Keuntungan dan Kerugian menggunakan VPN di handphone

Virtual Private Network atau biasa dikenal dengan sebutan VPN sudah banyak digunakan baik oleh pengguna PC Desktop, Laptop maupun Handphone.

Sekarang ini, penggunaan VPN di handphone semakin mudah dan banyak pilihannya, anda tinggal browsing di playstore dengan kata kunci VPN maka akan muncul banyak sekali pilihan aplikasi VPN yang bisa digunakan.

Keuntungan dan Kerugian menggunakan VPN di handphone


Penggunaan VPN membawa keuntungan namun juga menyimpan kerugian tersendiri bagi penggunanya.

Keuntungan Menggunakan VPN di handphone Android

#1 Bebas mengakses halaman apapun diinternet.

Kita tahu bersama, di Negara +62 ini, ada beberapa situs yang di blokir oelh pemerintah sehingga tidak bisa diakses dengan menggunakan jaringan provider local.

Ini bisa diatasi dengan VPN, karena dengan menggunakan VPN maka alamat IP address kita akan terdeteksi berasal dari luar Negeri.


#2 Mengatasi Geoblocking

Ada situs tertentu yang melindungin situsnya agar tidak bisa diakses dari Negara tertentu yang ingin mengakses kontennya. Atau ketika anda berada di luar negeri dan ingin mengakses akun Bank anda, mungkin anda akan kesulitan karena di blokir oleh pihak Bank.


#3 Melindungi Privacy

Saat terhubung dengan jaringan wi-fi ditempat umum, kadang keamanannya kurang terjamin. VPN menjadi solusi untuk mengamankan handphone kita dari kemungkinan di bobol orang.


#4 Mudah digunakan

Umumnya penggunaannya sangat mudah, anda hanya perlu menginstal aplikasi tertentu dan mendaftar untuk mendapatkan layanan sever Negara mana yang diinginkan atau menggunakan aplikasi yang menawarkan VPN gratis.


Kerugian menggunakan VPN di handphone android

#1 Rawan malware

VPN bisa saja membantu mengamankan perangkat, tapi di Play Store banyak juga penyedia VPN gratisan yang mungkin saja telah di lengkapi malware untuk keperluan tertentu sesuai keinginan pembuatnya.

Hal ini bisa saja mnginfeksi perangkat anda lalu kemudian akan mengganggu kinerja handphone misalnya membuat handphone menginstal aplikasi tertentu yang akhirnya membuat ponsel mejadi lemot.


#2 Rawan Pencurian Data

Jika kita menggunakan VPN maka semua koneksi yang kita lakukan akan melalui server penyedia VPN tersebut maka secara tidak langsung, pihak server VPN bisa saja membaca semua aktifitas kita diinternet dan mungkin saja berminat mencuri data yang anda miliki di handphone.


#3 Menguras Kuota

Penggunaan VPN membutuhkan koneksi dasar yang artinya kita harus menyediakan kuota untuk dapat terhubung ke server VPN yang digunakan. Jika anda menggunakan server luar Negeri seperti Singapura, Jepang atau bahkan USA maka setiap anda ingin membuka halaman situs maka anda harus lewat server tersebut terlebih dahulu.


#4 Mahal

Untuk VPN berkualitas, harganya ckup mahal. Memang banyak VPN gratisan, tapi apakah yakin mau keamanan data anda terancam saat menggunakan VPN gratisan.


Itulah keuntungan dan kerugian menggunakan VPN di handphone. Untuk lebih leluasa berselancar di dunia maya tanpa batasan terkait kebijakan situs yang melanggar otoritas setempat (pemerintah), maupun situs tertentu maka yang memiliki policy larangan akses dari Ip Adress tertentu, maka kita bisa memanfaatkan VPN ini di handphone dengan memperhatikan kelebihan dan kekurangan menggunakan VPN di handphone android. Semoga bermanfaat.

Share Informasi "Keuntungan dan Kerugian menggunakan VPN di handphone" ini ke temanmu :)

0 Response to "Keuntungan dan Kerugian menggunakan VPN di handphone"