Ini alasan kenapa knalpot motor berada di sebelah kanan

Knalpot adalah saluran pembuangan akhir dari sisa gas pembakaran di ruang bakar.

Bentuk dan desain knalpot dapat mempengaruhi performa mesin sehingga perlu di perhitungkan dengan matang terkait bentuk, ukuran serta bahan yang digunakan.

Umumnya posisi knalpot motor berada di sebelah kanan motor. Baik motor ber-CC kecil maupun motor besar dengan mesin berkubikasi besar pula. Bahkan motor balap seperti Moto GP pun, moncong knalpotnya berada dikanan

Meskipun ada beberapa motot multi silinder yang meletakan knalpot dikanan-kiri atau dibawah jok belakang menemani lampu rem namun jumlahnya tidak banyak.

Kadang suka bertanya-tanya kenapa knalpot motor di taruh dikanan. Sama juga seperti rasa penasaran ketika melihat rem depan motor berbeda posisinya. Posisi knalpot di sebelah kanan ini bukanlah tanpa alasan.

kenapa knalpot motor berada di sebelah kanan

Berikut ini beberapa alasan kenapa moncong kenalpot motor berada disebelah kanan motor.

1. Kenalpot motor berada di sebelah kanan karena alasan pengendalian Polusi. Alasan ini tampaknya cukup logis bagi Negara yang menggunakan lajur kiri. Dengan posisi knalpot di kanan maka gas sisa pembuangan tidak mengenai pejalan kaki disisi kiri.


2. Kenalpot motor berada di sebelah kanan karena alasan untuk mengimbangi posisi rem. Jadi ketika pengemudi melakukan pengereman dengan kaki kanan, maka kaki kiri bisa langaung turun menahan motor tanpa khawatir terkena leher knalpot yang panas.


3. Knalpot motor berada di sebelah kanan karena alasan keamanan untuk menghindari pengendara maupun penumpang terkena knalpot saat naik/turun. Karena umumnya pengendara dan penumpang naik-turun motor dari sebelah kiri. Tapi di sebelah kananpun masih banyak pengguna dan penumpang yang menderita luka bakar karena kena knalpot. Oleh karenanya, sekarang knalpot tidak lagi menggunakan bahan stainless steel.


4. Kemungkinan knalpot motor berada di sebelah kanan karena alasan untuk menghindari terkena percikan bensin yang mungkin bisa tersulut jika menetes ke knalpot yang panas. Kita ketahui bahwa umumnya saluran bensin dari tangki ke karburator di motor sport berada di sebelah kiri. Keran ini mungkin saja bocor dan menetes ke knalpot yang panas dan bisa terbakar.


5. Knalpot berada disebelah kanan karena tidak memungkinkan menaruhnya dikiri. Mengingat posisi sistem penggerak motor baik matic atau manual umumnya berada di sebelah kiri dan standart samping pun berada di sebelah kiri sehingga jika kenalpot juga dipasang dikiri maka motor menjadi tampak tidak seimbang. Tampak penuh di bagian kiri sehingga motor tampak kurang proporsional dan memang sudah tidak memungkinkan menjejalkan knalpot di bagian kiri motor.


Itulah kira-kira beberapa alasan mengapa kenalpot motor umumnya diletakkan disebelah kanan. Selain ciri khas posisinya, knalpot juga memiliki lubang kecil dibagian bawahnya yang sangat berguna meskipun kadang agak mengherankan kenapa harus dilubangi bawahnya.? Semoga bermanfaat

Related Posts

Subscribe Our Newsletter