Istilah yang Identik dengan Ponsel bersistem Android

Istilah yang Identik dengan Ponsel bersistem Android - Setiap jenis ponsel memiliki istilah-istilah tersendiri untuk mendeeskripkan suatu fitur atau perintah yang ada pada ponsel tersebut.

Kalau duluuu... istilah dalam ponsel hanya sedikit, mungkin yang paling melekat di ingatan kita adalah 3gp, jar, Java, Symbian, SMS atau MMS.

Kalau sekarang, jamannya ponsel pintar, banyak sekali istilah-istilah yang kadang sangat asing bagi orang awam.

Jangankan untuk istilah teknis, untuk nama versi saja selalu berubah, dari mulai versi pertama hingga versi android terbaru.

Tak jarang pada versi android terbaru pun muncul istilah baru seperti split screen, multi touch dan lain-lain.

Istilah yang Identik dengan Ponsel bersistem Android

Untuk itu, perlu mengenal sedikit istilah-istilah yang identik dengan ponsel android agar tidak tampak gaptek-gaptek amat saat ngobrol bahas ponsel android.

Istilah yang Identik dengan Ponsel bersistem Android

# ADV (Android Virtual Device)

Adalah istilah untuk menyebutkan suatu program yang mampu menjalankan android di PC dekstop maupun laptop yang menggunakan OS Windows, Mac maupun Linux. Biasa juga di kelnal dengan istilah Emulator Android.

# AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode)

salah satu jenis teknologi ilayar ponsel yang memiliki tampilan kualitas layar yang cerah, terang dan lebih hidup.

# ANDROID

Sistem Operasi Open Source buatan Google untuk menjadi sistem dasar ponsel smartphone atau tablet.

# ANDROID MARKET

Tempat mendownload aplikasi atau game yang kompatible dengan sistem android. Umumnya aplikasi atau game tersebut di android market bersifat gratis namun tak sedikit juga yang berbayar. Sekarang android market lebih dikenal dengan sebutan Play Store/Google Play.

# APK (.apk)

Ekstensi file untuk aplikasi atau game android. Jika anda mendownload aplikasi android lewat PC, maka anda akan sering menemukan tulisan ini atau menggunakan keyword ini untuk pencarian di mesin pencari di PC.

# APPS (Apps)

Istilah untuk menyebutkan Aplikasi android.

# BACKUP

Mencadangkan file yang ada di android ke tempat penyimpanan lain seperti hardisk komputer atau ke Cloud Storage. File yang di backup bisa berupa gambar, foto, musik, dokumen atau bahkan file system dari aplikasi atu game yang ada di ponsel android

# BOOT

Proses awal penyalaan ponsel.

# BOOTLOOP

Kondisi dimana ketika ponsel di nyalakan, hanya terhenti di gambar logo perusahaan ponsel dan tidak bisa masuk ke homescreen.

# BRICK

Kondisi ponsel yang tiba-tiba tidak bisa nyala tanpa sebab yang jelas. Tidak jatuh, tidak masuk air, tidak overheat, pokoknya tidak ada gejala-gejala kerusakan fisik pada ponsel. Tiba-tiba saja mati trus gak mau nyala lagi. Ponsel nge-brick memiliki peluang 50 persen bisa hidup kembali. Karena pada kondisi ini ponsel tidak bisa digunakan alias mati total maka dianggap seperti batu bata (brick).

# BUG

Ketidak sempurnaan sistem pada OS android atau pada aplikasi dan game yang bisa menggangu kinerja aplikasi yang bersangkutan. Oleh karenanya setiap developer aplikasi atau game android akan mengupdate aplikasi android secara berkala untuk mengatasi / memperbaiki bug yang ada.

# COSTUM ROM

ROM modifikasi yang berbeda dari versi standart atau versi aslinya. Custom ROM biasanya memiliki kinerja dan tampilan yang lebih baik dari aslinya.

# FACTORY RESTORE/RESET

Opsi untuk mengembalikan setelan Android ke setelan awal/setelan pabrik. Factory reset biasanya dilakukan ketika merasakan kinerja android sudah mulai lemot dan aplikasi yang terinstal mulai tidak bekerja normal / sering Force Close.

# FORCE CLOSE

Keadaan dimana suatu aplikasi di ponsel tiba-tiba menutup sendiri secara tiba-tiba tanpa adanya perintah dari user.

# FLASHING

Proses mengganti firmware ponsel untuk alasan tertentu. Proses flashing biasanya bertujuan untuk mengupgrade firmware dari versi lama ke versi baru. Tak jarang juga Flashing menjadi jalan terakhir yang di tempuh untuk memperbaiki ponsel yang error.

# GEOTAGGING

Metode tag/pencatatan lokasi untuk mengetahui posisi ponsel secara tepat dan detail.

# GMAIL

Fasilitas Email gratis dari Google yang bisa dugunakan sebagai akun login pada ponsel android.

# GOOGLE NOW

Aplikasi asisten yang memberi informasi tentang hal-hal atau event yang terjadi disekitarmua mulai dari informasi tempat, cuaca, jadwal film dan lai sebagainya.

# GOOGLE WALLET

Fasilitas Google yang berguna untuk mensinkronkan data Kartu Kreditmu sehingga anda lebih mudah untuk melakukan pembayaran lewat ponsel android. Pembayaran yang bisa dilakukan meliputi belanja online atau membayar di Play Store.

# GORILLA GLASS

Salah satu jenis kaca yang digunakan untuk layar ponsel android yang memiliki kelebihan diantaranya tahan goresan, tidak mudah retak/pecah dan tahan benturan.

# GPS

Singkatan dari Global Positioning System adalah teknologi canggih yang bisa membantu kita mengenali sebuah peta lokasi suatu area/kota dan menunjukan jalan secara akurat bahkan hingga kepadatan trafik lalu lintas.

# GUI (Graphical User Interface)

Interface yang lebih mengedepankan tampilan serta perintah dalam bentuk gambar / graphic. Jika di dunia komputer kita bisa bedakan antara tampilan pengoperasian Windows dan Linux dimana WIndows lebih dominan menggunakan ikon grafis dalam bentuk gambar sedangkan Linux cenderung ke perintah Teks meskipun sekarang Linux pun mulai sangat User Friendly.

# HANDHELD (HH)

Istilah yang kadang di gunakan untuk menyebut ponsel atau Telepon genggam.

# HARD RESET

Adalah istilah untuk menyebutkan suatu upaya untuk mengembalikan setingan ponsel ke pengeturan awal. Tindakan HArd Reset bisa menghapus semua data yang ada di memori internal bahkan pada memori eksternal sekalipun.

# IMEI

Singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Adalah nomer seri yang unik bagaikan identitas dimiliki setiap ponsel. Satu nomor IMEI hanya untuk satu ponsel.

# IPS

Salah satu teknologi layar yang digunakan pada poonsel android. Layar IPS lebih canggih jika dibandingkan dengan layar LCD ponsel.

# LAUNCHER

Adalah Aplikasi yang berguna untuk menata tampilan/display antarmuka ponsel, mulai dari tampilan menu utama, penataan menu aplikasi yang ada sehingga tampilan antar muka lebih keren dan mudah di navigasi. Launcher Android bisa diganti sesuka hati sesuai keinginan dengan banyaknya pilihan android launcher yang memiliki tampilan interface yang menarik.

# LIVE WALLPAPERS

Adalah fitur Wallpaper yang dapat bergerak-gerak, sehingga membuat tampilan ponsel lebih atraktif, namun penggunaan Live Wallpaper harus bijak karena dapat menguras baterai dan menyedot resources ponsel.

# LTE

Singkatan dari Long-Term Evolution Adalah teknologi jaringan komunikasi mobile yang bekerja di jaringan frekuensi 4G.

# MULTITOUCH

Teknologi pada layar sentuh yang bisa menerima perintah lebih dari satu inputan sentuhan pada layar.

#MABAR

Main Bareng, ini istilah yang biasa digunakan pengguna android untuk memainkan bersama game-game android yang bersifat online seperti PUBG, Mobile Legend, dll.

# OEM

Singkatan dari Original Equipment Manufacturer. Istilah ini sering digunakan unutk memberi label pada spare part asli buatan pabrik yang sama dengan produsen ponsel.

# OPEN SOURCE

Adalah perangkat lunak yang memiliki lisensi terbuka dan boleh di kembangkan oleh siapa saja termasuk anda. Software which is liberally licensed to grant the right of users to study, change, and improve its design through the availability of its source code.

# OTA (Over The Air)

Singkatan Over The Air atau kalau dalam bahasa Indonesia nya artinya lewat Udara. Ini biasanya ditemukan ketika ingin mengupdate aplikasi atau sistem android. Akan ada pilihan OTA, sehingga proses updating bisa dilakukan secara mandiri dan otomatis oleh ponsel tapi kualitas jaringan internet harus benar-benarmumpuni agar tidak gagal saat melakukan.

# PASSWORD

Tidak hanya di Android saja, istilah Paswword sudah lama kita temui di Laptop atao Pc Desktop. Password adalah sekumpulan kombinasi angka dan huruf yang berguna untuk mengamankan atau syarat untuk dapat mengakses suatu akun.

# PIN

Singkatan dari Personal Identification Number Adalah kode keamanan untuk mengakses suatu halaman atau akun. Meskipun sejatinya berbeda, PIN biasa juga disebut dengan Password.

# PROXIMITY SENSOR

Sensor canggih yang dapat mendeteksi adanya suatu benda yang mendekat ke ponsel tanpa perlu harus ada kontak fisik.

Fungsi Proximity sensor di Android biasanya akan menampilkan layar yang meredup atau padam ketika di dekatkan ke wajah saat melakukan panggilan telepon. Ini untuk mencegah perintah yang tak sengaja karena sentuhan layar dengan pipi.

# PPI (Pixels per Inch)

Satuan untuk mengukur tingkat kerapatan pixel (density). Semakin besar angka PPI menandakan benyaknya jumlah pixel dalam setiap inchi layar yang berarti tampilan layar akan semakin baik dalam mengolah grafik atau gambar.

# QR CODE

Adalah istilah untuk menyebut kode rahasia yang berupa titik random hitam putih. Kode hitam putih ini bisa di scan menggunakan kamera ponsel dan akan memberikan informasi tersembunyi kepada anda atau hanya untuk sekedar untuk dapat akses ke wifi gratis selayaknya password.

# QVGA (Quarter Video Graphics Array)

Adalah salah satu teknologi layar ponsel yang berkualitas resolusi 240x320 piksel.

# RESET

Adalah istilah dimana pengaturan ponsel kembali ke semula seperti ponsel baru.

# ROM

Singkatan dari Read Only Memory. Adalah merupakan tempat "bersemayamnya" system operasi Android dan sebagiannya lagi sebagai tempat tersimpannya file data dari aplikasi atau game yang anda instal ke ponsel.

# RECOVERY MODE

Mode recovery biasanya di akses dengan kombinasi tombol dalam keadaan ponsel off. Saat menyala, ponsel tidak booting seperti biasa melainkan masuk kedalam menu recovery mode dengan beberapa pilihan menu penting dan dasar. Recovery Mode biasanya berguna untuk mengecek kondisi hardware ponsel, merubah ROM dll.

# ROOT

Adalah memodifikasi sistem android agar sesuai kebutuhan dan memaksimalkan kerja handphone sesuai spesifikasi sejatinya. Dalam ponsel android terdapat menu pilihan yang dapat merubah anda dari user biasa menjadi superuser untuk keperluan Root-ing.

# SDK

Singkatan dari Software Development Kit, Software ini digunakan oleh para Developer Aplikasi dan Game Android dalam membuat dan mengembangkan aplikasi/game nya. Software ini juga biasanya digunakan untuk membuka akses penuh kedalam sistem android (Rooting).

# SOFT RESET

Merupakan istilah mereset ponsel android untuk sekedar merefresh sistem karena gejala nge-lag, hang atau gangguan ringan pada ponsel. Soft Reset di kerjakan dengan mematikan ponsel dan mencabut baterainya untuk beberapa saat dan lalu dinyalakan kembali.

# SPLIT SCREEN

Memungkin ponsel bisa membuka dua aplikasi sekaligus secara berdampingan dalam satu layar ponsel.

# TETHERING

Membagi jaringan internet ke perangkat lain dengan menjadikan ponsel android sebagai Hot-sumber penyebar akses internet atau Spotnya. Tethering bisa dilakukan via kabel USB, Bluetooth dan Wifi.

# WVGA (Wide Video Graphics Array)

Adalah salah satu teknologi yang di gunakan pada layar ponsel, WVGA memiliki resolusi 480x800 piksel.

# UI (User Interface)

Istilah untuk menyebutkan mengenai Tampilan antar muka pada ponsel. UI akan didesain dan di setting semenarik mungkin sehingga dapat membuat pengguna nyaman berinteraksi dengan ponsel yang bersangkutan.


Itulah istilah yang sering terdengar bagi kita yang menggunakan ponsel android. Masih banyak lagi istilah-istilah yang identik dengan ponsel android yang sebagian besarnya bersifat sangat teknis dan mungkin agak jarang kita dengar. Semoga bermanfaat.

Share Informasi "Istilah yang Identik dengan Ponsel bersistem Android" ini ke temanmu :)

0 Response to "Istilah yang Identik dengan Ponsel bersistem Android"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.