Cara melepas custom domain blogspot tanpa mempengaruhi trafik

Cara melepas custom domain TLD blogspot agar tidak mempengaruhi trafik dan index blog secara signifikan.

Menggunakan custom domain salah satu hal yang perlu dilakukan dalam mengelola sebuah blog. Salah satu keuntungan yang didapatkan dari cutom domain adalah memudahkan pengunjung blog mengingat alamat blog kita.

Tapi penggunaan custom domain harus bayar sewa setiap tahun yang jika sampai tidak dibayar maka domain akan expired sehingga tidak bisa diakses.

Mungkin tidak sedikit dari anda yang merasa kaget ketika dapat notifikasi di inbox email tentang pemberitahuan pembayaran domain.

Biasanya registrar Domain akan mengirimkan pesan email ke konsumennya terkait domain yang akan expired. Email pemberitahuan tersebut dikirimkan sebulan atau bahkan dua bulan sebelum masa jatuh tempo tanggal expire domain.

Sehingga pemilik Domain bisa mempersiapkan mempertimbangkan segala sesuatunya untuk melakukan pembayaran sewa domain yang digunakan ataukah ingin melepasnya.

Keputusan untuk tidak meneruskan menggunakan domain yang dipakai selama ini antara lain adalah karena pas waktunya domain jatuh tempo, hlah kok pas gak punya uang.

Atau bisa juga karena domain yang selama ini dipakai, performanya kurang baik. Entah karena pengejaannya yang terlalu sulit, kurang SEO atau karena nama domainnya kurang sreg di hati, jadinya mau dilepas saja.

Masalahnya, domain TLD yang telah digunakan selama ini sudah terindeks dengan baik di pencarian Google. Jadi ketika custom domain dilepas maka otomatis blog tidak akan bisa diakses dari mesin pencari. Dampaknya, trafik blog anjlok total dan harus merangkak dari awal lagi seperti membangun blog baru tanpa Top Level Domain.

Untuk mencegah hal itu terjadi, anda harus melakukan langkah-langkah antisipasi agar ketika domain yang di sewa selama ini harus dilepas karena ekspire dengan berbagai alasan, tidak akan berdampak terlalu besar terhadap trafik blog.

Langkah-langkah untuk menyelamatkan trafik blog yang domainnya expired sebaiknya dilakukan sebulan sebelum tanggal expired domain, makin lama makin bagus.

Sebelum kita mulai membahas tentang cara melepas custom domain blogspot tanpa membuat trafik anjlok, izinkan saya menceritakan sedikit latar belakang kenapa saya terpaksa harus melepas custom domain di blog ini.

Jadi, saat domain TLD blog ini jatuh tempo, bertepatan atau berdekatan dengan saat-saat menyambut hari raya idul fitri 2019.

Domain capuraca.com yang menjadi Top Level Domain blog ini jatuh tempo pada 03 Juni 2019. Kala itu kebetulan keuangan pas lagi mepet banget, sehingga harus menentukan skala prioritas. Dan akhirnya diputuskan untuk melepas custom domain di blog ini dan membiarkan capuraca.com expired.

Sebenanrnya biaya sewanya bisa dibilang tidak mahal tapi bisa juga dibilang tidak murah, tergantung situasi dan kondisi.

Biaya sewa domain untuk ekstensi dot com berada dikisaran 150 ribuan pertahun. Angka tersebut kadang kala bisa dibilang kecil kalau pas dapat gaji dari Adsense, tapi menjadi angka yang sangat besar kalau lagi pas gak punya uang.

Cukup berat sebenarnya untuk melepaskannya, mengingat domain TLD yang dipakai selama ini sudah cukup baik terindeks di mesin pencari khususnya google dan sudah cukup lama mengawal perjalanan blog ini. Tapi yaa mau diapakan lagi, kalau kondisi tidak memungkinkan, yaa gak.

Yang jadi masalah, karena domain capuraca.com sudah terindeks baik di mesin pencari, maka ketika domain tersebut dilepas dan blog harus kembali kealamat semula di capuraca.blogspot.com, maka otomatis blog ini tidak akan bisa diakses dari mesin pencari dan hanya bisa diakses langsung jika pengunjung mengetikkan capuraca.blogspot.com di adress bar browser internetnya.

Otomatis trafik blog ini akan anjlok dan bahkan bisa jadi mendekati 0 (nol) jika custom domain dilepas begitu saja tanpa treatment khusus.

Oleh karena itu, pada tulisan kali ini, saya akan berbagi pengalaman tentang bagaimana cara melepas domain TLD pada blogspot tanpa mempengaruhi trafik blog yang sudah di raih selama ini.

Namun Saya mungkin hanya akan menjelaskan secara garis besarnya saja, secara prinsip dan tidak menjelaskan secara mendetail hingga setting custom domain blogspot dan setting DNS serta CNAME di regristar domain, karena anda pasti sudah bisa melakukannya.

Jadi ini yang saya lakukan ketika melepas domain TLD dan kembali ke subdomain blogspot.com tanpa kehilangan banyak trafik dari mesin pencari.

#Langkah-langkah melepas custom domain blogspot agar tidak kehilangan trafik

Pertama-tama kita perlu membuat blog baru yang akan di custom domain menggunakan domain yang akan expired tersebut.

Lalu selanjutnya hapus custom domain di blog utama.

Cara melepas custom domain blogspot tanpa mempengaruhi trafik

Langkah ketiga lakukan custom domain di blog baru menggunakan domain TLD yang akan ekspired.

Cara melepas custom domain blogspot agar tidak mempengaruhi trafik

Agar proses propagansinya bisa cepat, nonaktifkan dulu Ketersediaan HTTPS di blog baru. Nanti setelah proses propagansinya selesai dan blog-baru bisa di akses dengan domain TLD, barulah HTTPS-nya diaktifkan.

Sampai sini kita menunggu hingga Ketersediaan HTTPS aktif. Menurut pengalaman, Ketersediaan HTTPS akan aktif dalam jangka waktu kurang dari 1 jam.

Setelah HTTPS aktif, saatnya kita lakukan redirect domain dari blog yang baru saja dibuat ke blog lama yang beralamat di subdomain blogspot, dalam kasus ini yaitu capuraca.blogspot.com.

Untuk melakukan redirect ini, anda cukup menambahkan script redirect berikut ini kedalam kode HTML tepatnya di bawah kode <head> pada blog baru.

<script type='text/javascript'>
var d='<data:blog.url/>';
d=d.replace(/.*//[^/]*/, '');
location.href = 'http://capuraca.blogspot.com' + window.location.pathname;
</script>

Ganti "capuraca" dengan alamat blog anda.

Cara melepas custom domain blogspot tanpa mempengaruhi trafik

Setelah script redirect dipasang, coba akses blog anda. Jika berhasil maka seharusnya saat anda membuka capuraca.com maka anda akan dialihkan ke halaman capuraca.blogspot.com.

Selanjutnya untuk memastikan langkah ini berhasil, coba lakukan pencarian artikel blog anda yang sudah terindeks di mesin pencari.

Misalnya, salah satu artikel blog ini yang terindeks cukup baik di mesin pencari adalah dengan kata kunci “BBM di PC”. Yaa meskipun posisinya dihalaman 3, tapi itu merupakan pencapaian yang luar biasa, mengingat queri pencariannya sampai jutaan. heheheehe.

Cara melepas custom domain blogspot agar tidak mempengaruhi trafik

Atau kalau belum tau artikel mana yang sudah terindeks, bisa lihat tulisan apakah artikel sudah terindeks atau belum? di blog ini.

Dari hasil pencarian tersebut terlihat bahwa halaman yang terindeks adalah halaman dengan alamat
capuraca.com/……/bbm-di-pc.html, namun ketika diakses maka halaman akan dialihkan ke 
capuraca.blogspot.com/……/bbm-di-pc.html

Diharapkan dengan cara ini, trafik blog tidak terlalu banyak terpengaruh akibat perubahan alamat yang tadinya dari custom domain ke subdomain blogspot.com.

Selanjutnya adalah berharap agar sebelum domainnya expired, status index di Google Search sudah berubah kealamat yang baru yaitu capuraca.blogspot.com. Dalam kasus kali ini, jangka waktu sebelum ekspire hanya tinggal 2 minggu saja.

Jadi, jika anda memutuskan untuk tidak melanjutkan menggunakan custom domain di blog blogspot dan ingin melepaskannya, sebaiknya lakukan jauh-jauh hari.

Agar proses peralihan alamat yang terindeks di pencarian google memiliki waktu yang cukup dan mengindeks ulang semua artikel di blog ke alamat yang baru yaitu subdomain blogspot.

Untuk membantu mempercepat perubahan alamat ini, bisa dibantu dengan update artikel rutin atau mungkin meminta pengindeksan untuk alamat subdomain blogspot (dot) com di webmaster tool bisa membantu.


Jika saat anda melakukan custom domain, kemudian anda melakukan penghapusan property pada google webmaster tool, maka anda harus menambahkan kembali subdomain blogspot (capuraca.blogspot.com) ke property webmaster tool.

Oleh karena itu, banyak yang menyarankan agar properti alamat blog yang masih subdomain blogspot agar tidak di hapus dari webmaster tool saat melakukan custom domain, cukup tambahkan saja domain baru.

Hal ini untuk mengantisipasi kejadian seperti ini, ketika di masa yang akan datang tidak bisa memperpanjang domain yang di sewa. Yaa kalau berurusan dengan uang yang berhubungan dengan rejeki, kita tidak bisa menentukan.

Oleh karena itu juga, setiap kali saya membuat internal link ke artikel lain dalam sebuah tulisan, saya tetap menggunakan alamat subdomain (capuraca.blogspot.com), jadi kalau kejadian seperti ini, saya tidak perlu lagi merubah internal link masing-masing artikel.

Cara melepas custom domain blogspot tanpa mempengaruhi trafik

Begitupun dengan watermark pada gambar, saya tetap menggunakan logo capuraca.blogspot.com untuk menandai setiap gambar di blog ini.

Karena menurut saya, Blog di blogspot ini, bisa dibilang adalah milik kita, selama kita tidak melanggar kebijakan dari Google terkait pedoman komunitas dan peraturan yang di tetapkan.

Jadi, bisa dibilang, kita yang memilikinya, gak peduli punya uang atau tidak, selama anda ngeblog normal-normal saja, gak aneh-aneh, tidak membahas hal-hal yang sensitif dan melanggar aturan, maka blog anda yang hosting di blogger akan aman-aman saja, semoga.

Dibandingkan domain TLD yang hanya jadi hak milik kita selama setahun saja dan harus bayar sewa tiap tahun. Yang bisa saja mungkin pas lagi bokek - pas jatuh tempo, seperti yang saya alami kali ini, tidak bisa bayar sewa domain.
ada uang abang di sayang. gak ada uang abang di tendang. hehehehe.
Jadi itulah kiranya sedikit informasi dan berbagi pengalaman tentang bagaimana cara melepas custom domain di blogspot agar tidak kehilangan trafik.

Setiap perubahan alamat blog/website, pasti akan berdampak pada jumlah trafik yang mungkin akan menurun. Namun diharapkan dengan cara yang di jelaskan diatas tadi, tidak terlalu membuat trafik turun drastis hingga dibawah 50% dari trafik sebelumnya.

Dan setelah menerapkan cara diatas, trafik blog ini tersisa hanya 20% saja dari trafik normal sebelum domain ekspired. Dan semakin hari tampaknya semakin menurun hingga akhirnya domain expired.

Rasanya deg-deg serr, seakan adrenalin meningkat ketika melihat pengaruh melepas custom domain dari blog terhadap perkembangan trafik blog, apakah bisa kembali normal dalam waktu dekat (dalam hitungan hari) atau harus merangkak lagi perlahan-lahan (hingga hitungan bulan/tahun). yaa.... setidaknya tidak berangkat dari nol.

Akhirnya, karena tradik blog semakin mengenaskan, maka di putuskan untuk menghidupkan kembali domain TLD custom untuk capuraca.blogspot.com yang sudah terlanjur ekspired. Untungnya masih bisa di selamatkan.

Baca Juga : Telat bayar domain di Rumahweb

Demikianlah, Semoga bermanfaat dan semoga penjelasannya tidak membingungkan.

Share Informasi "Cara melepas custom domain blogspot tanpa mempengaruhi trafik" ini ke temanmu :)

0 Response to "Cara melepas custom domain blogspot tanpa mempengaruhi trafik"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.