Cara Mengatasi Tombol huruf jadi angka di Laptop

Laptop yang digunakan sehari-hari terkadang menghadapi problem seperti error, hang atau bluescreen.

Namun terkadang error yang terjadi pada laptop terjadi karena kita kurang memahami fitur yang ada di laptop.

Salah satunya adalah fitur yang ada pada keyboard laptop. Keyboard laptop yang menjadi media untuk membantu pengguna mengetik dokumen bisa saja berperilaku aneh.

Ketika mengetik menggunakan laptop terkadang muncul kendala seperti saat menuliskan kalimat "bagaimana kabarmu", yang tampil di monitor malah "baga50ana 2abar04".

Ketikkan menjadi kacau seperti sedang menulis pesan rahasia dengan enskripsi 448-bit. hehehe

Ini terjadi karena beberapa tombol di laptop memiliki fungsi ganda selain untuk menginput huruf, juga sebagai sarana menginput angka.

Tombol dual purpose ini terdapat pada huruf U, I, O, P, J, K, L dan M.

Perubahan huruf menjadi angka ketika numlock aktif seperti berikut ini ;

Tombol huruf M akan berubah menjadi angka 0

Tombol huruf J, K, L masing masing akan berubah menjadi angka 1, 2, 3.

Kemudian tombol U, I, O berubah menjadi angka 4, 5, 6 sementara tombol huruf P menjadi tanda bintang.

Sedangkan 7, 8 dan 9 tetap sesuai kodratnya berada di tombol angka 7, 8 dan 9.

Sebagian pengguna laptop, khususnya yang masih baru bercengkrama dengan laptop, kadang menjadi kebingungan ketika menemukan tombol huruf berubah jadi angka di laptop.

Seketika itu pun mulai panik dan kebingungan dan mengira-ngira apakah gerangan yang terjadi pada laptop yang sedang dipakai tersebut. Bahkan mungkin mulai menduga bahwa keyboardnya rusak.

Tenang saudara-saudara, jangan langsung menarik kesimpulan kalau keybord leptop rusak, meskipun mengganti keyboard laptop mudah tapi harga keyboard penggantinya, bisa meluluh lantakkan kantong tempat penyimpanan brangkas yang tidak besar ini.

Untuk mengatasi tombol huruf jadi angka di laptop, caranya sangat mudah cukup tekan kombinasi tombol Fn + Numlock, maka keyboard laptop akan kembali berfungsi normal.

Cara Mengatasi Tombol huruf jadi angka di laptop

Jadi jika anda menemukan hasil ketikan yang tercampur baur dengan angka saat mengetik, sedangkan laptop anda masih tergolong baru.

Jangan langsung memvonis keyboard laptop rusak. Mungkin saja hanya karena fitur Numlock nya aktif secara tidak sengaja.

Tombol Fn di laptop ini banyak manfaatnya, seperti untuk menyalakan Wi-fi, jika ditekan bersamaan dengan F2 atau membuat laptop masuk ke mode Sleep jika ditekan dengan F1, dll sesuai dengan symbol ikon yang tertera di setiap tombol tersebut. (kombinasi tombol mungkin berbeda, tergantung merk dan type laptop)

Demikian cara mengatasi tombol huruf yang tiba-tiba menjadi angka di keyboard laptop semoga bermanfaat.