Perbedaan Headphone Earphone Headset Handsfree

Aksesoris pelantang suara seperti headset, headphone, ataupun earphone pasti sudah tidak asing lagi bagi pengguna gadget masa kini. Aksesoris ini sudah lama ada semenjak era walkman dan Skype mangalami masa jayanya.

Sekarang pilihan headphone, headset, earphone ataupun handsfree semakin banyak ragamnya dan dengan harga yang relatif terjangkau.

Namun meskipun aksesoris ini sudah tidak asing bagi pengguna gadget, tapi ada saja yang masih keliru menyebutkan nama aksesoris ini. Ada yang mengatakan headset sebagai headphone, atau handsfree sebagai earphone.

Headphone Earphone Headset Handsfree

Untuk itu, tidak ada salahnya jika kita mencari tahu apa sebenarnya perbedaan dari Headphone, Headset, Earphone dan Handsfree.

HEADPHONE

Salah satu aksesoris pelantang suara yang bisa membuat anda menikmati musik secara personal tanpa mengganggu orang di sekitar. Aksesoris ini sudah lama ada dan umumnya memiliki kualitas suara yang sangat prima karena memang didesain dan dirancang khusus untuk dapat mengeluarkan audio dari musik yang di putar pada player, baik itu handphona, mp3 player ataupun laptop.

Headphone hanya berfungsi sebagai aksesoris untuk mengeluarkan suara dan tidak bisa digunakan sebagai alat komunikasi karena tidak dilengkapi dengan Microfon.


HEADSET

Headset adalah perkembangan dari headphone dimana headset telah di tambahkan microfon sehingga tidak hanya dapat digunakan untuk mendengarkan musik melainkan juga untuk berkomunikasi. Headset umumnya digunakan oleh pengguna komputer desktop ataupun laptop agar bisa berkomunikasi melalui jaringan internet seperti Skype, juga biasa digunakan oleh petugas Call center sebuah perusahaan atau digunakan pada gamer.

Headset biasanya dilengkapi 2 buah jack, satu buah jack untuk dihubungkan ke port microfon dan satu buah jack lagi dihubungkan ke port output / speaker di CPU atau laptop.


EARPHONE

Secara fungsi, earphone tidak jauh berbeda dengan Headphone, sama-sama digunakan untuk mendengarkan audio. Namun earphone bentuknya lebih kecil daripada headphone dan lebih sering digunakan untuk perangkat mobile seperti handphone atau mp3 player.


HANDSFREE

Handsfree adalah perkembangan dari earphone dimana pada handsfree ditambahkan fungsi lain untuk memaksimalkan penggunaannya di perangkat mobile seperti handphone. Handsfree dilengkapi microfon dan tombol fungsi standart untuk dapat menerima atau mengakhiri panggilan telepon tanpa harus memegang handphone. Handsfree type tertentu ada yang memiliki tombol fungsi untuk mengatur volume audio yang di keluarkan.

Handsfree biasanya menjadi perlengkapan wajib sebuah handphone baru yang sudah disertakan dalam paket penjualan ponsel. Dengan berkembangnya teknologi saat ini, handsfree dapat terhubung ke ponsel melalui koneksi bluetooth (tanpa kabel) sehingga pengguna tidak lagi terbatasi oleh adanya kabel penghubung antara perangkat handsfree dan ponsel.


Itulah Perbedaan Headphone Earphone Headset Handsfree, semoga anda tidak lagi bingung membedakan keempat perangkat ini. Meskipun kalau salah sebutpun tak mengapa, karena banyak juga yang suka keliru menyebut headset sebagai headphone atau earphone sebagai handsfree, yang penting saling mengerti ajah, hehe. Semoga bermanfaat.

Share Informasi "Perbedaan Headphone Earphone Headset Handsfree" ini ke temanmu :)