Kenapa Motor terasa lebih nyaman setelah dicuci

Setelah dicuci motor jadi lebih nyaman.

Pernah gak merasakan sensasi yang berbeda setelah motor kita dicuci.

Beberapa rider mengaku merasakan perbedaan setelah motor tunggangannya dicuci.

Tarikan terasa lebih enteng, shockbreaker bekerja lebih lembut, kendali kemudi lebih nyaman dan ekspresi lainnya seperti naik motor baru keluar dealer.

Padahal baru keluar dari pencucian motor hehehe..

Banyak pendapat dan asumsi yang muncul kenapa motor setelah dicuci menjadi lebih nyaman dikendarai. Diantaranya disebabkan karena;

1. Runtuhnya debu dan kotoran

Bisa jadi, ketika dalam keadaan kotor, terdapat debu dan kotoran yang menghambat gerak mekanis komponen motor, mengganggu gerak naik turun shockbreaker, mengganggu daya cengkram kampas rem ke cakram, memgganggu putaran roda dan gangguan lainnya.

Ketika motor di cuci dan disemprot, maka debu dan kotoran tadi pun runtuh sehingga gerak mekanis komponem motor menjadi lancar yang akhirnya menciptakan kenyamanan bagi pengemudi.


2. Membaiknya sistem kerja mesin

Sistem kerja mesim khususnya bagian pendingin (sirip pendingin/radiator) yang selama ini tertutupi debu menjadi bisa 'bernapas lega' setelah dicuci.

Hal ini kemudian mengembalikan performa mesin ke kondisi terbaiknya.


3. Sugesti

Alasan selanjutnya kenapa motor menjadi nyaman setelah dicuci adalah karena faktor sugesti. Ketika melihat motor mengkilat terlihat seperti baru maka 'feel'nya pun seperti naik motor baru. Rasanya nyaman dan percaya diri naik motor kinclong bersih berkilau.

Otak secara tidak sadar tersugesti sehingga mempengaruhi respon anggota tubuh saat berkendara.


Itulah kira-kira alasan kenapa motor jadi terasa nyaman setelah dicuci. Alasan-alasan diatas hanyalah perkiraan semata saja, jadi mungkim anda punya pandangan tersendiri kenapa motor jadi terasa nyaman setelah dicuci. Atau anda malah merasa biasa-biasa saja, alias tidak ada bedanya antara motor setelah dicuci dan sebelum dicuci.

Salah satu perawatan terhadap motor adalah mencucinya secara berkala atau setidaknya bila terlihat kotor. Namun perlu di perhatikan kondisi yang baik untuk mencuci motor. Salah satunya adalah, Jangan mencuci motor saat panas.

Demikian informasi tentang kenapa motor jadi nyaman setelah dicuci?. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter