutuhkan minyak kelapa asli untuk pelengkap bumbu masakan atau untuk pengobatan, tidak perlu lagi khawatir tertipu kalau beli minyak kelapa asli di pasar karena anda bisa membuat minyak kelapa asli sendiri dengan mudah dan dengan peralatan seadanya.

Itulah informasi tentang cara membuat minyak kelapa sendiri dirumah dengan peralatan seadanya. Semoga bermanfaat.


Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment