Pertimbangan sebelum mendaftarkan Warung ke Grabfood dan Gofood

Sebelum melakukan pendaftaran sebagai mitra, sebaiknya anda sudah mepertimbangkan beberapa factor yang akan mempengaruhi kinerja, omset dan layanan warung anda nantinya. Potensi penghasilan anda bisa semakin meningkat karena warung anda mendapat bantuan promosi dari pihak aplikator yang memiliki pelanggan yang cukup banyak.

Inilah beberapa hal yang perlu menjadi bahan pertimbangan sebelum mendaftarkan warung ke GrabFood atau GoFood.

1. Harga

Perlu di ketahui, pihak aplikator khususnya, akan menerapkan system bagi hasil kepada warung yang bergabung sebagai merchant. Oleh karena itu, anda harus memperhitungkan harga jual menu makanan anda.

Apakah anda akan menerapkan harga yang berbeda antara pembeli yang datang langsung dengan pembeli online melalui Ride Sharing seperti Grab dan Gojek. Biasanya perhitungan bagi hasil antara 10-20%, jadi, anda mungkin akan menyesuaikan harga menu makanan untuk pembeli online lewat aplikator agar biaya produksi bisa tertutupi.

Kalau misalnya harga normal per porsi adalah Rp. 20.000 maka untuk harga di aplikasi bisa menyesuaikan dengan perhitungan komisi yang di tetapkan aplikator. Atau mungkin anda punya strategi sendiri bagaimana mensiasati komisi yang harus di berikan kepada pihak aplikator ini tanpa harus menaikkan harga.

2. Proses Pembayaran

Jika warung anda semakin ramai antara pelanggan offline dan driver ojek online yang mendapat orderan mengantri pesanan makanan. Maka alangkah baiknya bila anda memanajemen system pembayaran, bisa mulai dengan memisahkan loket antara pelanggan yang makan di tempat dengan driver Grab yang membayar pesanan makanan.

Anda harus benar-benar bijak untuk urusan yang satu ini. Mencampur pelanggan offline dan Driver ojol dalam satu antrian akan membuat layanan di warung anda menjadi terhambat.

Driver ojek online (ojol) memiliki tuntutan untuk bisa menyelesaikan orderan secepat mungkin, karena pelanggan yang memesan makanan melalui aplikasi, mungkin akan memberikannya rating bintang 1 kalau kelamaan menunggu. Dan ini bisa mempengaruhi performa driver tersebut sehingga mengurangi kesempatanya mendapatkan insentif.

Oleh karena itu, anda perlu menambahkan kasir, dan ini harus masuk ke biaya operasional yang akan mempengaruhi harga jual makanan agar anda tidak rugi. Karena otomatis jika menambah meja kasir, bertambah juga karyawan dan anggaran yang harus dikeluarkan.

Melayani pembayaran dengan E-Money juga bisa mempercepat proses pembayaran untuk setiap pesanan oleh driver ojol di warung anda.

3. Menambah karyawan dapur

Mendaftarkan warung di Grabfood membuat potensi warung anda akan ramai pelanggan semakin besar. Pelayanan yang cepat akan menciptakan kesan yang baik pada warung anda. Salah satu upaya untuk tetap menjaga kecepatan penyediaan makanan adalah dengan menambah karyawan di dapur yang bertugas menyiapkan makanan.

Harap diingat, bergabung di Grabfood ataupun GoFood berarti potensi pelanggan yang anda miliki semakin luas, bisa mencapai seluruh provinsi dan kabupaten, mungkin bisa sampai keluar provinsi kalu lokasi anda pas di perbatasan. Seluruh warga kota bisa menjadi pelanggan anda, dan anda harus siap melayani mereka dengan cepat, khususnya pada jam istirahat makan siang yang memiliki waktu singkat sehingga harus cepat dilayani.

Pertimbangan untuk menambah karyawan dapur, berarti perlu mengeluarkan gaji buat mereka, ini harus masuk perhitungan dan direncanakan dengan matang.

4. Cari info dari rekan yang sudah bergabung

Cari info dengan rekan sesama pebisnis kuliner yang sudah bergabung sebagai merchant Grab. Gali informasi penting tentang hal-hal yang menjadi kendala selama mereka menjadi merchant aplikator. Apa yang menjadi kritikan mereka, ini bisa anda jadikan bahan antisipasi jika nanti anda jadi bergabung bekerja sama dengan aplikator.

Grabfood dan Gofood

Bergabung dengan aplikator bagaikan anda membuka cabang baru di seluruh kota dan bahkan kabupaten dan bisa diakses tanpa batas secara online.

Potensi penghasilan anda bisa lebih besar dan pekerjaan anda bisa semakin banyak dan mungkin akan merepotkan jika tidak di manajemen dengan baik.

Jadi anda perlu merencanakan bergabung dengan aplikator Ride Sharing seperti Grab atau Gojek, simulasikan terlebih dahulu bagaimana warung anda akan beroperasi ketika sudah bergabung dengan Grab. Jangan sampai membuat anda kewalahan dan tidak mampu memenuhi setiap pesanan yang masuk baik dari pelanggan offline maupun online.

Share Informasi "Pertimbangan sebelum mendaftarkan Warung ke Grabfood dan Gofood" ini ke temanmu :)