Cara membuat Pengalihan Khusus Blogger

Setiap artikel blog biasanya di buat saling bertautan antara satu tulisan dengan tulisan lain yang relevan untuk menunjang informasi yang diberikan.

Link juga bisa datang dari luar dari blog lain yang menjadikan salah satu tulisan kita sebagai rujukan terhadap infornasi yang di buat dalam blognya.

Tapi kalau pada suatu saat kita lupa atau tanpa sengaja menghapus sebuah artikel, maka setiap kali alamat tersebut di kunjungi maka akan eror yang biasanya masuk ke halaman 404.

Agar tidak eror kita harus mengalihkannya ke halaman yang benar atau ke halaman yang lain.

Bagaimana cara mengetahui kalau ada link yang eror?

Kadang kala kita tidak sadar akan adanya ling eror atau broken link di blog kita, hingga suatu ketika ada rekan yang menginformasikan hal tersebut.

Tapi sebenarnya kita bisa berinisiatif untuk mengeceknya sendiri dengan bantuan situs backlink checker atau rajin-rajin memeriksa kondisi blog dari informasi di Google Webmaster Tool.

Baca juga : Cara check Link Eror di Blog

Jika menemukan laporan link eror di blog anda, anda bisa melakukan perbaikan dengan merubah link artikel yang bersangkutan menyesuaikan dengan alamat link yang ter-index google.

Atau mengalihkan link eror tersebut ke halaman sesungguhnya atau kehalaman lain yang lebih relevan menurut anda.

Cara membuat Pengalihan Khusus Blogger

Login ke akun Blogger anda kemudian buka menu Setting/Setelan > Preferensi penelusuran dan pada menu Kesalahan dan pengalihan kemudian lakukan perubahan pada pengalihan khusus.

Cara membuat Pengalihan Khusus Blogger

Selanjutnya masukan Url yang merupakan broken link di halaman website anda.

Dan masukan alamat yang ingin di tuju

Masukan linknya saja pada kolom yang tersedia, jangan url lengkap. Masukan link dari garis miring setelah .com

Misalnya kalau ada link eror di halaman website anda beralamat di ....

www.capuraca.blogspot.com/2010/08/fwd-tanpa-judul.html

maka yang ditulis pada kolomnya hanya ...

/2010/08/fwd-tanpa-judul.html saja

Begitupun untuk kolom kepada, isikan link-nya saja. Jika sudah, simpan perubahan.

Anda harus mengisi kedua kolom (kolom Dari dan Kepada) agar perubahan yang anda lakukan bisa di simpan.

Selesai, jangan lupa tandai sudah di perbaiki pada halaman webmaster tool agar Google mengetahui anda sudah memperbaikinya.

Cara membuat Pengalihan Khusus untuk Blogger

Untuk mengetahui kesehatan situs anda, webmaster tool sangat di rekomendasikan untuk memantau kondisi situs yang anda kelola.

Selain gratis, alat buatan Google ini juga cukup bisa diandalkan untuk mengetahui status index, Error di blog termasuk broken link 404.

Yaa paling tidak bagi pemula seperti saya, cukuplah tools gratisan seperti GWT ini, karena kalau yang berbayar, gak bisa bayarnya hehehehe. Semoga bermanfaat.