Cara menjadi Youtuber hanya dengan bermodalkan Handphone

Jaman sekarang semakin trend menjadi konten creator, sebutan bagi para Youtuber. Tak sedikit kisah sukses Youtuber yang diangkat menjadi topic berita sehingga diundang acara Talk Show di televisi dan akhirnya punya acara sendiri di stasiun TV.

Kisah-kisah sukses para Youtuber mengundang banyak minat banyak orang untuk mencoba peruntungan menjadi seorang konten creator.

Bayangan alat canggih seperti kamera, ruang studio, computer untuk editing dan beragam perkakas video production pun masuk anggaran untuk dipersiapkan melangkah menjadi seorang Yotuber.

Dan ternyata semua peralatan ideal tersebut bisa menghabiskan banyak biaya dan tidak mungkin bisa di wujudkan bagi seorang Youtuber pemula yang baru mulai ingin merintis karir sebagai konten creator seperti saya ini.

Tapi anda tidak perlu khawatir karena membuat video untuk di upload ke Youtube, tidak harus menggunakan peralatan mahal dan berat.

Anda bisa menjadi seorang Youtuber hanya dengan bermodalkan handphone android untuk menciptakan sebuah video yang akan di upload ke Youtube.

Sebelum mulai melangkah lebih jauh dan mulai membuat konten video, ada baiknya anda mempersiapkan 5 hal berikut ini untuk mulai menjadi Youtuber hanya dengan bermodalkan Handphone.

Cara menjadi Youtuber hanya dengan bermodalkan Handphone

1. Handphone

Hal terpenting yang harus anda siapkan adalah tentu saja handphone android dengan kamera yang memiliki resolusi yang cukup baik. Kira-kira seperti handphone Samsung J3 yang memiliki kamera beresolusi 8MP. Makin tinggi resolusinya tentu akan semakin baik.

Tapi ini kembali lagi pada jenis video yang ingin anda ciptakan nantinya. Apakah anda akan merekam suatu kegiatan dengan kamera atau akan membuat video yang berupa tutorial cara bermain game di handphone yang tentunya perlu menggunakan aplikasi screen recorder.

Yang terpenting, gunakan handphone kelas mid-end atau lebih tinggi agar aktifitas anda membuat konten video untuk youtube bermodalkan handphone bisa maksimal.


2. Merekam Video

Setelah handphone diyakini siap untuk digunakan menciptakan konten video untuk youtube. Selanjutnya anda perlu menambahkan aplikasi penunjang untuk aktifitas tersebut, yaitu aplikasi perekam video.

Aplikasi khusus video recorder yang memiliki fitur lengkap disbanding aplikasi standart bawaan ponselsangat diperlukan.

Contoh aplikasi video recorder yang bisa digunakan adalah Cinema FV-5. Aplikasi ini memilki fitur Auto focus untuk memudahkan anda mengambil gambar dengan lebih focus. Ada juga pengaturan ISO hingga 3200 dan Brighteness agar hasil rekaman lebih cerah.

Lain hal jika anda akan membuat video tentang aktifitas yang anda lakukan pada handphone seperti tutorial bermain game, walkthrough game, tips trik menyelesaikan sebuah game atau tutorial penggunaan aplikasi android, maka anda memerlukan aplikasi screen recorder seperti AZ Screen Recorder.


3. Editing Video

Proses selanjutnya setelah anda selesai membuat konten video maka anda perlu mengeditnya terlebih dahulu agar hasilnya lebih maksimal.

Sekarang handphone juga bisa digunakan untuk mengedit video dengan bantuan aplikasi editing video yang banyak pilihannya di playstore.

Apikasi seperti Kinemaster dan VivaVideo bisa di gunakan untuk mengedit video ciptaan anda.

Aplikasi tersebut bisa digunakan untuk menambahkan foto, music, teks kedalam video kreasi anda. Untik mendapatkan fitur yang lebih lengkap, anda bisa menggunakan versi premiumnya.


4. Publishing

Setelah video selesai dibuat dan diedit, selanjutnya anda bisa mempublishnya ke channel Youtube yang anda miliki. Untuk mempublish video kreasi anda, bisa langsung melalui aplikasi Kinemaster atau VivaVideo karena kedua aplikasi tersebut sudah bisa terhubung langsung ke Youtube.


5. Edit Foto

Video Youtube perlu di tambahkan “pemanis” berupa gambar Thumbnail agar tampilan video anda lebih menarik ketika dilihat dalam deretan daftar video dalam halaman Youtube.

Untuk membuat gambar thumbnail yang menarik, anda bisa menggunakan aplikasi Picsay Pro. Aplikasi ini memiliki fitur yang mirip dengan photoshop, jadi hasil foto editan anda, bisa berkualitas layaknya hasil editan photoshop.


6. Membuat Informasi Video

Agar video anda semakin menarik dan mudah ditemukan, maka anda harus membuat informasi video semenarik mungkin. Buat judul video yang bisa membuat penasaran tapi tidak bersifat clickbait yang menipu.

Selanjutnya buat deskripsi singkat yang menceritakan isi video anda, disini anda perlu menyisipkan kata kunci yang berhubungan dengan video anda agar bisa ditemukan lewat mesin pencari.

Kemudian isikan tag atau label yang menginformasikan terkait tema yang terkandung pada video anda.


7. Mengelola channel

Selanjutnya tinggal mengelola channel youtube anda. Untuk mengelola channel, anda bisa menggunakan aplikasi Youtube Creator. Dengan aplikasi ini, anda bisa menganalisa jumlah penonton, durasi waktu menonton, jumlah subscriber, dll.


Untuk menjadi seorang Youtuber tidak harus menggunakan perangkat canggih dan mewah. Hanya dengan menggunakan handphone android, anda sudah menjadi konten creator untuk youtube. Kalau beruntung, anda bisa memonetise video youtube anda sehingga bisa menghasilkan dollar seperti orang-orang yang sudah sukses lainnya.

Itulah informasi tentang cara menjadi youtuber hanya dengan bermodalkan handphone android. Semoga bermanfaat.

Share Informasi "Cara menjadi Youtuber hanya dengan bermodalkan Handphone" ini ke temanmu :)