Penyebab mesin motor matic mati mendadak seakan hilang kompresi

Lagi asyik jalan-jalan keliling kota naik motor matik kesayangan. ehladalah tiba-tiba mesin motor mati. Di starter tangan seperti gak ada tanda-tanda kehidupan. Coba di starter kaki, hlah kok enteng, berasa tidak ada kompresinya sama sekali.

Pikiran pun melayang, menduga-duga kiranya apa yang rusak.

Loss compresion, begitu istilah kerennya, gejala ini mengindikasikan ada kerusakan pada komponen mesin utamanya, diantaranya sekitaran piston dan katup.

Kedua kerusakan ini perlu ditangani dengan serius dan oleh tangan ahli yang ongkos kerjanya, bisa dibilang tidak sedikit.

Namun kedua jenis kerusakan ini biasanya di tandai dengan beberapa gejala lain yang bisa di lihat jelas secara kasat mata seperti asap yang keluar dari kenalpot.

Namum motor yang tiba-tiba mogok dan hilang kompresi kali ini, tidak menunjukan tanda-tanda kerusakan pada piston, katup dan kawan-kawannya. Karena tidak ada kepulan asap yang keluar dari ujung knalpotnya.

Tapi kenapa mio gt yang di pakai ini tiba-tiba mati dan tak mau nyala lagi dan menunjukan gejala seperti kehilangan kompresi.

Penyebab mesin motor matic mati mendadak

Setelah dianalisa dan di periksa, ternyata kapasitas oli mesin sudah berkurang drastis hanya tersisa di ujung dipstick saat diintip lewat tutup oli mesin. Dan kondisi oli sudah sangat tidak layak, terindikasi dari warnanya yang hitam dan kekentalannya yang rendah.

Setelah diingat-ingat, ternyata motor ini sudah lama sekali belum ganti oli. Lalu kemudian di periksa buku panduan servisnya untuk mengetahui kapan terakhir kali ganti olie, ehlahdalah ternyata motor ini terakhir ganti oli, 11 bulan yang lalu. Terang saja berulah, hlah minta jatah.

Akhirnya solusinya ganti oli satu set (oli mesin dan transmisi) sekalian ganti busi. Bentuk businya sudah gak karuan masih dipakai saja.

Setelah ganti oli dan busi, motor mio gt yang tadi mengalami mogok dan hilang kompresi pun kembali normal dan kembali trengginas.

Jadi, jika anda menghadapi problematika yang sama, motor tiba-tiba mogok dan kehilangan kompresi, khususnya untuk motor matik.

Jangan berpikiran buruk dulu, ingat-ingat kapan terakhir kali anda ganti oli. Mungkin saja kapasitas olinya sudah berkurang dan atau kualitas olinya sudah menurun drastis akibat kelamaan gak di ganti. Dan berharap belum terjadi apa-apa pada komponen silinder dan piston. Karena kalau sampai piston.silinder keburu baret karena kurang pelumasan, wassalam.

Ganti oli ini urusan sepele tapi kadang terlupakan apalagi kalau setelah tau fakta mengejutkan dari baut oli Mio GT. Padahal ganti oli mio gt ini tidak makan waktu lama, 10 menit juga kelar.

Jika suatu saat anda menghadapi motor matic khususnya MIO GT yang tiba--tiba mogok dan terasa seperti mesin kehilanagn kompresi ketika coba dihidupkan kembali, maka anda bisa coba langkah-langkah penanggulangan berikut ini.

1. Standart tengah motor dan nyalakan mesin motor menggunakan stater kaki sambil tuas gas di buka penuh. Harapannya, langkah ini akan membuat suplai bahan bakar melimpah keruang mesin dan kandungan bensin bisa mengisi celah-celah antara silinder dan piston sehingga kompresi bisa pulih.

2. Buka tutup tangki, mungkin saja lubang ventilasinya buntu sehingga menyulitkan bensin mengalir ke injektor. Yaa.. meskipun sistem tangki motor injeksi bersifat vakum, tapi kan gak ada salahnya di coba, namanya juga darurat. yaa gak?

3. Jika memungkinkan, buka busi dan isikan oli keruang bakar, Sedikit saja sekitar setengah tutup botol Aqua. Kemudian selah perlahan engkol starter kaki, dua - tiga kali. Lalu pasang kembali busi dan coba nyalakan mesin motor menggunakan starter kaki.

4. Kalau tiga cara diatas tidak juga berhasil, yaa terpaksa anda harus mendorongnya kerumah atau ke bengkel terdekat untuk di lakukan pemeriksaan atau penggantian oli. Dan semoga saja hanya karena perlu ganti oli bukan ganti piston dan katup.


Itulah kira-kira salah satu penyebab kenapa mesin motor matic khususnya mio GT tiba-tiba mati dan seakan kehilangan kompresi.

Masalah mesin motor yang kehilangan kompresi bisa disebabkan karena berbagai hal diantaranya karena ring piston sudah aus dan harus diganti. Bisa juga karena piston/dinding silinder baret sehingga perlu di oversize. Atau bisa juga karena katup tidak menutup dengan sempurna karena kerak karbon mengganjal di permukaan daun katup sehingga perlu di sekir untuk mengatasi kebocoran pada katup.

Dari kemungkinan tersebut diatas, anda bisa mulai menganalisanya dari kondisi oli mesin. Karena analisa ini yang paling murah dan minim resiko.

Kalau langsung masukin ke bengkel dan di vonis harus oversize, alamat bisa puyeng kepala, hehehe.

Pertanyaannya, kenapa setelah ganti oli, mesin motor bisa hidup kembali?

Karena oli sudah usang dan kapasitasnya berada di bawah ambang wajar, maka kemampuan oli untuk melumasi dan melapisi komponen mesin menjadi berkurang. termasuk juga dalam tugasnya melapisi dinding silinder dengan oil film.

Oil Film didinding silinder membantu menciptakan kevakuman di ruang bakar. Sehingga kevakuman yang di butuhkan untuk menyerap udara saat langkah isap menjadi maksimal. Juga, ketika piston mengkompresi campuran bensin dan udara juga maksimal.

Ketika oli tidak berfungsi maksimal maka tekanan kompresi bisa menurun bahkan hilang, dan itulah yang kira-kira terjadi ketika motor matic khususnya MIO GT bisa tiba-tiba mogok dan loss compresion.

Namun sebaiknya jika motor anda mengalami kondisi mogok tiba-tiba, segera periksakan motor ke bengkel resmi atau bengkel kepercayaan.

Karena kemungkinan ada komponen motor yang mulai malfungsi. Mengingat motor injeksi seperti Mio GT dilengkapi berbagai sensor yang harus dianalisa menggunakan toolbox khusus terkait kondisinya.

Bagaimana menurut anda, apakah anda memiliki pendapat dan pengalaman tersendiri? silakan bagikan pengalaman anda melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Please Share Artikel "Penyebab mesin motor matic mati mendadak seakan hilang kompresi" ini :)

0 Response to "Penyebab mesin motor matic mati mendadak seakan hilang kompresi"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.