Tips memilih Wireless Earphone

Wireless earphone hadir dalam berbagai jenis ukuran dan desain. Wireless earphone juga menawarkan beragam fitur, kualitas suara, spesifikasi dan harga yang berbeda-beda untuk setiap produk dari produsen bereda. Setiap produk pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, tidak ada yang benar-benar sempurna. Oleh karena itu anda harus benar-benar jeli dan teliti saat akan membeli dan memilih earphone tanpa kabel yang sesui kebutuhan dan keinginan anda.

Hal-hal berikut ini bisa menjadi panduan bagi anda untuk memilih wireless earphone yang tepat dan terbaik buat anda.

wireless earphone

Tips memilih Wireless Earphone

1. Sound Quality

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan dalam memilih earphone tanpa kabel adalah kualitas suara yang dihasilkannya. Pilih eraphone yang menghasilkan suara yang pas untuk telinga anda.

Mungkin anda lebih suka suara bass yang dominan atau suara yang seimbang antara treble dan bass atau anda mungkin termasuk orang yang tidak terlalu detil memperhatikan secara seksama suara yang dihasilkan oleh earphone anda. Pokoknya yang penting bunyi enak, gak cempreng, sudah cukup. Kalau begitu, anda bisa langsung memperhatikan point nomor dua sebelum menentukan pilihan earphone tanpa kabel yang tepat.


2. Batterai

Setelah kualitas suara, selanjutnya anda harus mempertimbangkan kualitas suara. Ini sangat penting untuk menjadi pertimbangan karena akan mempengaruhi seberapa lama anda dapat menggunakan earphone tersebut sebelum baterai nya habis.

Jika anda berencana menggunakan earphone untuk aktifitas luar ruangan seperti olahraga atau kerja lapangan, maka anda membutuhkan earphone wireless yang bisa bertahan setidaknya selam 7 jam dalam sekali cas. Pilihlah earphone yang memiliki daya tahan baterai sesuai kebutuhan. Jangan sampai, anda baru jogging 10 meter, ehh baterai earphone sudah soak. Semangat jogging pun luntur karena tidak ditemani alunan music penggembira.

Namun earphone tanpa kabel dengan baterai yang dapat bertahan lama akan berpengaruh dengan harganya yang semakin mahal. Jika anda tidak masalah dengan harga, maka anda bisa mempertimbangkan point ke tiga.


3. Benar-benar wireless atau tidak

Selanjutnya anda perlu mempertimbangkan akan menggunakan earphone yang benar-benar wireless atau tidak. Mungkin anda bertanya-tanya, kok bisa ada wireless earphone yang pakai kabel? Namanya wireless yaa tanpa kabel.

Maksudnya disini adalah earphone yang tidak saling terhubung kabel antara kanan dan kiri. Karena ada earphone wirelessyang masih menggunakan kabel untuk menghubungkan earbud sebelah kanan dan sebelah kiri sebaliknya ada juga yang benar-benar wireless. Kedua jenis earphone tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Earphone wireless yang benar-benar tanpa kabel, biasanya mudah hilang sebelah karena bentuknya yang kecil dan mudah terselip dan juga daya tahan baterainya biasanya tidak sebaik earphone wireless yang menggunakan kabel.

Sedangkan untuk earphone wireless yang saling terhubung antara earbud kanan dan kiri memiliki kekurangan terkait fleksibilitas karena tidak jauh berbeda dengan earphone konvensional yang berkabel.

Wireless earphone menjadi pilihan bagi mereka yang tidak mau terganggu dengan kabel berseliiweran saat menghubungkan earbud ke handphone.


4. Desain

Untuk urusan desain earphone, tidak bisa di seragamkan. Masing-masing memiliki selera yang disukainya,apakah bentuk bulat, lonjong, atau yang bentuknya unik. Yang perlu anda perhatikan adalah pada bantalan karet atau busa yang membuat telinga anda nyaman menggunakannya, tidak mudah terlepas atau jatuh serta material bahan yang digunakan tampak cukup kokoh.


Saat ini, harga wireless earphone sudah terjangkau dan bersaing dengan wired earphone. Hanya saja, wired earphone sudah pasti bisa digunakan untuk semua perangkat handphone dari jaman jadul hingga sekarang sedangkan wireless earphone harus menyesuaikan dengan handphone apakah sudah teknologinya sudah mendukung.

Namun umumnya handphone terbaru jaman sekarang, sudah mendukung koneksi wireless earphone. tapi sebaiknya anda memastikannya terlebih dahulu. Itulah tips memilih wireless earphone yang baik sesuai dengan kebutuhan anda, semoga bermanfaat.

Share Informasi "Tips memilih Wireless Earphone" ini ke temanmu :)