Motor tanpa kick starter, merepotkan gak yaa??

Tren motor baru tanpa kick starter mulai banyak bermunculan. Mekanisme starter konvensional ini mungkin dianggap sudah tidak relevan lagi diterapkan pada sepeda motor modern.

Motor tanpa kick starter, apakah memberi nilai tambah bagi pengguna atau malah merepotkan??

Dalam dunia sepeda motor, terdapat dua metode yang di gunakan untuk menghidupkan mesin motor. Metode pertama adalah dengan sistem manual dan yang kedua dengan elektric startet.

Umumnya, motor dilengkapi dengan dua sistem starter ini. Namun ada tren baru yang muncul di dunia roda dua, dimana umumnya motor sudah tidak lagi dilengkapi starter kaki.

Hal ini mungkin saja didasari karena penggunaan starter kaki relatif jarang pada motor masa kini dan juga keberadaan starter kaki sedikit mengganggu tampilan atau mungkin juga ada pertimbangan ekonomis dari produsen karena dengan "dihapusnya" komponen starter kaki di motor maka biaya produksi bisa di tekan.

Apapun alasannya, ketiadaan starter kaki akan mempengaruhi pengguna dalam hal perawatan motor dan pemakaian sehari-hari.

Motor baru tanpa starter kaki, harus benar benar diperhatikan kondisi akinya. Tak heran jika motor baru tanpa starter-kaki dilengkapi indikator yang menginformasikan kapasitas aki. Sehingga pengguna lebih aware jikalau indikator aki menunjukan status low.

Pengguna pun harus tahu berapa angka minimum voltase aki yang disarankan pabrikan. Sehingga jika angka minimun tercapai bisa segera melakukan tindakan antisipasi untuk memulihkan kondisi aki sebelum terlambat.

Biasanya penyebab aki tekor karena motor terlalu sering melakukan trip pendek.

Misalnya hanya pemakaian 100 meter sekitaran kompleks. Otomatis, aki belum sempat terisi, ehh perjalanan telah usai. Trus pas pulang pakai starter-tangan lagi dan aki belum sempat terisi, kita sudah sampai rumah.

Kalau kondisi pemakaian seperti ini terus menerus dalam jangka waktu lama, sebaiknya sering-sering memantau informasi tegangan aki di dashboard Speedometer biar gak kecolongan.

Jadi saat aki berada di voltase minimum, sebaiknya gunakan motor jalan-jalan agak jauh untuk ngecas aki. Atau rajin panaskan mesin motor sebelum digunakan agar aki dapat sempat terisi setelah digunakan menggerakan starter.

Kemungkinan aki tekor dan tidak dapat memutar dinamo starter telah di antisipasi dengan teknologi dinamo starter tanpa dinamo. #hlah..?!!

MOTOR TANPA STARTER KAKI

Teknologi electric starter yang di pelopori Honda ini tidak lagi menggunakan sebongkah dinamo starret untuk memutar roda gila mesin. Melainkan menggunakan rekayasa medan magnet yang dengan sedemikian rupa dapat memutar poros engkol dan sekaligus menjadi sumber listrik saat mesin berputar. Jadi, beban aki untuk menstarter mesin tidak sebesar dan seberat ketika menggunakan dinamo starter konvensional apalagi kalau sudah di kombinasikan dnegan teknologi Decompresi. Dan beban mesin pun semakin ringan karena tidak perlu membawa dinamo starter yang lumayan berat.

Teknologi ini membuat aki lebih awet, masalah kerusakan dinamo starter yang sering terjadi pada dinamo starter konvensional pun tidak ditemukan karena teknologi *ACG Starter seperti milik Honda atau *SMG di Yamaha adalah brushless. Artinya tidak ada gesekan seperti antara anker dan karbon-brush di dinamo starter konvensional.
*Alternating current generator
*Smart Motor Generator

Pada jaman duluuu... sebenarnya Suzuki sudah pernah mengeluarkan motor tanpa kick starter yaitu Suzuki Thunder. Tapi Thunder berwujud motor sport. Yang artinya, bilapun aki soak, motor masih berpeluang bisa dihidupkan dengan mode dorong.

Tapi sekarang kebanyakan motor tanpa kick starter adalah motor matic yang notabene tidak bisa dihidupkan dengan mode dorong kalau akinya soak.

Karena saat akinya soak, bukan hanya dinamo starter yang ngadat tapi juga pompa bensin. Artinya mesin tidak dapat suplai bensin untuk hidup.

Kalau aki soak yaa wasalam. Dua jalan yang bisa ditempuh yaitu dengan ganti aki atau pakai sistem jumper kayak mobil. Makanya penting sekali untuk menjaga kondisi aki pada motor jaman sekarang, khususnya yang sudah injeksi. Baik yang pakai starter kaki maupun yang tanpa starter kaki.

Jadi sebenarnya motor tanpa starter kaki, tidak merepotkan selama aki dalam kondisi fit. Lagipula jaman sekarang starter kaki jarang digunakan. Iya hanya berguna saat motor tiba-tiba sulit di hidupkan, karena habis dicuci atau karena kebanjiran misalnya. Sehingga perlu menggunakan starter kaki untuk mencegah aki soak bila dipaksa starter tangan terus menerus.

Tapi kalau akan melakukan perjalanan jauh ada baiknya sedia kabel jumper untuk jaga-jaga kalau tiba-tiba aki soak. Jadi bisa numpang jumper ke aki motor tetangga.

Jadi, apakah motor tanpa starter kaki bisa merepotkan??

Jawabannya, tergantung perawatan. Selama motor dirawat dan rajin servis rutin maka motor tanpa starter kaki pun akan nyaman digunakan.

Lagipula starter kaki pun jarang digunakan.

Ingat, kapan terakhir kali anda menggunakan kick starter??

Saya ingat terakhir kali pakai starter kaki, waktu motor Mio ku mogok karena hilang kompresi.

Tak jarang ada pemilik motor yang melepas tuas starter kaki di motornya karena dianggap kurang terpakai dan mengganggu penampilan.

Karena memang starter kaki ini pada motor matik kebanyakan, sangat jarang sekali digunakan.

Sekalinya mau dipakai, malah seret tak jarang ada yang starter kakinya macet karena tidak pernah digunakan dalam waktu lama. Ada juga yang standart-tengahnya pun ikutan macet.

Prosedur menghidupkan motor matic dengan starter kaki adalah 'wajib' memposisikan motor dengan standart tengah.

Kalau motor tidak pernah distarter kaki maka standart tengah mungkin akan sangat jarang digunakan. Biasanya pengguna matic dari kaum 'hawa' yang terkendala untuk menggunkan standart tengah karena berat.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter