Apa bedanya Youtuber dan Vlogger


Kadang kita suka bingung melihat istilah-istilah di internet yang semakin banyak bermunculan.

Ada istilah baru dan ada juga sebenanrnya istilah lama namun baru didengat belakngan ini karena semakin populer keberadaannya.

Salah dua istilah yang cukup populer saat ini adalah istilah Vlogger dan Youtuber, apa sebenarnya perbedaan keduanya? ataukan sebenarnya keduanya sama?

Mungkin anda agak bingung dengan kedua istilah ini. Apa bedanya Vlogger dan Youtuber padahal mereka sama-sama membuat video.

Vlogger

Vlogger itu singkatan dari Video Blogger. Seorang Vlogger menciptakan konten berupa Video untuk di bagikan ke Website pribadinya, Fanspage, Instagram ataupun platform Media Sosial lainnya yang support / mendukung konten video.

Karena sejatinya Vlogger adalah gabungan dari Video dan Blog, berarti Video yang di publikasikan atau di posting dalam sebuah Blog.

Blog disini bisa saja blog/website pribadi atau bisa juga website korporasi yang memiliki fitur unggahan konten video pendek seperti Instagram, Facebook dan pastinya Youtube.

Sehingga pada perkembangannya seorang Vlogger tidak lagi harus memiliki Blog. Vlogger bisa menjadi seorang Youtuber kalau upload videonya di Youtube, atau bisa jadi Facebooker kalau pas upload video di Facebook, jadi biar gampang disebut saja sebagai Vlogger.

Apa perbedaan Youtuber dan Vlogger


Youtuber

Sedangkan Youtuber juga berkreasi menciptakan Video namun hanya terfokus pada media Youtube sebagai tempat mempublikasikan karyanya.

Youtube sudah dikenal sebagai tempat berkumpulnya semua Video dari berbagai penjuru dunia yang di upload oleh penggunanya baik perorangan ataupun korporasi.

Media Youtube sangat potensial untuk mempromosikan brand, meningkatkan eksistensi dan atau berbagai informasi menarik melalui konten Video.

Istilah Youtuber pada dasarnya tidak hanya mengacu pada pembuat video saja namun juga termasuk penonton setia Youtube.

Pemirsa/penonton dan semua yang berinteraksi dengan media Youtube bisa juga di sebut sebagai Youtuber karena mereka sama-sama pengguna situs Youtube.

Sama seperti pengguna Facebook yang di juluki Facebooker, atau pengguna Kaskus yang di sebut dengan nama Kaskuser.

Namun pada perkembangannya, istilah Youtuber lebih identik di tujukan pada pembuat/pengupload video atau konten kreator


Itulah penjelasan singkat tentang perbedaan Youtuber dan Vlogger. Semoga dengan tulisan ini anda mendapat gambaran perbedaan / persamaan antara keduanya.

Jikalau anda memiliki pendapat yang berbeda, sudilah kiranya menyampaikan melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat.


Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment