Informasi non-teknis yang menjadi daya tarik mobil bekas

Informasi non-teknis yang biasa dijadikan daya tarik tersendiri dan menjadi bahan pertimbangan bagi calon pembeli untuk menentukan mobil bekas yang akan dipilihnya.

Membeli mobil bekas, bukanlah pekerjaan sehari-selesai melainkan hasil dari akumulasi segala aktifitas seleksi ketat selama beberapa hari, minggu atau bahkan bulan dengan merangkum semua informasi dari berbagai sumber referensi.

Lain hal kalau mau beli mobil baru, kita tinggal datang ke dieler, pilih warna, langsung bayar (cash/credit). Mobil pun bisa langsung nongkrong di garasi rumah dalam waktu singkat.

Berburu mobil bekas, banyak pertimbangan dan referensi yang harus di ketahui tentang mobil yang ingin di beli. Bagimana kondisi mesin, kondisi bodi, surat-surat dan hal teknis lainnya.

Namun pada kenyataannya, memilih mobil bekas, tidak hanya berpatokan pada informasi teknis kendaraan tersebut melainkan juga informasi non-teknis yang kadangkala tidak ada hubungannya sama sekali dengan spesifikasi mobil, dijadikan informasi penting oleh penjual untuk "mempengaruhi" calon pembeli manjatuhkan pilihan.

Informasi non-teknis yang biasanya dijadikan keunggulan dari mobil bekas yang ditawarkan dan dijadikan pertimbangan oleh calon pembeli adalah:

1. Mobil Bekas Dokter

Informasi ini sering kita jumpai ketika melihat deskripsi sebuah monil bekas yang ditawarkan pada kolom iklan di koran atau tawaran penjualan mobil bekas di marketplace online.

Mengapa mobil bekas Dokter menjadi salah satu informasi yang diunggulkan dalam sebuah tawaran mobil bekas?

Penjelasannya sederhana, karena umumnya penghasilan seorang Dokter cukup tinggi dan termasuk dalam golongan orang berpendidikan tinggi sehingga diasumsikan bahwa mereka mampu merawat mobilnya secara rutin karena cukup baik dalam hal financial dan memiliki pengetahuan tentang mobil dari berbagai referensi yang di dapatnya.

Asumsi kedua adalah, karakteristik seorang dokter yang cenderung bersih, rapi dan teliti, tentu akan mempengaruhi semua perlengkapan yang dimilikinya termasuk mobil.

Asumsi ketiga adalah, prestige yang didapat ketika membeli mobil bekas dokter yang cukup terkenal di wilayah tersebut.

Oleh karena itulah mengapa mobil bekas dokter dianggap memiliki nilai yang bisa dijadikan unggulan dari mobil bekas yang ditawarkan.

Meskipun pada kenyataannya, tidak selamanya mobil bekas dokter kondisinya lebih baik daripada mobil yang digunakan oleh profesi lainnya.

Bisa saja karena kesibukan dokter yang padat sehingga tidak sempat melakukan servis rutin dan bahkan untuk mencuci mobil sekalipun.

Tapi tidak ada salahnya dijadikan pertimbangan namun janga dijadikan acuan untuk menentukan pilihan.


2. Mobil Bekas Cewek

Ini salah satu informasi non-teknis dalam deskripsi mobil bekas yang paling sering di temui. Informasi mobil bekas cewek, dijadikan daya tarik untuk menarik minat calon pembeli.

Kenapa mobil bekas cewek dianggap memiliki value tersendiri dan cukup menarik untuk di pertimbangkan?

Hal ini karena cewek biasanya lebih kalem ketika berkendara, disamping itu juga, para cewek kurang tertarik untuk memodifikasi mobilnya hingga cukup ekstrem. Kalaupun di modifikasi, palingan sebatas menambah aksesories di dashboard atau tambah stiker di kaca mobil belakang. Jarang yang sampai ngutak-atik mesin, ganti knalpot, rubah setir racing, dan lain-lain. Jadi, mobil bekas cewek relatif lebih orisinil dan lebih terawat dan mesinnya lebih sehat.

Tapi informasi ini pun tidak harus dijadikan patokan. Bisa jadi, karena yang pakai cewek maka kemungkinan kurang memahami bagaimana kinerja mesin sehingga tidak mengerti apa saja yang perlu dirawat. Mungkin kampas remnya habis, fan belt aus, oli gardan gak pernah ganti, air radiator pun demikian dan hal kecil lainnya yang mungkin para cewek umumnya kurang mengetahuinya.

mobil bekas cewek


3. Mobil Bekas Taksi

Informasi ini memang tidak ada hubungannya dengan teknikal mobil yang akan di beli tapi jadi informasi penting ketika kita mendapati sebuah mobil yang dijual dengan harga murah dalam sebuah kolom iklan.

Mobil eks Taksi biasanya identik dengan mobil "capek", banyak "PR" (reparasi) yang harus dilakukan, dll. Tapi mobil bekas taksi biasanya di banderol dengan harga yang murah. Inilah yang menjadi daya tarik dari informasi mobil eks taksi dalam deskripsi iklan sebuah mobil bekas.

Dan pada kenyataannya, mobil taksi, biasanya menjalani perawatan rutin sehingga untuk urusan mesin dan kelistrikan relatif lebih terawat. Dan biasanya pihak penjual akan membantu proses balik nama sehingga status mobil di STNK langsung jadi milik pembeli berplat hitam (bukan kuning), sehingga anda tidak perlu repot lagi mengurus surat-surat kendaraan.

Yang perlu menjadi perhatian untuk mobil eks Taksi adalah pada bagian kaki-kaki, suspensi dan juga di bagian interior khususnya jok serta komponen fast moving seperti kampas kopling dan kampas rem.

Disamping itu spek mobil untuk taksi biasanya berbeda dengan spek mobil untuk pasaran umum. Misalnya untuk produksi umum sudah menggunakan power window maka mobil yang di produksi untuk taksi, tidak dilengkapi power window untuk menekan biaya produksi.

Mobil eks taksi yang akan dijual biasanya telah mengalami proses restorasi seperti melepas perangkat argo dan merubah warna mobil, misalnya Blue Bird dengan warna khasnya akan di cat ulang menjadi warna hitam atau sesuai pesanan konsumen.


4. STNK Tembus

Informasi ini juga tidak ada hubungannya dengan sistem technical kendaraan tapi sangat penting untuk di ketahui untuk memastikan status mobil yang akan di beli apakah benar-benar mobil legal atau malah ilegal.


Itulah informasi non-teknis yang menjadi daya tarik dari sebuah mobil bekas terlepas dari kondisi teknis dan legalitasnya (STNK & BPKB) yang juga sangat penting untuk dipertimbangkan dalam memilih sebuah mobil bekas yang akan dijadikan alat transportasi sehari-hari.

Share Informasi "Informasi non-teknis yang menjadi daya tarik mobil bekas" ini ke temanmu :)